Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Sikap Religius Peserta Didik



SANDRA SARI SANDRA SARI SAPUTRI(1*), Irman Irman Irman(2),

(1) SMPN 2 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA PROVINSI SUMATERA BARAT
(2) UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan secara umum implementasi layanan Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan sikap religius peserta didik. Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan pengembangan layanan Bimbingan dan Konseling dalam mendukung kurikulum merdeka yang digunakan masa kini. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 orang guru Bimbingan dan Konseling di SMPN 1 Sitiung yang diambil menggunakan purposif random sampling. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Pengambilan data penelitian melalui wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan pemahaman tentang kurikulum merdeka belajar, implementasi layanan bimbingan dan konseling mendukung kurikulum merdeka belajar dan implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan sikap religius peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Afnilaswati, A., Meldawanti, M., & Ardimen, A. (2021). Konsep Aplikasi Landasan Dan Pendekatan Religius Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(2), 128–134. https://doi.org/10.15548/atj.v7i2.3260

Ardimen, A. (2018). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2733

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). 1803-Article_Text-5370-1-10-20220705. Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, 17(1), 40–50.

Bahri, S., & Korespondensi, P. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1693–7775.

Bastomi, H. (2021). Implementation of Islamic Spiritual Guidance for People with Mental Disorders at the Jalma Sehat Kudus Foundation. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 5(2), 196. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i2.12850

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fikriyani, D. N. (2021). PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DALAM Negeri Jakarta , Indonesia. Bimbingan Konseling, 7, 1–14.

Hawkridge, D. (2022). New Information Technology in Education. In New Information Technology in Education. https://doi.org/10.4324/9781003312826

Herijon Muhammad Syahril, Muhaimin, M., & Ngatijo, N. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbantukan Multimedia Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i2.7433

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Irman, I., Murisal, M., Syafwar, F., Silvianetri, S., Zubaidah, Z., & Yeni, P. (2020). Membangun Kesadaran Spritual melalui Konseling Berbasis Surau dalam Pengembangan Pariwisata. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 51. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1421

Irman, I., Silvianetri, S., Syafwar, F., Zubaidah, Z., Yeni, P., & Zulfikar, Z. (2022). Keefektifan Konseling Teknik Positive Mental Time Travel untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Lansia. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 93. https://doi.org/10.29240/jbk.v6i1.4249

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, K. T. (2022). Keputusan Kepala BSKAP (2022). In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan (Issue 021).

Kusumawati, E., & Astuti, A. D. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Bagi Konselor. Nusantara of Research: Jurnal Hasil …, 9(2), 116–124. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/16701

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Mardianto, M. (2022). Implementarasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 8(1), 185–201. http://repository.uinsu.ac.id/15551/1/2022 IAIDU Kisaran KMMB.pdf

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

McTighe, J., Wiggins, G., Warso, A. W. D. D., Zahroh, S. H., Parno, Mufti, N., & Anggraena, Y. (2017). Pembelajaran dan Penilain. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 123.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Muhammad, R. (2021). Analisis Implementasi Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Edukatif, 7(1), 59. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/edukatif/article/view/518

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40. http://rayyanjurnal.com/index.php/jetish/article/view/35/39

Mustaqim, A. (2019). Studi Karakteristik Konselor Di Era Disrupsi: Upaya Membentuk Konselor Milenial. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 3(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v3i1.5540

Nasution, S. W. (2021). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 39. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890

Ramdani, R., Nasution, A. P., Ramanda, P., Sagita, D. D., & Yanizon, A. (2020). Strategi Kolaboratif Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, III(1), 1–7. http://journal.stkipmuhammadiyahbarru.ac.id/index.php/jubikops/article/view/14

Ratnasari, D., Miskanik, & Rahmaniah, A. (2018). Use of Religious Counseling (Islami) to Improve Psychological Well Being on Students of SMK Nusantara Wisata Respati Jakarta. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 6–19. https://doi.org/10.26539/teraputik.21165

Rokhyani, E. (2022). Penguatan Praksis Bimbingan Konseling dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Abkin, 3(1), 26–38.

Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349

Winahyu, C. K., & Ersta, L. (2021). Pengaruh Informasi Karir Melalui Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Jurnal Medi Kons: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 25–37.

Yeni, P. (2022). Pengaruh Konseling Teknik Tazkiyatun Nafs dalam Mereduksi Kegelisahan Lansia. 6(2), 227–242. https://doi.org/10.21043/konseling.v6i2.16079

Yesserie. (2015). Artikel Kurikulum. In Nh (Vol. 151, pp. 10–17).




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.731616

Article Metrics

Abstract Views : 284 | PDF Views : 515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SANDRA SARI SANDRA SARI SAPUTRI, Irman Irman Irman

License URL: /licenses/by/4.0

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.