Peran Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Pembelajaran Siswa Di SMPN 2 Gunung Talang



YIYING YIYING(1*), Rahmad Hidayat(2),

(1) uin mahmud yunus batusangkar
(2) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk  mengetahui  kenapa  TikTok  dipilih  sebagai media  social sebagai sarana pembelajaran siswa. Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media social tiktok dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penggunaan metode literature review. Dalam penelitian ini dengan mempertimbangkan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penggunaan media social tiktok dalam pembelajaran. Berdasarkan artikel-artikel di Google Schoolar yang memuat tentang kegunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran, peneliti menemui beragam fakta bahwa saat ini TikTok sebagai sebuah aplikasi media sosial tidak hanya digunakan sebagai hiburan semata tetapi juga dapat sebagai media pembelajaran bagi siswa. Dari hasil kajian ini yang dilakukan penulis bahwa media social terutama aplikasi TikTok dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran baik itu untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, fisika dan bimbingan konseling.

Full Text:

PDF

References


Fitra, N. A., Rahayu Z, S. P., Desmita, D., & Irman, I. (2021). Hubungan Self-Esteem dan Body Image pada Remaja Putri di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 3(2), 84. https://doi.org/10.31958/istinarah.v3i2.4534

Hadiapurwa, N. S. R. A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring.

Akademika, 10(2). Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., &

Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1270-1281.

Irman, I. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 4(2), 89–96. https://doi.org/10.24042/kons.v4i2.2192

Putri, S. N. (2022, May). Tiktok (Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Di Kalangan Mahasiswa). In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 425-436.

Silvianetri, S., Irman, I., Zulfikar, Z., Zubaidah, Z., & Gusria, W. (2022). Penanaman Nilai kejujuran dan implikasinya pada konseling di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4783–4793. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2685

Taubah, M., & Hadi, M. N. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran maharah kalam. Jurnal Mu’allim, 2(1), 57-65.

Wijaya, A. I., & Romadhon, D. R. Penggunaan Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Fisika.Integrasi Keilmuan Dan Keislaman Melalui Literasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045, 22.

Yuliana Nelisma1, Aydha Fifif Sasnita2, Irman3, Silvianetri4, H. S. (2018). Hubungan Aktivitas Belajar Dengan Prestasi. Jurnal Konseling Gusjigang, 4(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.711720

Article Metrics

Abstract Views : 333 | PDF Views : 236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 YIYING YIYING

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.