Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa



Ratu Nurhasanah(1*), Irman Irman(2),

(1) UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR
(2) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan agar dapat melihat peran guru BK dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa dan mengidentifikasi faktor penyebab tidak percaya diri siswa dikelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darunna’im Rangkasbitung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan pada guru BK dan wali kelas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darunnaim Rangkasbitung. Dalam mengumpulkan informasi yang dibutuhkan peneliti, peneliti memakai beberapa metode untuk mengumpulkan informasi diantaranya menggunakan observasi, dokumentasi serta wawancara. Sehingga, Tingkat kepercayaan diri siswa di Pondok Pesantren Modern Darunna’im cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa ketika peneliti berada di lapangan dan hanya ada beberapa siswa saja yang cenderung kurang aktif ketika bergaul dengan temanya dan lebih banyak memilih diam ketika berada di kelas. Sebagian besar siswa kelas IX Mts Pondok Pesantren Modern Darunna’im kebanyakan siswa yang jujur ketika ditanyai oleh gurunya atau ketika konseling berlangsung

Keywords


Peran Guru, Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Amelia, V. R., Masril, M., & Irman, I. (2018). Pengaruh permainan dalam konseling kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(2), 459–466.

Andiwijaya, D., & Liauw, F. (2019). Pusat pengembangan kepercayaan diri. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1695–1704.

Asiyah, Walid, A., & Gamal Tamrin Kusumah, R. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPA the effect of self confidence towards students’ motivation for achievements in science lesson. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226.

Denich, A. U., & Ifdil, I. (2015). Konsep body image remaja putri. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 55–61.

Fakhiroh, A., & Hidayatullah, S. (2018). Pengaruh percaya diri terhadap keterampilan berbicara. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 34–46.

Fandi, E. (2016). Teori wawancara psikodiagnostik. Yogyakarta: Leutikaprio.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.

Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Toma tahun pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123–133.

Hairunisa, R., & Setiyowati, A. J. (2019). Efektivitas pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. 1822–1830.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan body image dengan kepercayaan diri remaja putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113.

Indrawati. (2018). Metode penelitian kualitatif (p. 2). PT. Refika Aditama.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454.

Komariah, A. (2000). Djam’an Satori, 2011. Metodologi penelitian kualitatif.

Larasati, U. (2016). Peran guru sebagai pelaksana layanan bimbingan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1).

Lathifa, A., Syukur, Y., Asnah, M. B., & Nurfarhanah, N. (2023). Effectiveness of rational emotive behavior therapy group counseling to improve students’ self-confidence. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 10(1), 23–32.

Marsudi, S., Suwarno, S., Wulandari, M. D., & Hastuti, W. (2015). Penakerja: implementasi Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah di SD Muhhammadiyah PK Surakarta dan MIM PK Kartasura. Warta LPM, 18(2), 126–134.

Rahmat, E., Mei, M. F., & Meke, K. P. (2020). Jurnal pendidikan matematika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3(2), 69.

Sinaga, M. H. P., Abbas, S. A., Sefira, V., & Widiya, W. (2023). Implementasi layanan konseling individu terhadap peningkatan kepercayaan diri pada siswa. Journal on Teacher Education, 4(3), 636–645.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d (p. 142). CV. ALFABETA.

Suwandayani, B. I. (2018). Analisis perencanaan pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman 1 Malang. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan.

Nilacakra. Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000

Tatuh, M. C. (2012). Hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada siswa di SMA Negeri 1 Salatiga. Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.

Utomo, D. P., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan keterampilan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59.

Wulandari, M. D., Widyasari, C., & Nursalam, N. (2020). Peningkatan kualitas guru dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya. Abdi Psikonomi, 1, 01–08. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i1.77

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812456

Article Metrics

Abstract Views : 46 | PDF Views : 40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ratu. nurhasanah8

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.