Upaya meningkatkan self-regulated learning melalui konseling kelompok realitas pada siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta



Afifah Hasna(1), Hardi Prasetiawan(2*),

(1) 
(2) Ahmad Dahlan University
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan komparasi self-regulated learning peserta didik melalui pemberian tindakan konseling kelompok realitas. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPS 1 yang berjumlah 36 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 6 peserta didik di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling. Data dikumpulkan menggunakan skala self-regulated learning dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa tingkat self-regulated learning meningkat melalui layanan konseling kelompok realitas.


Full Text:

PDF

References


Alhadi, Said dan Agus Supriyanto. 2017. Self-Regulated Learning Concept: Student Learning Progress. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

Cheng, Eric C. K. 2011. The Role of Self-regulated Learning in Enhancing Learning Performance. The International Journal of Research and Review, Volume 6 Issue 1. Hong Kong: The Hong Kong Institute of Education

Fasikhah, Siti Suminarti dan Siti Fatimah. 2013. Self-Regulated Learning (SRL) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol 01, No 01. Diunduh 7 Maret 2022, dari https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1364

Kristiyani, Titik.2016. Self-Regulated Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia.Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Kusaeri Dan Umi Nida Mulhamah.2016. Kemampuan Regulasi Diri Siswa Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, Vol 1, No 01, 31 -42. Diunduh 17 Februari 2022, dari http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/jrpm/article/view/20/pdf

Lumongga, Namora. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta: Kharisma Putra Utama

McCullough & Willoughby. 2009. Agama, Pengaturan Diri, dan Pengendalian Diri: Asosiasi, Penjelasan, dan Implikasi. Buletin Psikologis, Vol. 135, No. 1, 69 –93. Doi: https://doi.org/10.1017/CBO9781139174794

Mega, C., Ronconi, L., & De Beni, R. 2014. What makes a good student? How emotions, selfregulated learning, and motivation contribute to academic achievement. Journal of Educational Psychology, 106(1), 121–131. Doi: https://doi.org/10.1037/a0033546

Mulawarman dkk. 2020. Konseling Kelompok Pendekatan Realita Pilihan dan Tanggungjawab. Jakarta: Kencana

Muhklis, Ahmad dkk. 2016. Peranan Orang Tua Dan Sekolah Dalam Mengantisipasi Anak Putus Sekolah. Diunduh 17 Februari 2022 dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/16252/14141

Nahariani, Pepin dkk. 2013. Pengembangan Model Self Regulated Learning In Studying Nursing (SRLSN) Untuk Peningkatan Kompetensi Belajar Mahasiswa.Jurnal Ners,Vol. 8 No. 2 190-201. Diunduh 17 Februari 2022 dari https://e journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/3858/2622

Nugraheni, Edwindha Prafitra. 2019. Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Puspitasari, Anggi dkk.2013. Self Regulated Learning Ditinjau Dari Goal Orientation. Educational Psychology Journal, Vol 2 No 1. Diunduh 2 Maret 2022, dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj/article/view/2579

Rachmah, D. N.2015. Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak. Jurnal Psikologi, Vol 42, No 2. Diunduh 2 Maret 2022, dari https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6943

Rasimin dan Muhamad Hamdi. 2021. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara

Thoif, Mokh. 2021. Tinjauan Yuridis Pendidik Nonformal dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia.Surabaya: Scopindo Media Pustaka

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Malang: Angkasa

Zimmerman BJ. 1990. Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist. Diunduh 7 Maret 2022, dari https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621285

Article Metrics

Abstract Views : 181 | PDF Views : 302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afifah Hasna, Hardi Prasetiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.