Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, dan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Cibinong
tuti lestari(1*), Chandra Dewi(2), Fitniwilis Fitniwilis(3), Khalifah Paujiyah(4), Elda Widayan(5),
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(4) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(5) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan siswa SMA beberapa diantaranya merasa kesulitan mengelola emosi, memiliki motivasi rendah, dan kurang dikontrol oleh orang tuanya. Selain itu sebagian para pelajar juga banyak menghabiskan waktu hanya untuk bersenang-senang dibandingkan mengerjakan tugas akademik. Kecenderungan siswa SMA dalam menunda-nunda tugas akademik adalah dengan melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan di luar akademik. Akibatnya tugas sekolah tidak dijadikan prioritas utama. Hal tersebut menyebabkan kemandirian belajar dan kecerdasan emosional anak berkurang. cara orang tua mengasuh serta mendidik anak akan berpengaruh terhadap kecerdasan emosional dan kemandirian belajar anak. Pola asuh orang tua yang baik akan mendorong perkembangan kecerdasan emosional dan kemandirian anak sehingga perkembangan akan optimal, sedangkan pola asuh yang tidak baik akan menghambat kecerdasan emosional dan kemandirian belajar anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional, kemandirian belajar, dan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Cibinong. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Uji Hipotesis menggunakan korelasi product moment berganda diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 (nilai sig < 0,05 ) maka Ha diterima. Disimpulkan terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional, kemandirian belajar dan prokrastinasi akademik Siswa SMA Cibinong.
Kata Kunci: Pola asuh, Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Prokrastinasi Akademik
Full Text:
PDFReferences
21673-43963-1-SM. (n.d.). Abbas, & Nurhayati. (2000). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ilmu pengetahuan sosial Berdasarkan Masalah (Problem-Based Intruction. 150.
Abdullah, P. M. (2015). metodologi penelitian kuantitatif. In Aswaja Pressindo.
Adawiyah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak. - Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan,Vol 7 Agency,
Beranda dan Tridhonanto, Al.2014.Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia
Agus Efendi. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Ahmad, L. Nur. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Remaja Sesuai dengan Pola Asuh Orang Tua Remaja Putri Akademi Angkatan Laut Surabaya : Jurnal Kebidanan: ISSN (2301 – 6213)
Alex Sobur, Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah, (Bandung: Penerbit Pustaka Setia, 2003), h.134
Alfina Bakti, I. F. (2021). POLA ASUH ORANG TUA MILITER DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL
Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2009. Psikologi RemajaPerkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
A Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Amin, Suci , & Rini Harianti. 2018. Pola Asuh Orangtua dalam Motivasi Belajar Anak. Yogyakarta: Deepublish
Amirul , A. Ibrahim. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak : Journal of Islamic Education : ISSN 2715-2812
Arifin, A. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa.
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan - Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
B. Uno ,Hamzah. (2008) Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Baumrind, D. (1971). Current patterns of parental authority. Developmental Psychology Monograph, 4(1), 1-103.
Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta :PilarMedika.
Chen, J. Z. et al. (2002). Extensive Somatic Mitochondrial Mutations in Primary Prostate Cancer Using Laser Capture Microdissection.
Chotimah, C., & Nurmufida, L. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(1), 55. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.7850
Danu Aagustian Siregar, L. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar di MAN 2 Bukit Tinggi. Pendidikan Tambusai.
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Distiliana. 2021. Konsep Pemikiran Burhanuddin Al-Zarnuji dn Game Star dalam Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Surabaya: Cv Global Aksara Press
Fatimah. 2008. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Ferrari, J. R.., O'Callaghan, J., & Newbegin, I. (2005). Prevalence of procrastination in the United States, United King dom, and Australia: arousal and avoidance delays among adults. North American Journal of Psychology, 7 (1). 1-6.
Ghufron, N. M & Risnawati, Rini. 2020. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Goleman D. 2006. Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional, mengapa EI lebih penting daripada IQ.
Alih bahasa: T. Hermaya. Jakarta: P.T Gramedia Pustaka Utama. 1997. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional); Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama Gunarsa,
Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Habibi, M. N., Herawati, A. A., & Dharmayana, I. W. (2022). KORELASI POLA ASUH PERMISIF DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS 8 MTSN 1 BENGKULU. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 5(1), 1-8.
