Pengaruh Media Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19



Mohammad Bahtiar Arofah(1*), Mohammad Nursalim(2), Endang Pudjiastuti Sartinah(3),

(1) Surabaya State University
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era sekarang ini teknologi dalam kehidupan masyarakat berkembang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan berkembangnya teknologi informasi yang digunakan di masyarakat. Adapun yang terjadi di dunia pendidikan salah satunya pada perkembangan media pembelajaran online, media ini yang digunakan pada masa pandemi covid-19 saat ini, dan kebijakan ini digunakan dalam menghambat penyebaran virus ini di kalangan siswa.  Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang terjadi dalam penggunaan media pembelajaran online oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dan membantu kesulitan siswa dalam melaksanakan pembelajarannya khususnya pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Sumenep. Adapun metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengembangan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menggunakan analisis uji-T. sedangkan dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode observasi, angket motivasi, pretes dan postes. Hasil yang penulis harapkan yaitu dengan mengunakan media pembelajaran online ini bisa membantu dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Nurmaulidina, Sundus & Bhakti, Yoga Budi. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Volume 6. Jakarta.

Suni Astini, Ni Komang. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. doi.10.37329/cetta.v3i2.452.

Rahma, Nanda Safarati. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemic Covid-19. Aceh : Jurnal Genta Mulia. Volume XII. ISSN: 2301-6671

Retnowati. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah. https://repository.metrouniv.ac.id

Romadon, R., & Maryam, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Medi Pembelajaran Lampu Otomatis Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Listrik. ILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.797




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.732687

Article Metrics

Abstract Views : 130 | PDF Views : 69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mohammad Bahtiar Arofah

License URL: /licenses/by/4.0

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.