Perilaku Agresif Pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya



Candra Prasiska Rahmat(1*), Fauzi Nur Ilahi(2), Gundah Nur Cahyo(3), Hendry Sugara(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(4) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perilaku agresivitas adalah perilaku yang bertujuan untuk merusak dan merugikan orang lain secara fisik maupun psikis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran perilaku agresif pada remaja sekolah menengah atas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 18 Pandeglang dan sampel penelitian sebanyak 118 siswa. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perilaku agresif yang dikembangkan berdasarkan rujukan dari teori Buss & Perry (1992) yaitu Buss Perry Aggression Questionnaire (BAPQ). Selanjutnya, data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa perilaku agresif siswa di SMA Negeri 18 Pandeglang secara umum berada pada kategori sedang. Perilaku agresif paling dominan berdasarkan aspek adalah aspek kemarahan, selanjutnya diikuti oleh aspek agresi fisik dan verbal yang berada pada kategori sedang, dan kategori perilaku agresif terendah yaitu pada aspek permusuhan.

Full Text:

PDF

References


Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The aggression questionnaire. Journal of personality and social psychology, 63(3), 452. Chotim, M., Affifah, D. R., & Dewi, N. K. (2016). Mengurangi Tingkat Agresivitas Anak Usia TK melalui Terapi Bermain (Play Therapy). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2). Crocker, P. R., Sabiston, C. M., Kowalski, K. C., McDonough, M. H., & Kowalski, N. (2006). Longitudinal assessment of the relationship between physical self-concept and healthrelated behavior and emotion in adolescent girls. Journal of Applied Sport Psychology, 18(3), 185-200. Coleman, J. C. (2022). Relationships in adolescence. Taylor & Francis. Ferdiansa, G., & Neviyarni, S. (2020). Analisis perilaku agresif siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 8-12. Gallagher, J.M, & Ashford, J. B. (2016). Buss–Perry Aggression Questionnaire Testing Alternative Measurement Models With Assaultive Misdemeanor Offenders. International Association for Correctional And Forensic Psychology. Vol. Xx, No. X, Month 2016, 1– 14. Doi:10.1177/0093854816643986 Gunawan, I. M., Hartati, A., & Mulachela, F. S. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Siswa di SMKN 4 Mataram. Jurnal Paedagogy, 7(4), 385-392. Hapsah, S., & Muslim, A. (2021). Perilaku Agresi Verbal Dan Perilaku Agresi Relasional Pada Remaja Perempuan. J. Konseling Komprehensif Kaji. Teor. dan Prakt. Bimbing. dan Konseling, 8(1), 60-70. Hardoni, Y., Neherta, M., & Sarfika, R. (2019). Karakteristik Perilaku Agresif Remaja Pada Sekolah Menengah the Aggressive Behavior Characteristic of Adolescent At Vocational High School. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 257–266. Hurlock, E. B. (2010). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Alih Bahasa Istiwidayanti) (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga. Hsiao, Y., Cheng, C. L., & Chiu, Y. W. (2019). Gender network dynamics in prosocial and aggressive behavior of early adolescents. Social Networks, 58, 12-23. Hazen, E., Schlozman, S., & Beresin, E. (2008). Adolescent psychological development: a review. Pediatrics in review, 29(5), 161-168. Karneli, Y., Firman, F., & Netrawati, N. (2018). Upaya Guru BK/Konselor untuk menurunkan perilaku agresif siswa dengan menggunakan konseling kreatif dalam bingkai modifikasi kognitif perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 113-118. Lerner, R. M. (2021). Children and adolescents as producers of their own development. In Individuals as Producers of Their Own Development (pp. 75-102). Routledge. Muharram, H. Z., & Prathama, A. G. (2022). Identifikasi Faktor Risiko Kenakalan Remaja di Wilayah Kampung Kota Jakarta. Philanthropy: Journal of Psychology, 6(1), 92-110. Mutiara, T. N., & Netrawati, N. (2023). Perbedaan Perilaku Agresif Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMA N 16 Padang. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 1978-1986. Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 189-229. Nurpratami, A., Fakhri, N., & Hamid, A. N. (2022). Fanatisme dan Kontrol Diri dengan Agresi Verbal Penggemar Kpop di Media Sosial. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(2), 178-195. Pratama, R., Syahniar, S., & Karneli, Y. (2016). Perilaku agresif siswa dari keluarga broken home. Konselor, 5(4). Rangga, & Bayu, K. (2023). Pandeglang teratas kasus kekerasan seksual anak-perempuan di Banten. ANTARA, di Akses 18 Februari 2024. https://www.antaranews.com/berita/3727104/pandeglang-teratas-kasus-kekerasanseksual-anak-perempuan-di-banten Restu, Y., Yusri, Y., & Ardi, Z. (2013). Studi tentang perilaku agresif siswa di sekolah. Konselor, 2(1). Sarfika, R., Afriyeni, N., Hermalinda, H., & Fernandes, F. F. F. (2020). Pemberian RationalEmotive Behavior Therapy dan Assertive Training Sebagai Upaya Mengurangi Perilaku Agresif pada Remaja di Pauh Padang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3(1), 54-63.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.732700

Article Metrics

Abstract Views : 3328 | PDF Views : 2327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Candra Prasiska Rahmat

License URL: /licenses/by/4.0

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.