Peningkatan Keaktifan Peserta Didik dalam Layanan Dasar Menggunakan Metode Problem Based Learning Melalui Pembelajaran Daring



SANDRA SARI SAPUTRI(1*), Wahidah Fitriani(2),

(1) SMPN 2 SITIUNG
(2) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pemberian layanan dasar secara klasikal kepada peserta didik diberikan dalam pertemuan jarak jauh melalui jaringan internet karena adanya wabah Covid-19. Melalui pertemuan tersebut ditemui peserta didik  kurang aktif dalam kegiatan layanan sehingga tujuan layanan tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah layanan dasar melalui metode Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Koseling (PTBK) dengan menggunakan 2 siklus, siklus 1 dilaksanakan 1 kali kegiatan layanan klasikal, siklus 2 dengan 2 kali kegiatan layanan klasikal. Setiap siklus mengangkat topik yang berbeda yaitu Kiat Menjadi Orang Sukses dilakukan 1 kali kegiatan dan Cara Manajemen waktu dilakukan 2 kali kegiatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah layanan klasikal dengan metode Problem Based Learning sangat tepat digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling karena dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran daring antara pra siklus dengan siklus 1 dan antara siklus 1 dengan siklus 2 .

Keywords


Keaktifan Belajar;Layanan Dasar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, D., Rahmat, H. K., & Pernanda, S. (2020). Menemukenali Konsep Etika Dan Sikap Konselor Profesional Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 6(2), 84–101. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i2.457

Ardimen, A. (2018). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2733

BUDIONO, S. (2021). KONSELING KREATIF DAN INOVASI DALAM PENELITIAN TINDAKAN BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.360

Izzah, F. N., Khofshoh, Y. A., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., & Wakhidah, N. (2022). Analisis Faktor-faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 150–154.

Julhadi, J., & Herdi, H. (2022). Penggunaan teknologi di era pandemi Covid-19: A systematic literatur review. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan …, 6(1), 104–110. https://doi.org/10.26539/teraputik.611003

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di Smk Negeri 2 Padang. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 12–25. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i1.956

Naziah, S. T., Hamdani Maula, L., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2), 109–120. https://doi.org/10.26555/jpsd

Okoye, K., Hussein, H., Arrona-palacios, A., Quintero, H. N., Omar, L., Ortega, P., Sanchez, A. L., Ortiz, E. A., Escamilla, J., & Hosseini, S. (2022). Impact of digital technologies upon teaching and learning in higher education in Latin America : an outlook on the reach , barriers , and bottlenecks. In Education and Information Technologies (Issue 0123456789). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11214-1

Oktaviana, D., Syarifah, I., & Fitriani, W. (2021). Perasaan Emosional Orang Tua dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Daring (Studi Kasus di MTsN 5 Kota Padang). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 853–864. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1145

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Ratnasari, D., Sari, S. P., Taufiq, A., Pgri, U. I., Palembang, U. P., & Pendidikan, U. (2022). Nilai-Nilai Pedagogik Pada Pendidikan Profesi Konselor. 6(1), 43–50. https://doi.org/10.26539/teraputik.611007

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Santoso, P. (2021). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Pada Materi Persamaan Garis Lurus. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 27(2). https://doi.org/10.30587/didaktika.v27i2.2265

Takdir, M., Baharuddin, B., Arhas, S. H., & Irman, I. (2021). Quality of Academic Service during the COVID-19 Pandemic at the Universitas Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Ad’ministrare, 8(1), 143. https://doi.org/10.26858/ja.v8i1.19597

Widayati, A. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Widyasari, D. A. A. (2021). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN TEMA 9 KELAS V SD NEGERI 1 TAMANREJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Wawasan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8874




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.631357

Article Metrics

Abstract Views : 187 | PDF Views : 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SANDRA SARI SANDRA SARI SAPUTRI, S.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.