Mengembangkan kreativitas orangtua dalam membuat permainan ramah lingkungan



Sisca Folastri(1*), Solihatun Solihatun(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kreativitas orang tua sangat berperan dalam menumbuhkembangkan ide kreatif anak dimasa yang akan. Salah satu kreativitas yang bisa dilakukan orang tua untuk menumbuhkembangkan ide kreatif anak yaitu dengan membuat permainan yang ramah lingkungan melalui alat-alat yang terdapat di rumah. Kegiatan ini memberi pengetahuan, wawasan, pemahaman dan keterampilan dalam membuat permainan ramah lingkungan yang nantinya dapat dikembangkan orang tua kepada anaknya. Hasil evaluasi kegiatan yang telah dilakukan terungkap bahwa kegiatan kreativitas ini berhasil dan bermanfaat bagi orangtua dalam mengembangkan ide kreatif yang dimiliki anak dalam membuat permainan ramah lingkungan. Terlihat dari antusias, keikutsertaan serta perhatian orang tua dalam kegiatan pelatihan. Kegiatan pelatihan ini sudah dilakukan di beberapa sekolah PAUD dan TK lainnya dengan permainan yang bervariasi, dan dalam perencanaan akan dilakukan di semua sekolah PAUD dan TK yang ada di Jakarta, sehingga penguasaan dalam menumbuhkembangkan kreativitas dan keterampilan orangtua dalam membuat permainan ramah lingkungan bisa dikembangkan dan ditingkatkan.

Keywords


Kreativitas, Orangtua, Permainan ramah lingkungan

Full Text:

PDF

References


Anak, P., & Dini, U. (2011). Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 2011, 1(1), 91–105.

Bobbi De Porter dan Mike Hernacki (2001). Quantum Teaching. Bandung : Kaifa.

Diana, R. R. (2006). SETIAP ANAK CERDAS! SETIAP ANAK KREATIF! : Menghidupkan Keberbakatan dan Kreativitas Anak. Jurnal Psikologi Undip, 3(2), 123–131. https://doi.org/10.14710/jpu.3.2.123

Eva, O., Eliasa, I., Pd, M., Pengajar, S., Studi, P., Pendidikan, P., … Dini, U. (1988). PENTINGNYA BERMAIN BAGI ANAK USIA DINI Oleh : Eva Imania Eliasa, M.Pd Staf Pengajar Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP UNY.

Gerungan.W.A (1991). Psikologis Sosial. Bandung : Eresto.

Hasanah, U. (n.d.). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini, 717–733.

Holis, A. (2002). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini, 23–37.

Lestari, B. (2012). Upaya Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.21831/jep.v3i1.629

Mardiati Busana, (1995). Upaya Merangsang Kreativitas Anak Berbakat. Cakrawala Pendidikan No. 2 Tahun XIV, Juli 1995, Yogyakarta : Lembaga Pengabdian Masyarakat IKIP Yogyakarta.

Nana Syaodik Sukmadinata (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Prada, B., Kebidanan, J. I., & Juni, E. (2013). Bidan Prada : Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 4 No. 1 Edisi Juni 2013 1, 4(1), 1–14.

Rakhmawati, I. (n.d.). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak, 6(1), 1–18.

Rosda Karya. Reni Akbar Hawadi, R. Sihadi Darmo Wihardjo, Mardi Wiyono, (2001). Kreativitas. Jakarta : Grasindo. Suryana, (2001). Kewirausahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Siti Anisah, A. (2011). Jurnal Pendidikan Universitas Garut Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.

Solihatun, S., Folastri, S., Rangka, I. B., Fitriyanti, E., & Ruth, B. (2018). Effectivity of Mastery Content Services in Counseling to Improved Creativity for Early Childhood Parents at BKB PAUD Al-Fath, 169 (Icece 2017), 29–32. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.8

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Tersedia: Http://akhmadsudrajat. Wordpress. com/2008/09/12/pengertian-Pendekatan-Strategi-Metode-Tekniktaktik-Dan-Model-pembelajaran/.[20 Oktober 2008], (1).

Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2011). Hasil Belajar Kimia Siswa Dengan Model Pembelajaran Metode Think-Pair-Share Dan Metode Ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 244–249.

Utami Munandar, (1999). Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta : PT. Grasindo.

________, (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.32126

Article Metrics

Abstract Views : 123 | PDF Views : 95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sisca Folastri, Solihatun Solihatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.