Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa
Ratu Nurhasanah(1*), Irman Irman(2),
(1) UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR
(2) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, V. R., Masril, M., & Irman, I. (2018). Pengaruh permainan dalam konseling kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(2), 459–466.
Andiwijaya, D., & Liauw, F. (2019). Pusat pengembangan kepercayaan diri. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1695–1704.
Asiyah, Walid, A., & Gamal Tamrin Kusumah, R. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPA the effect of self confidence towards students’ motivation for achievements in science lesson. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226.
Denich, A. U., & Ifdil, I. (2015). Konsep body image remaja putri. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 55–61.
Fakhiroh, A., & Hidayatullah, S. (2018). Pengaruh percaya diri terhadap keterampilan berbicara. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 34–46.
Fandi, E. (2016). Teori wawancara psikodiagnostik. Yogyakarta: Leutikaprio.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.
Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Toma tahun pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123–133.
Hairunisa, R., & Setiyowati, A. J. (2019). Efektivitas pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. 1822–1830.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52.
Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan body image dengan kepercayaan diri remaja putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113.
Indrawati. (2018). Metode penelitian kualitatif (p. 2). PT. Refika Aditama.
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454.
Komariah, A. (2000). Djam’an Satori, 2011. Metodologi penelitian kualitatif.
Larasati, U. (2016). Peran guru sebagai pelaksana layanan bimbingan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1).
Lathifa, A., Syukur, Y., Asnah, M. B., & Nurfarhanah, N. (2023). Effectiveness of rational emotive behavior therapy group counseling to improve students’ self-confidence. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 10(1), 23–32.
Marsudi, S., Suwarno, S., Wulandari, M. D., & Hastuti, W. (2015). Penakerja: implementasi Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah di SD Muhhammadiyah PK Surakarta dan MIM PK Kartasura. Warta LPM, 18(2), 126–134.
Rahmat, E., Mei, M. F., & Meke, K. P. (2020). Jurnal pendidikan matematika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 3(2), 69.
Sinaga, M. H. P., Abbas, S. A., Sefira, V., & Widiya, W. (2023). Implementasi layanan konseling individu terhadap peningkatan kepercayaan diri pada siswa. Journal on Teacher Education, 4(3), 636–645.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d (p. 142). CV. ALFABETA.
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis perencanaan pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman 1 Malang. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan.
Nilacakra. Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000
Tatuh, M. C. (2012). Hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada siswa di SMA Negeri 1 Salatiga. Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.
Utomo, D. P., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan keterampilan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59.
Wulandari, M. D., Widyasari, C., & Nursalam, N. (2020). Peningkatan kualitas guru dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya. Abdi Psikonomi, 1, 01–08. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i1.77
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812456
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 ratu. nurhasanah8

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |