Peran Konselor Bimbingan Konseling Dalam Pengenalan Gaya Belajar Siswa di Era New Normal



Nur Hidayatul Lutfiyah(1*), Eni Fariyatul Fahyni Fariyatul Fahyuni(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran yang dilakukan Konselor di SMP Tamaddun Afkar Sidoarjo dalam Pengenalan Gaya Belajar Siswa di era New Normal dari Covid-19, metode dan pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitian guru Konselor SMP Tamaddun Afkar Sidoarjo melalui wawancara langsung dengan subyek penelitian guru Konselor dan Kepala Sekolah. Penelitian ini dimulai bulan Januari 2022-maret 2022. Hasil penelitian Peran Konselor dalam Pengenalan Gaya Belajar siswa adalah :  1. Dengan memberikan kuisioner yang di dalamnya berisi pertanyaan tentang pengenalan gaya belajar dan pemberian layanan informasi mengenai materi tentang Pengenalan Gaya Belajar secara umum. Materi yang diberikan yakni masalah yang sering dijumpai di era New Normal. 2. Layanan konseling individual maupun kelompok tentang permasalahan siswa yang sering dijumpai tentang gaya belajar siswa.. 3. Guru Konselor, wali kelas dan orang tua saling

Keywords


Peran Konselor, Pengenalan Gaya Belajar di Era New Normal

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, S., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454.

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Kebudayaan. Kabilah, 1(1), 198–207.

Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ke Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1784

Hasbahuddin, H., & Rosmawati, R. (2019). Implementasi Teknik Pengelolaan Diri Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(1), 11–18. Https://Doi.Org/10.31960/Konseling.V1i1.325

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jtp - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. Https://Doi.Org/10.21009/Jtp.V22i1.15286

K., S. (2019). Konsep Bimbingan Pribadi-Sosial Dalam Mengembangkan Sikap Positif Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 155. Https://Doi.Org/10.29240/Jbk.V3i2.1061

Kapandra, H., Sofah, R., & Karim, K. (2014). Mengefektifkan Gaya Belajar Auditory Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Xi Ipa Ii Di Sma. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 35–45.

Kartika Mr, G. N. (2018). Perspektif Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Islam. Nalar: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 1(2), 95. Https://Doi.Org/10.23971/Njppi.V1i2.906

Mohammad Fani Abdul Rosyid, D. S., & Wibowo, M. E. (2020). Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Membentuk Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 86–93. Musdalifah, A., & Surabaya, U. (2020). Media Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Tengah Pandemi Covid-19. 59–64.

Nisa, A., & Renata, D. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(2), 119. Https://Doi.Org/10.24042/Kons.V5i2.3058

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam Abstrak Kata Kunci : Peran Orang Tua , Pendidikan Karakter , Pandemi Covid-19 , Pendahuluan Keberhasilan Pendidikan Formal Yang Ditempuh Seorang Anak Tida. Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.

Purwianto, A. F., & Fahyuni, E. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Pai Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 551. Https://Doi.Org/10.32832/Tadibuna.V10i4.5829

Putri, E. S., & Adicita, R. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Layanan Bimbingan Kelompok. Philanthropy: Journal Of Psychology, 2(2), 128. Https://Doi.Org/10.26623/Philanthropy.V2i2.1152

Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep Diri Dan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91.

Rozikan, M. (2018). Transformasi Dakwah Melalui Konseling Islami. Inject (Interdisciplinary Journal Of Communication), 2(1), 77. Https://Doi.Org/10.18326/Inject.V2i1.77-98

Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H. (2017). Teknik Cognitive Defusion: Penerapan Intervensi Konseling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 93. Https://Doi.Org/10.25273/Counsellia.V7i2.1835

Siska Mardes. (2022). Jpdk : Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Research & Learning In Primary Education Dan Nurcholish Madjid. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 148–156.

Suriyadi. (2017). Layanan Konseling Islami Bagi Kesulitan Belajar Dalam Pendidikan Islam. Itqan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13, 133–152.

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. 3(02), 183–193.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.711725

Article Metrics

Abstract Views : 487 | PDF Views : 352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Hidayatul Lutfiyah, Eni Fariyatul Fahyni Fariyatul Fahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.