Hamzah B. Uno, M. (2010). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hardin , F.(2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Pra Sekolah TK Adhyaksa XXVI Padang : Jurnal Amanah Kesehatan: ISSN 2685 – 4023
Hidayah, Nur. & Atmoko, Adi. 2019. Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan: Terapannya di Kelas. Malang: Gunung Samudera
Hurlock, B, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga Hutajulu, E. O. D. HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA. JaniceJ.
Beaty, Observasi Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenadamedia, 2013), Ed. 7, h. 91. Karina Esti Pratiwi, H. U. (2020). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI SD NEGERI 38 KOTA PAREPARE. Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan.
Mantali, R., Umboh, A. & Bataha, YB. 2018. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Degan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Di Tk Negeri Pembina Manado. E-Journal Keperawatan (E-Kp) Volume 6 Nomor 1: 1-8.
M. Chabib Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan,(Jakarta: Raja Grafindo Persada,1996), Cet.3.
Manurung. 1995. Manajemen Keluarga. Bandung : Indonesia Publishing House
Marlina, I. (2014). hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosi siswa kelas v SD se-gugus II kecamatan umbulharjo yogyakarta. 7(2), 1–16.
Masyitoh, S., & Khumaeroh, M. S. 2021. Sosialisasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak di Kampung Babakan Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.
PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(31), 167-178.
Mayer, J. D. Salovey, P. Caruso, D. R. (2004). Emotional Intelligence: Theory, Findings, and Implications. Psychological Inquiry.
Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. Uns Press.
Nopita, N., Mayasari, D., & Suwanto, I. (2021). Analisis Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMPS Abdi Agape Singkawang. JBKI (Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia)
Novia, A. M., Saptadi, H., & Setiawan, A. (2021). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 74-82.
Nurientan Pramesthie, Y. W. (2019). PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA PADA SISWA KELAS VII SMP “X” SURABAYA. Jurnal Penelitian Psikologi.
Oktarina. (2010). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dan Kedisplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwantoro. Skripsi: Universitas Sebelas Maret
Priyatno (2011). “Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS”. Yogyakart: Penerbit
ANDI. Priyanto, Duwi, 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Andi: Yogyakarta Psikologi, J., Pendidikan,
F. I., & Semarang, U. N. (2013). TEMPER TANTRUM PADA ANAK PRA SEKOLAH.
Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.
PUTRI, RONA (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI. Rachmawati, Widhi D, dkk. 2021. Teori dan Konsep Pedagogik. Cirebon:
Insania Rahayu, A. D. 2019. Hubungan pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sdn gugus wijaya kusuma kota semarang. 105.
Ramdhani, P. 2013. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo, 1(2), 72–78. http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3284/2220
Rosani, Tika & Endang Sri I. 2018. Hubungan antara Pola Asuh Otoriter dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Angkatan 2013 Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati.Vol 7. No 2
Sabaria, A. Munir, C. Metia. 2020. Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Interaksi Teman Sebaya dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bebesen Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 1(2) 2019: 105-115.
Santrock. J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja.(edisi keenam) Jakarta: Erlangga. Santrock, J.W. 1995. Perkembangan Masa Hidup. Jilid I. Alih Bahasa: Juda Damanik. Jakarta: Erlangga
Sagita, L. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan kecerdasan Emosional Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Tanjung
Gusta. Salovey, P & Mayer, J.D. (1990) Emotional Intelligence Imagination, Cognition and Personality
Semiawan, C. (2008). Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar.
Shaffer, D.R. 2002. Developmental Psychology Sixth Edition Childhood And Adolescence. USA: Wadsworth: Thomson Learning.
Sitti Hajrah, F. F. (2021). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN . Jurnal AL-Ilmi .
Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta :Sagungseto Pp 86-90 Subagiya, I Nyoman. 2021. Pola Asuh Orang Tua: Faktor dan Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak. Bandung:
Nilacakra Sulastri, N. Haryati, D. (2020). Hubungan antara Pola Asuh orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B di PAUD Taman Bangsa Begutu : Jurnal imbingan dan Konseling FIPP Universitas Pendidikan Mandalika : ISSN (2503 – 1708)
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.711626
Article Metrics
Abstract Views : 1093 | PDF Views : 665Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 tuti lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |