Peran Konselor Sekolah Dalam Membangun Etika Siswa Generasi Alpha



Dinda Rossa Aldyan Virera(1), Indah Lestari(2), Richma Hidayati(3*), Khusnia Mawadati(4),

(1) Bimbingan dan Konseling, Universitas Muria Kudus
(2) Bimbingan dan Konseling, Universitas Muria Kudus
(3) Bimbingan dan Konseling, Universitas Muria Kudus
(4) bimbingan dan Konseling, Universitas Muria kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Etika adalah aturan perilaku yang berkaitan dengan kesopanan atau etika, sopan santun, moral, dan akhlak mulia, yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai etika tertentu pada diri siswa, yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. . Menjadi bagian penting menempatkan peran konselor sekolah dalam membentuk etika siswa dan cara menghadapinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai panutan dalam pembentukan etika siswa. Salah satu cara untuk membentuk etika siswa adalah dengan menggunakan metode bimbingan kelompok, Bimbingan Kelompok merupakan salah satu teknik bimbingan konseling yang efektif untuk pembentukan etika siswa

Keywords


konselor sekolah; etika; generasi alpha.

Full Text:

PDF

References


Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028

Setyo Widodo, G., & Sita Rofiqoh, K. (2020). PENGEMBANGAN GURU PROFESIONAL MENGHADAPI GENERASI ALPHA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67

Suprihatin, D., Rusmana, N., & Budiman, N. (n.d.). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercises untuk Mengembangkan Resiliensi Siswa The Effectiveness of Group Counseling by using Group Exercises Technique to Develop the Resilience of Student Dewi Suprihatin , Nandang Rusmana , Nandang Bud. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Suroso, A. S., & Salehudin, M. (2021). OPTIMALISASI PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 44–55. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i1.165

Wulandari, M., & Wahyuningsih, R. (2021). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Akhlak Siswa di MAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Rayah Al-Islam, 5(01), 157–163. https://doi.org/10.37274/rais.v5i1.394




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.721254

Article Metrics

Abstract Views : 97 | PDF Views : 63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dinda Rossa Aldyan Virera, Indah Lestari, Richma Hidayati, Khusnia Mawadati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.