Tingkat kepercayaan diri siswa kelas X di SMA Negeri 5 Semarang



Icha Azzahra(1*), Suhendri Suhendri(2), Leni Iffah(3),

(1) Universitas PGRI Semarang
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Percaya diri adalah tindakan atau perasaan percaya diri terhadap kemampuan dirii sendiri. Penelitian ini bertujuan untu mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Semarang dengan populasi kelas X yang berjumlah 155 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling yang berjumlah 62 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil pada penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 5 Semarang memiliki tingkat kepercayaan diri Kategori sedang dengan jumlah presentase 74% atau 46 siswa.


Keywords


Kepercayaan diri, siswa

Full Text:

PDF

References


Periodicals Albiro Mochammad C, Kurniawan F, Rahman I (2021). Analisis Tingkat Percaya Diri Siswa Peserta Lomba Futsal di SMKN 1 Karawang Barat. Jurnal Pendidikan. 8 (2). 91-92.

Giyanti, G. (2018) Pengaruh Gaya Belajar Kolaboratif Prestasi Siswa Jurusan (STAD) Kelulusan SMA GAUSS: Journal of Mathematics Education, 1(1), 37 https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.635

Krisfianti, Y.D., Nora Y.S & Kalang S.G (2020). Validasi dan Reliabilitas Skala Pengetahuan Diri Psikologis untuk Meningkatkan Tingkat Pengetahuan Diri Siswa SMK PINUS: Jurnal Penelitian Inovatif Pembelajaran, 6(1), 57- 65 https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14551

Lasmaida Y & Zakir H (2020). Pengaruh tingkat percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X ips pada mata pelajaran ekonomi Di sma ylpi pekanbaru. PEKA, 8(1).9-11 https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(1).6687

Mutoharoh Silmi, Hendriana H & Supriatna E (2023). Gambaran Kepercayaan Diri Siswa SMK Aloer Waragakusumah Jurnal Fokus, 6 (2), 72-73.

Novitar C. Aripin U (2017). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Prisma 6 (2), 120- 121.

Prasetiawan Hardi, Nanda Wahyu E.S (2018). Profil Tingkat Percaya Diri Siswa SMK Muhmammadiyah Kota Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling 8 (1), 20-21. Sudarmono,Apuanor, Utami E (2018). Tingkat kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum. Jurnal Paedagogie. 6 (2). 71-78.

Ulfah , M. M & Winanta W (2021). Pengaruh Verbal Abuse Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Intruksional, 2 (2). 48-52. https://doi.org/10.24853/intruksional.2.2. Books Al-Uqshaari, Y (2005). Percaya Diri, Pasti. Jakarta: Gema Insani Press

Ghufron Nur M., dan S Risnawati R (2012). Teori-Teori Psikologi, Ar-ruzz Media, Jogjakarta. Hakim, T (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Purwa Swara Malahyati (2010). Super Teen: Jadi Remaja Luar Biasa Dengan satu Kebiasaan Efektif. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher.

Perry, M (2005). Confidence Boosters: Pendongkrak Kepercayaan Diri. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812747

Article Metrics

Abstract Views : 45 | PDF Views : 29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Icha Azzahra, Suhendri Suhendri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.