Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Antar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 207 Jakarta



Veno Dwi Krisnanda(1*), Suhfi Albab(2), Maydana Izati(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) STKIP Muhammadiyah Sampit
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMP Negeri 207 Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 10, pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui angket yang disebarkan kepada seluruh sampel penelitian. Uji Paired Sample T test menunjukkan angka signifikansi sebesar 0,534, yang berarti hipotesis ditolak, yang berarti pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal antar siswa adalah positif

Keywords


Bimbingan kelompok;Komunikasi Interpersonal;Siswa

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Budiyono, A. (2010). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling . Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Affandi, S., Hadiwinarto, & Mishbahuddin, A. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa di SMPN 17 Kota Bengkulu. Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Agustin, P. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung , 42.

Aldina, F. (2018). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Empty Chair dan Self Talk Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (1985). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, D. T. (2013). Meningkatkan Interaksi Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Akselerasi di SD Hj. Isriani Baiturrahman. Semarang .

Bhakti, S. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gurah Kabupaten Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Dani, E. (2018). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Media Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Kartika Bandar Lampung. Bandar Lampung.

Desti, Ajayanti, H., Syamsuddin & Winda A. (2021) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal SMAN 09 Kota Bengkulu. Jurnal Psikodidaktika.6(1)

Erlangga, E. (2018). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Universitas Semarang.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP. Harapan, E., & Ahmad, S. (2019). Komunikasi Antarpribadi : Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan (3rd Ed.). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hidayat, D. (2012). Komunikasi Antar Pribadi Dan Medianya . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hidayati, N. (2015). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Melalui Teknik Sosiodrama Pada Siswa SMK Perindustrian Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling , 5.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Hutajulu, D. A., Syamsuddin, & Ariani, W. A. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 09 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 192-197. joseph, D. (1997). Komunikasi Antarmanusia . Jakarta: Professional Books.

Leo Iskandar., Giyono & Ratna W. (2015). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas VIII. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 4(3)

Juita, R., Hartuti, P., & Mishbahuddin, A. (2018). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VII 3 SMP Negeri Kota Bengkulu. Onsila Jurnal Ilmiah BK.

Juliawati, D. (2014). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. International Guidance and Counseling Conferrence, At Padang, West Sumatera, Indonesia.

Liliweri, A. (1997). Komunikasi Antar-pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Muslimin. (2016). Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Natar . Skripsi, 35.

Natawidjaja, R. (1988). Pendekatan-Pendekatan Dalam Bimbingan Kelompok 1. Bandung: Abordion.

Oktaviani, V. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal di SMP 25 Kota Jambi. Repository Universitas Jambi.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayitno. (2016). Konseling Propesional Layanan dan Kegiatan Pendukung Yang Berhasil . Padang: Gema Bimbingan.

Raharjo, A. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Brainstorming Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VIII Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Konseling.

Safaria, T. (2005). Interpesonal Intelligence.

Saptono, & Sulasmono, B. S. (2006). Sosiologi. Jakarta: PHIBETA.

Sari, I. Y., Atrup, A., & Septyaputri, N. Y. (2017). Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap komunikasi interpersonal siswa Kelas X SMAN 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Education and Human Development Journal.

Sari, L. L. (2020). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Ix Sma Katolik Ricci Ii.

Jurnal Psikoedukasi.

Sinaga, I. N. (2019). pengaruh layanan bimbingan kelomppok terhadap keterampilan berkomunikasi siswa kelas X Man Kisaran. Universitasn Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K. (2010). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Supratiknya, A. (1995). Komunikasi Antar Pribadi, Tinjauan Psikologis. Jakarta.

Supriatna, M. (2014). Bimbingan Dan Konseling (Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor). Jakarta: Rajawali.

Surya, M. (1998). Dasar-Dasar Konseling Pendidikan (Teori Dan Konsep). Yogyakarta: Kota Kembang.

Tobing, C. M., & Annisa, F. N. (2020). Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMA Budhi Warman II Jakarta. Universitas Indraprsata PGRI Jakarta.

Tohirin. (2007). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah . Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tohirin. (2013). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali.

Widyarto, W. G. (2013). Pengembangan Panduan Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII di SMPN 1 Pakel Tulungagung. Universitas Negeri Malang.

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidika. Yogyakarta: Media Abadi.

Wiyanti, P. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Repository Universitas PGRI Yogyakarta.

Yuliana, A. (2019). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. SMK Miftahul Huda Gubug Purwodadi.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.631243

Article Metrics

Abstract Views : 429 | PDF Views : 242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Veno Dwi Krisnanda, Suhfi Albab, Maydana Izati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.