Self regulation pada masa pandemi covid-19: studi kasus masyarakat berbeda latar belakang pendidikan



Fijriani Fijriani(1), Tanti Ardianti(2*), Hayu Stevani(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan sehubungan dengan Self Regulation individu pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, menganalisis fenomena atau peristiwa, dinamika sosial, sikap, persepsi individu atau suatu kelompok terhadap sesuatu. Karena pada penelitian ini dilaksanakan pada masa pandemi untuk itu tujuan penelitian untuk mengetahui Self Regulation individu selama masa pandemic covid-19 dan berbagai faktor yang mempengaruhi Self Regulation individu tersebut. Self Regulation merupakan proses dalam diri individu yang dapat mengatur dan mengelola pikiran, perasaan, keinginan, dan penetapan tindakan yang akan  dilakukan.


Full Text:

PDF

References


Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi diri (pengaturan diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9454

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146–153.

Husna, A. N., Hidayati, F. N. R., & Ariati, J. (2014). Regulasi Diri Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Psikologi Undip. https://doi.org/10.14710/jpu.13.1.50-63

Isnaini, F. (2017). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kirana, J., Rajagukguk, K. P., Lailan, E., & Lubis, S. (2020). Analisis Dampak Covid-19 Pada Masyarakat. 1, 64–69.

Manab, A. (2016). Memahami Regulasi Diri: Sebuah Tinjauan Konseptual. Seminar ASEAN Psycology & Humanity.

Nazir, Moh. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621224

Article Metrics

Abstract Views : 234 | PDF Views : 121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tanti Ardianti, Fijriani Fijriani, Hayu Stevani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.