Peningkatan kemampuan kognitif pada remaja melalui layanan informasi
Cindy Marisa(1*), Evi Fitriyanti(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldina Ayunda Insani, dkk. (2016). “Berfikir Kritis” Dasar Bidan Dalam Manajemen Asuhan Kebidanan. Prodi S1 Kebidanan FK UNAND, (56), 21–30.
Bayanie, M. (2012). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Konsep Diri dengan Sikap Kreatif. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 155–172.
Benavoli, A., Corani, G., Demsar, J., & Zaffalon, M. (2016). Time for a change: a tutorial for comparing multiple classifiers through Bayesian analysis, 18, 1–36. Retrieved from http://arxiv.org/abs/1606.04316
Desmawati, Farida, & Suri, F. I. (2018). Model ARIAS berbasis TSTS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Desimal: Jurnal Matematika, 1(20), 67.
Destrianti, F., & Harnani, Y. (2018). Studi Kualitatif Pekerja Seks Komersial Di Daerah Jondul Kota Pekanbaru Tahun 2016, 3(2), 302–312.
Fitriyanti, E., Dachmiati, S., & Satrianta, H. (n.d.). Information Services in counseling and locus Of control toward communication between parents and children’s.
Handayani, A. T. (2018). Hubungan Body Image Dan Imaginary Audience Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Sma Panca Budi Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 319–324.
Hasan, Q. A. (2012). Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian, (November), 978–979.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Kurniawati, D., Masykuri, M., & Saputro, S. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing proses sains dan prestasi belajar pada materi pokok hukum dasar kimia siswa kelas X mia 4 sma n 1 karanganyar tahun pelajaran 2014 / 2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1), 88–95.
Kusuma, R., & Ediati, A. (2018). Hubungan Kongruensi Karier Antara Remaja Dan Orangtua Dengan Perencanaan Karier Pada Anak Nelayan Di Kampung Nelayan Kota Tegal. Empati, 7(1), 155–164.
Kusumawardhani, A., Hartati, S., & Imam Setyawan. (2010). Hubungan Kemandirian Dengan Adversity Intelligence Pada Remaja Tuna Daksa Di SLB-D YPAC Surakarta. Proceeding Konferensi Nasional II Ikatan Psikologi Klinis – Himpsi, 252 – 257.
Marisa, C., & Putri, A. M. (2017). The influence of individual counseling in improving learning motivation for students. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 137–144.
Nasution, F. N. (2004). Penggunaan Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavioral Aspect). USU Digital Library, 1–10. Retrieved from http://library.usu.ac.id/download/fe/akuntansi-fahmi2.pdf
Pardede, Y. O. K. (2011). Konsep diri anak jalanan usia remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).
Pertiwi, E., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2017). Hubungan pengetahuan ibu terhadap sikap pencegahan sexual abuse pada anak 3-6 tahun di desa Banjararum Mondoroko Utara Singosari Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan, 2(1).
Peter, R. (n.d.). Peran orangtua dalam krisis remaja, (45), 453–460.
Pradnyadari, N. M. D. S., & Herdiyanto, Y. K. (2018). Dinamika Perencanaan Karir Remaja Perempuan Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(3), 469–485.
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238. Retrieved from http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/view/882
Sakuma, T., & Kartini, E. (2014). Jurnal Sains Materi Indonesia, 15(2), 2012–2015.
Sari, D. L., Widiani, E., & Trishinta, S. M. (2019). Hubungan Pola Pikir Pesimisme Dengan Resiko Depresi Pada Remaja. Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan, 4(1).
Solihin, M.R.D., Anwar.F., Sukandar, D. (2013). Kaitan Antara Status Gizi,Perkembangan Kognitif, Dan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Prasekolah. Penelitian Gizi Dan Makanan, 36(1), 62–72.
Sri, D., & Suharyat, Y. (2011). Hubungan antara ketuntasan belajar pendidikan agama islam dengan kemtangan kognitif siswa, 7(1), 1–13.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2018). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Open-Ended Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa matematis sebagai komponen penge-, 2(2), 183–194.
Wahyuni, S. (2013). Hubungan efikasi diri dan regulasi emosi dengan motivasi berprestasi pada siswa SMK Negeri 1 Samarinda. eJournal Psikologi, 1(1), 88–95.
Wahyuni, S. E., Sudarisman, S., & Karyanto, P. (2013). Pembelajaran Biologi Model POE (Prediction, Observation, Explanation) Melalui Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtuil Ditinjau Dari Akttivitas Belajar dan Kemampuan Berfikir Abstrak. Jurnal Inkuiri, 2(3), 269–278.
Widuri, E. L. (2012). Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Humanitas, IX(2), 147–156. https://doi.org/10.22146/JPSI.6967
Wulandari, N. P. (2018). Korelasi Antara Konsep Diri dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 136–144.
Zubaidi1, Asyhar2, R., & Syamsurizal2. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe. Tekno-Pedagogi, 3(1), 42–49. Retrieved from type of investigation group, creativity, learning outcome.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.32127
Article Metrics
Abstract Views : 825 | PDF Views : 501Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Cindy Marisa, Evi Fitriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |