Pengembangan Monobiling Karier Dalam Meningkatkan Pemahaman Ragam Profesi Untuk Peserta Didik SMP N 7 Muaro Jambi



Ayu Kusniah Sahputri(1*), Akmal Sutja(2), Muhammad Zulfikar(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan monobiling karier, mengevaluasi kelayakan produk, dan melihat peningkatan pemahaman siswa tentang ragam profesi dengan media monobiling karier. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan subjek yaitu peserta didik kelas IX  didapatkan sampel sebanyak 14 orang. Penelitian ini dalam pengumpulan datanya dengan menggunakan lembar validitas, lembar tes, dan dokumentasi, pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik unit sampling yaitu pemimpin kelas (ketua dan wakil ketua). Dengan bantuan SPSS V.23, untuk melihat hasil peningkatan pemahaman menggunakan uji T-Test. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan validasi ahli materi memperoleh persentase kelayakan 93% (sangat layak), ahli media 94% (sangat layak), praktisi 92% (sangat layak) dan hasil dari responden 91% (sangat layak). Serta hasil perhitungan T-test diperoleh Thitung yaitu sebesar 13,519 yang berarti terdapat peningkatan pemahaman ragam profesi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan/treatment.

Keywords


Pengembangan Monobiling Karier; Pemahaman Ragam Profesi

Full Text:

PDF

References


Alfan, Robbani. (2020). Jobs Of Tomorrow Rekomendasi 46 pekerjaan baru yang diproyeksi bersinar hingga 2028 berdasarkan riset World Economy Forum & O*Net. Banten: Edukasi Karir.

Al Muntaz, A. (2022). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling Permainan Monopoli sebagai Media Layanan Informasi Karier di SMP Negeri 1 Panca Rijang. Universitas Negeri Makassar.

Ardiansyah, L., & Pravesti, C. A. (2021). Pengembangan Media Permainan Monobiling Dalam Efikasi Diri Akademik Siswa Di Sma Negeri 15 Surabaya. Jurnal Nusantara of Research, 8(1), 14–24.

Batubara, Hamdan Husein. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. Semarang: CV Graha Edu.

Chusna, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Classdojo dalam Pembelajaran MTs Riyadlatul Fallah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Freitas, S. De. (2013). Towards a New Learning : Play and Game-Based. 3(December), 1–6. https://doi.org/10.4018/ijgbl.2013100101

Ingarianti, T. M. & Purwaningrum, R. (2018). Teori dan Praktik Konseling Karier Integratif. Bandung: PT Refika

Aditama. Hidayat, D. R. dkk. (2019). KARIER Teori dan Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. CV Jejak.

Iffah, H. M. (2013). Layanan Informasi Karier Melalui Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas XI Ipa-2 SMAN 1 Menganti. Jurnal BK UNESA, 048, 183–191.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Undang Undang (UU) NOMOR 028/H/KU/2021 tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, dan SMALB pada Program Ssekolah Penggerak. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Jakarta.

Sharf, Richard s. (2009). Appliying Career Development Theory to Counseling. USA: Brooks/Cole Cengange Leraning.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (ke 22). Penerbit Alfabeta.

Suhendriyanto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Universitas Islam Negeri Maylana Malik Ibrahim Malang.

Susanti, susi. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Ips di SMA Negeri 1 Rambatan. IAIN Batusangkar.

Sutja, dkk. (2017). Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Penerbit Wahana Solusi.

Thalib, A. S. (2020). Pengembangan Media Bimbingan Konseling Permainan Monopoli Truth and Dare untuk Meningkatkan Self Confidence pada Peserta Didik di SMP Negeri 8 Makassar. Jurnal Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812740

Article Metrics

Abstract Views : 43 | PDF Views : 36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayu Kusniah Sahputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.