Gambaran Kecenderungan-Kecenderungan Penyimpangan Perilaku Seksual Homoseksual (GAY)



Muhamad Disra Saputra(1*), Djoni Aminudin(2), Wiwin Andriani(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kecenderungan penyimpangan perilaku seksual pada remaja bisa disebabkan dari faktor internal dan eksternal. Fenomena penyimpangan seksua ditandai dengan adanya siswa yang bergaya dan berjalan tidak sesuai dengan fitrahnya. Lelaki berbicara kemayu, dan berjalan layaknya perempuan. Hal ini lebih lanjut  kecenderung kepada perilaku pacaran yang berlebihan seperti berciuman, serta mengarah pada perilaku hubungan seks bebas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan studi awal kecenderungan-kecenderungan penyimpangan perilaku seksual pada siswa laki-laki. penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif  dengan sampel 116 siswa dengan fokus kepada siswa laki-laki yang berjumlah 56 siswa. Selanjutnya  metode pengambilan sampel mengunakan Stratified random sampling. Hasil penelitian hasil penelitian secara keseluruhan kecenderungan penyimpangan perilaku homoseksual pada siswa laki-laki memiliki kategori sangat rendah dengan persentase 91,1%. Artinya ada sekitar 8,9% yang berada dikategori yang lain.

Keywords


Penyimpangan Perilaku Seksual, Homoseksual, Remaja.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, R. A. (2013). Perilaku seksual remaja pada mahasiswa fakultas ilmu pendidikan surabaya. Jurnal BK UNESA, 3, 1.

Azhari, R, Kencana, &, & P. (2008). Membongkar rahasia jaringan cinta terlarang kaum homoseksual. Hujjah Press.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Pustaka Pelajar.

Gunawan, & A., M. (2015). Statistik penelitian bidang pendidikan psikologi dan social dilengkapi dengan contoh secara manual dan SPSS. Parama Publising.

Lumongga, N. (2013). Psikologi kespro : wania dan perkembangan reproduksinya ditinjau dari aspek fisik dan psikologis. Prenada Media Grup.

Mulyadi, Aminudin, D., & Burhanudin. (2020). Praktik konseling perorangan terhadap teman sebaya. 03(01), 93–100.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Rineka Cipta.

Ofori, E. (2014). Perception of students on the practices homosexuality among students in the cape coast metropolis. International Journal of Research In Social Science, 12(1).

Prasetya, I. (1996). Logika dan prosedur penelitian. STIA-LAN Press.

Sadri, J. (2009). Tinjauan tentang perilaku menyimpang remaja di kelurahan sari rejo kecamatan medan polonia. Universitas Sumatera Utara.

Saputra, M. D. (2021). Kontribusi Stres Akademik dan Prokrastinasi Akademik terhadap Perilaku Game Addiction. 02(01), 11–21. http://repository.unp.ac.id/39046/

Subana, M. (2001). Dasar – dasar penelitian ilmiah. Pustaka Setia.

Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil belajar mengajar. PT. Remaja Rosyda Karya.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2005). Metodologi penelitian : dasar-dasar penyelidikan ilmiah. UNP Press.

Yusuf, A. M. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.732705

Article Metrics

Abstract Views : 189 | PDF Views : 134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Djoni Aminudin

License URL: /licenses/by/4.0

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.