Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Sikap Religius Peserta Didik
SANDRA SARI SANDRA SARI SAPUTRI(1*), Irman Irman Irman(2),
(1) SMPN 2 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA PROVINSI SUMATERA BARAT
(2) UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afnilaswati, A., Meldawanti, M., & Ardimen, A. (2021). Konsep Aplikasi Landasan Dan Pendekatan Religius Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(2), 128–134. https://doi.org/10.15548/atj.v7i2.3260
Ardimen, A. (2018). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2733
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). 1803-Article_Text-5370-1-10-20220705. Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, 17(1), 40–50.
Bahri, S., & Korespondensi, P. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1693–7775.
Bastomi, H. (2021). Implementation of Islamic Spiritual Guidance for People with Mental Disorders at the Jalma Sehat Kudus Foundation. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 5(2), 196. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i2.12850
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fikriyani, D. N. (2021). PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DALAM Negeri Jakarta , Indonesia. Bimbingan Konseling, 7, 1–14.
Hawkridge, D. (2022). New Information Technology in Education. In New Information Technology in Education. https://doi.org/10.4324/9781003312826
Herijon Muhammad Syahril, Muhaimin, M., & Ngatijo, N. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbantukan Multimedia Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i2.7433
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Irman, I., Murisal, M., Syafwar, F., Silvianetri, S., Zubaidah, Z., & Yeni, P. (2020). Membangun Kesadaran Spritual melalui Konseling Berbasis Surau dalam Pengembangan Pariwisata. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 51. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1421
Irman, I., Silvianetri, S., Syafwar, F., Zubaidah, Z., Yeni, P., & Zulfikar, Z. (2022). Keefektifan Konseling Teknik Positive Mental Time Travel untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Lansia. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 93. https://doi.org/10.29240/jbk.v6i1.4249
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, K. T. (2022). Keputusan Kepala BSKAP (2022). In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan (Issue 021).
Kusumawati, E., & Astuti, A. D. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Bagi Konselor. Nusantara of Research: Jurnal Hasil …, 9(2), 116–124. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/16701
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mardianto, M. (2022). Implementarasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 8(1), 185–201. http://repository.uinsu.ac.id/15551/1/2022 IAIDU Kisaran KMMB.pdf
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
McTighe, J., Wiggins, G., Warso, A. W. D. D., Zahroh, S. H., Parno, Mufti, N., & Anggraena, Y. (2017). Pembelajaran dan Penilain. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 123.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Muhammad, R. (2021). Analisis Implementasi Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Edukatif, 7(1), 59. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/edukatif/article/view/518
Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40. http://rayyanjurnal.com/index.php/jetish/article/view/35/39
Mustaqim, A. (2019). Studi Karakteristik Konselor Di Era Disrupsi: Upaya Membentuk Konselor Milenial. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 3(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v3i1.5540
Nasution, S. W. (2021). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 39. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890
Ramdani, R., Nasution, A. P., Ramanda, P., Sagita, D. D., & Yanizon, A. (2020). Strategi Kolaboratif Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, III(1), 1–7. http://journal.stkipmuhammadiyahbarru.ac.id/index.php/jubikops/article/view/14
Ratnasari, D., Miskanik, & Rahmaniah, A. (2018). Use of Religious Counseling (Islami) to Improve Psychological Well Being on Students of SMK Nusantara Wisata Respati Jakarta. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 6–19. https://doi.org/10.26539/teraputik.21165
Rokhyani, E. (2022). Penguatan Praksis Bimbingan Konseling dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Abkin, 3(1), 26–38.
Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349
Winahyu, C. K., & Ersta, L. (2021). Pengaruh Informasi Karir Melalui Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Medi Kons: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 25–37.
Yeni, P. (2022). Pengaruh Konseling Teknik Tazkiyatun Nafs dalam Mereduksi Kegelisahan Lansia. 6(2), 227–242. https://doi.org/10.21043/konseling.v6i2.16079
Yesserie. (2015). Artikel Kurikulum. In Nh (Vol. 151, pp. 10–17).
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.731616
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SANDRA SARI SANDRA SARI SAPUTRI, Irman Irman Irman
License URL: /licenses/by/4.0
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |