Penyesuian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan Implikasi Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 13 Pekanbaru



Waif Setioaji(1*), Elni Yakub(2), Khairiyah Khadijah(3),

(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi   Covid   19   mengakibatkan   perubahan   dalam   berbagai   tatanan   kehidupan   termasuk pembelajaran. Awal pandemi, pembelajaran dilakukan secara daring dan selanjutnya bertahap menjadi pembelajaran tatap muka (PTM). perubahan system ini akan membutuhkan waktu siswa untuk menyesuaikan diri kembali, karena tidak semua siswa memiliki penyesuaian diri yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa terhadap pembelajaran tatap muka (PTM) di tinjau dari aspek kematangan emosional, kematangan intelektuan, kematangan sosial dan tanggung jawab. Jenis penelitian  ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa . Sampel penelitian  sebanyak 106 siswa dan diambil dengan  teknik  proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara mengukur aspek penyesuaian diri menggunakan kuesioner skala linker. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada 30 responden. Hasil uji validitas menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan nilai tiap item diatas 0,361 dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach dengan nilai 0,834. Analisis data menggunakan distribusi frekuesi dan persentase. Hasil Penelitian ini menunjukan tingkat penyesuaian diri siswa pada aspek kematangan emosional berada paada kategori tinggi, pada aspek kematangan intelektual berada pada kategori tinggi, pada aspek kematangan sosial berada pada kategori sedang dan pada aspek tanggung jawab berada pada kategori tinggi.

Keywords


Penyesuaian Diri, Aspek Penyesuaian Diri

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H., Irfan, A. Z., & Ahlufahmi, D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Penyesuaiaan Diri Siswa. Jurnal Realita, 5(1), 950–966.

Anjaryani, A. M., & Edwina, T. N. (2020, September). Penyesuaian Diri Pada Lingkungan Sekolah Sebagai Prediktor Motivasi Belajar Pada Siswa Asli Papua. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL MILLENEIAL 5.0 FAKULTAS PSIKOLOGI UMBY.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Basar,

A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia :Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia.

Febrianti. (2011).”Penyesuaian Diri Siswa terhadap Program Pembelajaran di Sekolah dan Peran Guru Pembimbing (Studi pada SMPN Kota Padang) (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Negeri Padang, Padang.

Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 30-39.

Hastuti, D. D., Sutama, M. P., & Sutopo, A. (2018). Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Negeri 1 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 12-24.

Marimbuni, M., Syahniar, S., & Ahmad, R. (2017). Kontribusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 165-175.

Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Psikologi dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1).

Putri, H. J. S., Rakhmawati, D., & Maulia, D. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X SMA Lab School PGRI Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4484-4488.

Rusdayanti, I. G. A. D., & Setyani, I. G. A. P. W. (2019). Penyesuaian diri anak berbakat intelektual dengan pola asuh otoritarian. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 389-399.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yasmita, D. (2021). Kematangan Sosial Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Kabupaten Sijunjung. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 4(1), 15-25.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.721573

Article Metrics

Abstract Views : 38 | PDF Views : 29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Waif Setioaji, Elni Yakub, Khairiyah Khadijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.