Hubungan antara prokrastinasi akademik dengan efikasi diri dan kontrol diri peserta didik SMA di Kabupaten Tulungagung



salsabila pertiwi(1*), Eko Darminto(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prokrastinasi akademik berhubungan secara signifikan dengan efikasi diri dan kontrol diri pada peserta didik di sekolah menengah atas di Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel penelitian terdiri atas sampel sekolah dan sampel peserta didik. Kedua jenis sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Sampel sekolah adalah SMA Negeri di Kabupaten Tulungagung. Jumlah sampel peserta didik berjumlah 286 orang yang dipilih dari ketiga sampel sekolah. Data ke tiga variabel dikumpulkan melalui teknik self report dengan instrumen skala (skala prokrastinasi akademik, skala efikasi diri, skala kontrol diri). Teknik analisis data dilalukan melalui metode statistik dengan menggunakan rumus korelasi ganda. Implikasi dari hasil penelitian ini ialah efikasi diri dan kontrol diri secara bersamasama memiliki hubungan dengan prokrastinasi akademik pada peserta didik yang tergolong kedalam kategori sangat kuat.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Z. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Skripsi : Universitas Islam Negeri SultaN Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 3, 1–9.

Aklima, Y., Supriyanto, A., & Antara, U. (2020). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Muara Batu). Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, 6, 919–927.

Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/10.1037/h0034845

Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-Efficacy: The Exercise of Control. In Journal of Cognitive Psychotherapy (Vol. 13, Issue 2, pp. 158–166). https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158

Basilisa, G., & Pedhu, Y. (2021). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Santo Kristoforus 1 Jakarta. Jurnal Psiko-Edukasi, 19(2), 140–150.

Chisan, F. K., & Jannah, M. (2021). Hubunagn Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5).

Dinata, C. R. H. (2018). Hubungan Efikasi Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Kelas XI Teknik Permesinan SMK Al Huda Kota Kediri. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.

Erdianto, A. A., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI Di SMA X. Penelitian Psikologi.

Ferrari, J. R. (1991). Self-handicapping by procrastinators: Protecting self-esteem, socialesteem, or both? Journal of Research in Personality, 25(3), 245–261. https://doi.org/10.1016/0092-6566(91)90018-L

Hen, M., & Goroshit, M. (2020). The effects of decisional and academic procrastination on students’ feelings toward academic procrastination. Current Psychology, 39(2), 556–563. https://doi.org/10.1007/s12144-017-9777-3

Herawati, M., & Suyahya, I. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Islam Ruhama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2(December). https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.148

Johnson Judith L, M. W. G. F. J. R. (1995). Procrastination and Task Avoidance : Theory, Research, and Treatment.

Lianawati, A. (2019). Program konseling hipotetik untuk mereduksi prokrastinasi akademik mahasiswa program studi bimbingan dan konseling UNIPA Surabaya. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 47–51. https://doi.org/10.30998/teraputik.32124

Muljono, P. (2002). Penyusunan dan Pengembangan Instrumen Penelitian.

Nafeesa. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya, 4(1), 53–67.

Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Prokrastinasi Akademik SiSwa Di SMA Negeri 1 Aramo Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1).

Pandia, E. B. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMK Negeri 1 Percutseituan. Skripsi : