Penyesuian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan Implikasi Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 13 Pekanbaru
Waif Setioaji(1*), Elni Yakub(2), Khairiyah Khadijah(3),
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, H., Irfan, A. Z., & Ahlufahmi, D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Penyesuaiaan Diri Siswa. Jurnal Realita, 5(1), 950–966.
Anjaryani, A. M., & Edwina, T. N. (2020, September). Penyesuaian Diri Pada Lingkungan Sekolah Sebagai Prediktor Motivasi Belajar Pada Siswa Asli Papua. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL MILLENEIAL 5.0 FAKULTAS PSIKOLOGI UMBY.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Basar,
A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia :Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia.
Febrianti. (2011).”Penyesuaian Diri Siswa terhadap Program Pembelajaran di Sekolah dan Peran Guru Pembimbing (Studi pada SMPN Kota Padang) (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Negeri Padang, Padang.
Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 30-39.
Hastuti, D. D., Sutama, M. P., & Sutopo, A. (2018). Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Negeri 1 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 12-24.
Marimbuni, M., Syahniar, S., & Ahmad, R. (2017). Kontribusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 165-175.
Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Psikologi dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1).
Putri, H. J. S., Rakhmawati, D., & Maulia, D. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X SMA Lab School PGRI Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4484-4488.
Rusdayanti, I. G. A. D., & Setyani, I. G. A. P. W. (2019). Penyesuaian diri anak berbakat intelektual dengan pola asuh otoritarian. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 389-399.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yasmita, D. (2021). Kematangan Sosial Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Kabupaten Sijunjung. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 4(1), 15-25.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.721573
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Waif Setioaji, Elni Yakub, Khairiyah Khadijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |