Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling Di SMPN Se-Kecamatan Rambatan



Andri Okta Viandi(1*), Wahidah Fitriani(2),

(1) UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana evaluasi program bimbingan dan konseling di SMPN se-Kecamatan Rambatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang evaluasi program bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru pembimbing di SMPN se-Kecamatan Rambatan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan atau field research, yang bersifat deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan evaluasi program bimbingan dan konseling di SMPN se-Kecamatan Rambatan. Subyek penelitian adalah 6 orang guru pembimbing yang ada di SMPN Se-Kecamatan Rambatan.Berdasarkan hasil penelitian ini terungkap bahwa konselor di SMPN Se-Kecamatan Rambatan telah dapat mengevaluasi program  bimbingan dan konseling dengan baik. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis mengelompokkan item-item menjadi 11 kelompok masalah, yaitu: a) kesesuaian antara program dengan  pelaksanaannya dikategorikan sangat baik, b) keterlaksanaan program dikategorikan baik, c) hambatan- hambatan yang dijumpai dikategorikan baik, d) dampak layanan bimbingan terhadap kegiatan belajar mengajar dikategorikan baik, e) respon peserta didik terhadap layanan bimbingan dikategorikan sangat baik, f) respon personil sekolah terhadap layanan bimbingan dikategorikan sangat baik g) respon orang tua terhadap layanan bimbingan dikategorikan baik, h) respon masyarakat terhadap layanan bimbingan dikategorikan baik, i)kemajuan peserta didik dilihat dari pencapaian tujuan layanan bimbingan dikategorikan baik, j) kemajuan peserta didik dilihat dari pencapaian tugas perkembangan dikategorikan sangat baik, k) kemajuan peserta didik dilihat dari hasil belajar dikategorikan baik.

Full Text:

PDF

References


Ardimen dan Dian Erhan, Metodologi penelitian Dalam Konseling, Batusangkar: STAIN Batusangkar Press, 2010

Bimbingan danKonseling PadaSatuan PendidikanDasardanMenengah.Permendikbud no 111 tahun 2014

Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian,Jakarta: Depdiknas 2007

Fikriyani, D. N. (2021). PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DALAM Negeri Jakarta , Indonesia. Bimbingan Konseling, 7, 1–14.

Gibson, R. L. (2011). Bimbingan Dan Konseling. Pustaka Pelajar.

Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Prayitno, dkk, Pelayanan Bimbingan dan Konseling SMU, Padang: PT. Bina Sumber Daya MIPA, 1997

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 39. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890

Ramdhani, D. H. (2021). Studi Kepustakaan Mengenai Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Perencanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Edukasi, Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 42–52.

Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349 unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/1007/798

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.631439

Article Metrics

Abstract Views : 295 | PDF Views : 186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andri Okta Viandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.