Layanan Informasi bermuatan Cinematherapy untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Kesehatan Mental
Lili Andriani Nasri(1*), Raka Maulana(2), Sara Sahrazad(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Brooks, H., Irmansyah,I., Lovell, K., Savitri, I., Utomo, B., Prawira, B., Kusumayati, A. (2019). Improving mental health literacy among young people aged 11–15 years in Java, Indonesia: co-development and feasibility testing of a culturallyappropriate, user-centred resource (IMPeTUs)–a study protocol. BMC health services research, 19(1), 484
Dwiyani, B. F., & Widuri, E. L. (2020, September). Psikoedukasi untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental pada Guru dan Siswa di SMPN “A” Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1, pp. 1-7).
Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92.
Gulliver, A., Griffiths, K. M., & Christensen, H. (2010). Perceived barriers and facilitators to mental health help-seeking in young people: a systematic review. BMC Psychiatry, 113(10),9. https://doi.org/10.1186/1471-244X-10-113
Ibnu, T.M. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kesehatan Mental Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Skripsi Indah, M., & Lathifah, M. (2021). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Film Imperfect Untuk Mereduksi Self Harm Pada Diri Mahasiswa. Efektor, 8(2), 184-189.
Kessler, R., Angermeyer, M., Anthony, J., De Graaf, R., Demyttenaere, K., Gasquet, I., De Girolamo, G., Gluzman, S., Gureje, O., Haro, J., Kawakami, N., Karam, A., Levinson, D., Medina, M. M., Oakley Browne, M., Posada-Villa, J., Stein, D., Adley Tsang, C., Aguilar-Gaxiola, S., ... Ustün, B. T. (2007). Lifetime prevalence and age-ofonset distributions of mental disorders in the World Health Organization’s World Mental Health Survey Initiative. World Psychiatry, 6, 168–176.
Khoiriah, Khusnul. (2015). Hubungan Layanan Bimbingan dan Konseling denganKesehatan Mental Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Kusri, A. M. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Peminatan terhadap Kemantapan Pilihan Sekolah Lanjutan. Jurnal Psikologi, Pendidikan, & Konseling. 2(1), 49-57.
Magasi, N., & Hamdan, S. R. (2023, January). Pengaruh Literasi Kesehatan Mental pada Stigma Depresi. In Bandung Conference Series: Psychology Science (Vol. 3, No. 1, pp. 326-333).
Mudaim, Mudaim, and Belardo Farjantoky. "Effect of Information Services Using the Media Film to Self-confidence Student of Class VIII SMP Negeri 8 Metro." Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, vol. 5, no. 1, 15 Jun. 2015, pp. 18-27
Patalay, P., Annis, J., Sharpe, H., Newman, R., Main, D., Ragunathan, T., Parkes, M., & Clarke, K. (2017). A pre-post evaluation of OpenMinds: A sustainable, peer-led mental health literacy programme in universities and secondary schools. Prevention Science, 18(8), 995–1005.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung. Padang: FIP UNP.
Rachmayani, D., & Kurniawati, Y. (2017). Studi awal: Gambaran literasi kesehatan mental pada remaja pengguna teknologi.
Reavley, N. J., McCann, T. V., & Jorm, A. F. (2012). Mental health literacy in higher education students. Early Intervention in Psychiatry, 6(1), 45–52.
Rudianto, Z. N. (2022). Pengaruh Literasi Kesehatan Terhadap Kesadaran Kesehatan Mental Generasi Z Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(1), 57-72.
Solomon, Gary. 2005. Cinema Parenting: Using Movies to Teach Life's Most Important Lessons. Fairfield, CT: Aslan Publishing
Syafitri, D. U., & Rahmah, L. (2021). Pelatihan konselor sebaya daring untuk meningkatkan literasi kesehatan mental siswa di sma islam xy semarang. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 7(1), 39-54.
Tohirin. (2009). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah (berbasis Integrasi). Jakarta:Rajawali Press
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.711857
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lili Andriani Nasri, Lili Andriani Nasri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |