Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Religiusitas Peserta Didik Sekolah Menengah Atas



Zulfa Saleh(1*), Herd Herd(2),

(1) UNIVERSITAR NEGERI JAKARTA
(2) UNIVERSITAR NEGERI JAKARTA
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk membantu guru BK dalam meningkatkan landasan hidup religius siswa melalui  program layanan apa saja yang dapat diterapkan  dalam meningkatkan landasan hidup Religius. Landasan hidup religius adalah salah satu  tugas perkembangan yang harus dicapai setiap peserta didik agar standar kompetensi kemandirian peserta didik dapat tercapai. Landasan hidup religius tingkat Sekolah Menengah Atas  meliputi pengenalan, akomodasi dan tindakan, sehingga perilaku religius dapat terukur. Untuk mengetahui bagaimana landasan hidup relius siswa dapat digunakan ITP ( Inventori Tugas Perkembangan,  Penelitian ini adalah kajian Pustaka tentang program layanan BK apa saja yang dapat digunakan untuk meningkatkan kondisi landasan hidup religius siswa SMA. Hasil kajian yang didapat antara lain   program  BK layanan dasar, dan kelompok,  serta pembudayaan melaksanakan aktivitas ibadah secara massif dan terkontrol  dapat meningkatkan landasan hidup religius

Full Text:

PDF

References


Al Quran dan terjemahannya

Andrianie, S., & Pd, M. (n.d.). Pengembangan media layanan bimbingan kelompok berbasis landasan hidup religius bagi siswa sekolah menengah pertama.

Depdiknas. (2007). Rambu-rambu penyelenggaraan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal.

Marlina, M. D. (2019). Meningkatkan pemahaman siswa terhadap tugas perkembangan landasan

hidup religius melalui teknik modeling simbolis. PEDAGOGIA, 17(2), 147–157. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i2.18064

Nicholas, D. (2015). The role of religion and spirituality in adolescent wellbeing in aotearoa new zealand (thesis, master of science). University of Otago. Retrieved from http://hdl.handle.net/10523/6023

Pahroji, A. S., Kadir Husain, A., Korompot, S., Mori, J., & Tuasikal, S. (2022). Games kuartet sebagai media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman karakter religius siswa. Student Journal of Guidance and Counseling. 1(2), 61–74.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) terbitan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016.

Tohirin. (2011). Bimbingan dan konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.731893

Article Metrics

Abstract Views : 207 | PDF Views : 156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zulfa Saleh

License URL: /licenses/by/4.0

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.