Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Tingkat Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Merangin



Untung Prayogo(1*), Rasimin Rasimin(2), Muhammad Alridho Lubis(3),

(1) Jambi University
(2) Jambi University
(3) Jambi University
(*) Corresponding Author

Abstract


Pola asuh orangtua merupakan pendidikan karakter pertama yang diterima oleh seorang anak, perkembangan karakter ini juga meliputi kesadaran dan kedisplinan anak akan kehidupannya. Pola asuh pada umumnya dibagi menjadi tiga yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permissif. Kedisplinan belajar anak dalam lingkungan belajar juga tidak lepas dari pengaruh pola asuh yang diterapkan oleh orangtua. Pelaksanaan penelitian akan berfokus untuk mengetahui pengaruh dari pola asuh orangtua pada kedisiplinan belajar anak.. Penelitian dilaksanakan dengan metode expost facto, dengan jumlah responden sebanyak 103 responden kelas sepuluh (X) di SMK Negeri 4 Merangin. Hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa dari 103 responden, 22% diantaranya merasakan kecendrungan pola asuh otoriter, 49% kecendrungan pola asuh demokrtais, dan 29% kecendrungan pola asuh permissif. Pada temuan penelitian pola asuh yang memiliki pengaruh dalam kedisplinan belajar adalah pola asuh demokratis dan permissif, dimana masing-masing pengaruh yang ditunjukkan adalah 14,2% dan 27,6%.

Keywords


Pola Asuh, Kedisiplinan Belajar, Demokratis, Permissif

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/3534/3063

Alisya, silvia nur, Oktavianti, I., & Setiawan, D. (2022). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus. Pola Asuh Orang Tua Untuk Membentuk Kedisiplinan Belajar Kelas V Di Desa Karangrowo, 2(8), 2591–2594.

Asni, Syukri, S., & Wahyuni, I. (2020). Outcome Program Bina Keluarga Balita (Bkb). Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 20–37.

Elfil, M., & Negida, A. (2019). Sampling methods in clinical research; an educational review. Archives of Academic Emergency Medicine, 7(1), 3–5.

Fadhilah, H., Syahniar, S., & Asnah, M. B. (2019). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 96.https://doi.org/10.29210/02394jpgi0005

Fauziah, N. D. N., & Umam, N. K. (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisplinan Siswa Dalam Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), 71. https://doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8678

Guna, M. S. R., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Mahasiswa Pria Etnis Sumba Di Salatiga. Psikologi Konseling, 14(1), 340–352. https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13731

Hapsari, E. T., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menerapkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 870–873. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.145

Hurlock, E. B. (2009). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (P. (Erlangga) (ed.); lima). Erlangga.

Kurniawan, S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat (pertama). Ar-Ruzz Media.

Lubis, M. A., Ariyati, I., Harahap, N. H., Adha, K., Nopitri, H. Z., & Finanjani, S. (2023). Hubungan pola asuh otoriter terhadap struktur kepribadian manusia dalam perspektif Sigmund Freud. 7(2), 89–94. https://doi.org/10.26539/teraputik.722081

Mu’min, A., Sindring, A., & Fadhilah Umar, N. (2022). Analisis Rendahnya Kedisiplinan Belajar Siswa dan Penanganannya (Study Kasus Siswa Kelas X Sman 5 Enrekang). Pinisi Journal of Education, 1, 1–11. http://eprints.unm.ac.id/26255/1/J 855_1.pdf

Rahayu, S. P. . & M. T. (2021). Rahayu dan Muhajang 2021. 04, 174–177. Sayuri, T. D., Reba, Y. A., & Saputra, A. A. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau dari Pola Asuh dan Kepedulian Orang Tua. Psychocentrum Review, 3(2), 250–258. https://doi.org/10.26539/pcr.32663

Siswoyo, D. (2013). Pendidikan untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa (1st ed.). UNY PRESS.

Sugiyono. (2008). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN : Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D (cetakan 6). Alfabeta.

Sutja, A., Herlambang, S., & Nelyahardi. (2017). Penulisan Skripsi: Prodi Bimbingan Konseling (Emosda (ed.); cetakan 1). Wahana Resolusi.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. PT. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812753

Article Metrics

Abstract Views : 33 | PDF Views : 21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Untung Prayogo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.