Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Tingkat Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Merangin
Untung Prayogo(1*), Rasimin Rasimin(2), Muhammad Alridho Lubis(3),
(1) Jambi University
(2) Jambi University
(3) Jambi University
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/3534/3063
Alisya, silvia nur, Oktavianti, I., & Setiawan, D. (2022). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus. Pola Asuh Orang Tua Untuk Membentuk Kedisiplinan Belajar Kelas V Di Desa Karangrowo, 2(8), 2591–2594.
Asni, Syukri, S., & Wahyuni, I. (2020). Outcome Program Bina Keluarga Balita (Bkb). Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 20–37.
Elfil, M., & Negida, A. (2019). Sampling methods in clinical research; an educational review. Archives of Academic Emergency Medicine, 7(1), 3–5.
Fadhilah, H., Syahniar, S., & Asnah, M. B. (2019). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 96.https://doi.org/10.29210/02394jpgi0005
Fauziah, N. D. N., & Umam, N. K. (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisplinan Siswa Dalam Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), 71. https://doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8678
Guna, M. S. R., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Mahasiswa Pria Etnis Sumba Di Salatiga. Psikologi Konseling, 14(1), 340–352. https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13731
Hapsari, E. T., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menerapkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 870–873. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.145
Hurlock, E. B. (2009). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (P. (Erlangga) (ed.); lima). Erlangga.
Kurniawan, S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat (pertama). Ar-Ruzz Media.
Lubis, M. A., Ariyati, I., Harahap, N. H., Adha, K., Nopitri, H. Z., & Finanjani, S. (2023). Hubungan pola asuh otoriter terhadap struktur kepribadian manusia dalam perspektif Sigmund Freud. 7(2), 89–94. https://doi.org/10.26539/teraputik.722081
Mu’min, A., Sindring, A., & Fadhilah Umar, N. (2022). Analisis Rendahnya Kedisiplinan Belajar Siswa dan Penanganannya (Study Kasus Siswa Kelas X Sman 5 Enrekang). Pinisi Journal of Education, 1, 1–11. http://eprints.unm.ac.id/26255/1/J 855_1.pdf
Rahayu, S. P. . & M. T. (2021). Rahayu dan Muhajang 2021. 04, 174–177. Sayuri, T. D., Reba, Y. A., & Saputra, A. A. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau dari Pola Asuh dan Kepedulian Orang Tua. Psychocentrum Review, 3(2), 250–258. https://doi.org/10.26539/pcr.32663
Siswoyo, D. (2013). Pendidikan untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa (1st ed.). UNY PRESS.
Sugiyono. (2008). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN : Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D (cetakan 6). Alfabeta.
Sutja, A., Herlambang, S., & Nelyahardi. (2017). Penulisan Skripsi: Prodi Bimbingan Konseling (Emosda (ed.); cetakan 1). Wahana Resolusi.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. PT. Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812753
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Untung Prayogo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |