Mencegah dan Mengentaskan Masalah Siswa Korban Perceraian Melalui Pendidikan Karakter Dengan Layanan Bimbingan dan Konseling
Resti Susanti(1*),
(1) Universitas Indraprastha
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter dengan bimbingan dan konseling guna mencegah dan mengentaskan masalah siswa korban perceraian. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Subjek penelitian Guru BK, Kesiswaan, Wali Kelas, Guru Mata Pelajaran, dan Siswa yang diidentifikasi mengalami masalah dan menunjukan perilaku negatif, sebagai dampak perceraian orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Metode analisis data mengikuti konsep analisis data Miles dan Huberman dan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian: pendidikan karakter melalui layanan bimbingan dan konseling membantu siswa mengembangkan sikap, perilaku dan nilai moral yang positif, serta dapat membantu siswa ketika mereka menghadapi masalah sebagai dampak dari perceraian orang tua, sehingga beban yang dipikul siswa akan lebih ringan. Guru bimbingan dan konseling berperan: (1) sebagai informatory, yaitu menginformasikan berbagai hal tentang bimbingan dan konseling, tujuan , fungsi, dan kebutuhan- kebutuhan lainnya; (2) sebagai fasilitator, yaitu memberikan kemudahan kepada siswa dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serasi, selaras, dan seimbang seluruh aspek dalam diri siswa; dan (3) sebagai kolaborator, konselor sebagai mitra seprofesi yakni sama-sama sebagai tenaga pendidik di sekolah (menjalin kerjasama dengan semua pihak, baik itu dengan guru lainnya maupun dengan dengan orang tua siswa).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jurnal Aswida, W. & Syukur, Y. (2012). Efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa. Konselor, 1(2).
Aziz, Muklhis. (2019).Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home Dalam Berbagai Perspektif. Jurnal Al-Ijtimaiyyah: Media Kajian Pengembangan Masyarakat. Vo. 1. No. 1.
Bahri, Saiful. (2015). “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah.” Jurnal Ta’allum 3: 62.
Eku, A. (2019). Kontekstualisasi Karakter Anak Melalui Pendidikan dan Pembelajaran.
Alwardah, 12(1), 20. https://doi.org/10.46339/Alwardah.v12i1.131
Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431.
Febriany, R., & Yusri. (2013). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 8-16.
Hartini, N. (2011). Metodologi Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam. Ta’lim, 39–40.
Haryanie, Sri Widha, Retty Filiani, Wirda Hanim. (2013). Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Emosi Anak. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Hifni, M. (2016). Hak Asuh Anak Pasca Perceraian Suami Istri dalam Perspektif Hukum Islam. Bil Dalil, 1(02), 49–80.
Ifdil, I. (2010). Pendidikan Karakter dalam Bimbingan dan Konseling. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 55-61.
Kartadinata. (2017). Dari Bimbingan dan Konseling Perkembangan ke Komprehensif. UPI: Tidak diterbitkan
Ramlah.(2019). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik
Sandra, Rober dan Ifdil. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal EDUCATION. Volume 1 Nomor 1. Hlm 80-85. ISSN Cetak : 2476-9886 ISSN Online: 2477-0302
Sofah, R. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 7–16. Karya Ilmiah
Kuswanto. (2001). Penelitian Tentang Kepercayaan Diri Antara Siswa yang Diberi Dan Tidak Diberi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Bidang Binbingan Pribadi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Books
Amti, Eman dan Prayitno. (1999).Dasar-Dasar Bimbingn dan Konseling.Jakarta: Rineka Cipta
Amti, Erman dan Prayitno. (2004), Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok, padang: jurusan bimbingan dan konseling fakultas ilmu pendidikan universitas negri padang.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta. Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hikmawati, Fenti. (2014). Bimbingan dan Konseling Edisi Revisi, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Lubis.(2021). Konseling dan Terapi Islami.Medan:PT Perdana Publising POP BK SMA. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Simanjuntak P.N.H. (2007). Pokok-Pokok Hukum Perdata Indonesia. Jakarta: Pustaka Djambatan. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA. Websites and online resources
Anonim. (1990). Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1990. Tentang Pendidikan Menengah. bkkbn.go.id/berita-kepala-bkkbn-penyebab-banyaknya-perceraian-karena-toxic-people .Diakses (Online) pada tanggal 1 Februari 2024
databoks.katadata. (2023, Februari 20). databoks.katadata. Retrieved from databoks.katadat.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/28/kasus-perceraian-meningkat-53 mayoritas-karena-pertengkaran
Republik Indonesia. (1974). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Pasa 38. Diakses pada 20 Januari Desember 2024. Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Diakses pada 20 Januari 2024
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812737
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Resti Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |