Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Keaktifan Belajar Pada Mahasiswa
Riska Riska(1*), Akmal Sutja(2), Muhammad Alridho Lubis(3),
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnitasari, N & Gaudiawan, A, V, E. 2019. Keaktifan Mahasiswa STKIP Widya Yuwana dalam Mengikuti Perkuliahan. Ejournal widyayauwana.. 1(2), 17-25.
Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta. RajaGrafindo Persada.
Irsyad., dkk. 2020. Analisis Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Statistika Multivariat. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12 (1), 89-96.
Muhammad, Huda & Atmasari. 2022. Kesejahteraan Sekolah dan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Kebahagian Psikologi dan Sains Islam. 3(1), 18-35.
Novitria, F & Khoirunnisa. 2022. Perbedaan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal penelitian psikologi. 9 (1), 11-20.
Nurcahyani, S. Saputri, B & Lubis. 2023. Meningkatkan kerja sama anak dalam kelompok melalui kegiatan rumah bimbingan dan konseling (RUBIKONS). 7 (1), 32-42.
Sardiman, AM. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
Sofah, R. 2019. Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Experience Learning Pada Mata Kuliah BK Sekolah Menengah Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UNSRI. Jurnal konseling komprehensif. 6 (2), 27-31.
Suarti. dkk. 2020. Layanan Informasi dalam Rangka Meminimalisir Kecemasan Akademik Siswa. Jurnal pengabdian undikma. 1 (2), 111-117.
Sudipa., dkk. 2022. Peniliaian Aspek Keaktifan Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode ORESTE. Jurnal Remik (Riset Dan E-Jurnal Menajemen Informatika Komputer). 6 (3), 436-447.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit ALFABETA
Susanto, A. 2018. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Konsep, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit prenadamedia group.
Sutja, A. dkk. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan dan Konseling (Emosda ,ed.). Yogyakarta: Penerbit wahana resolusi.
Wahyuningsih, E, S. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812722
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Riska bk Unja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |