Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Keaktifan Belajar Pada Mahasiswa



Riska Riska(1*), Akmal Sutja(2), Muhammad Alridho Lubis(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini melatarbelakangi oleh permasalahan yang terkait dengan keaktifan belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar mahasiswa dapat terganggu karena adanya rasa kecemasan dalam diri akibat tekanan sistem akademik yang ada. Tujuan dari dilaksanakannnya penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa tinggi kecemasan akademik dan keaktifan belajar pada mahasiswa serta mendeskripsikan adanya pengaruh kecemasan akademik terhadap keaktifan belajar pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. Adapun jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode expost-facto, serta menggunakan analisis data regresi sederhana. Pada penarikan sampel yaitu teknik simple random sampling dan alat pengumpullan data berupa angket. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kecemasan akademik sebesar 61% dalam kategori tinggi sedangkan keaktifan belajar sebesar 59% dalam kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa kecemasan akademik memilki pengaruh terhadap  keaktifan belajar sebesar 5,8% yang artinya pengaruh rendah tapi pasti.

Keywords


pengaruh,kecemasan akademik, keaktifan belajar

Full Text:

PDF

References


Arnitasari, N & Gaudiawan, A, V, E. 2019. Keaktifan Mahasiswa STKIP Widya Yuwana dalam Mengikuti Perkuliahan. Ejournal widyayauwana.. 1(2), 17-25.

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta. RajaGrafindo Persada.

Irsyad., dkk. 2020. Analisis Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Statistika Multivariat. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12 (1), 89-96.

Muhammad, Huda & Atmasari. 2022. Kesejahteraan Sekolah dan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Kebahagian Psikologi dan Sains Islam. 3(1), 18-35.

Novitria, F & Khoirunnisa. 2022. Perbedaan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal penelitian psikologi. 9 (1), 11-20.

Nurcahyani, S. Saputri, B & Lubis. 2023. Meningkatkan kerja sama anak dalam kelompok melalui kegiatan rumah bimbingan dan konseling (RUBIKONS). 7 (1), 32-42.

Sardiman, AM. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Sofah, R. 2019. Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Experience Learning Pada Mata Kuliah BK Sekolah Menengah Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UNSRI. Jurnal konseling komprehensif. 6 (2), 27-31.

Suarti. dkk. 2020. Layanan Informasi dalam Rangka Meminimalisir Kecemasan Akademik Siswa. Jurnal pengabdian undikma. 1 (2), 111-117.

Sudipa., dkk. 2022. Peniliaian Aspek Keaktifan Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode ORESTE. Jurnal Remik (Riset Dan E-Jurnal Menajemen Informatika Komputer). 6 (3), 436-447.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit ALFABETA

Susanto, A. 2018. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Konsep, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit prenadamedia group.

Sutja, A. dkk. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan dan Konseling (Emosda ,ed.). Yogyakarta: Penerbit wahana resolusi.

Wahyuningsih, E, S. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812722

Article Metrics

Abstract Views : 33 | PDF Views : 35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riska bk Unja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.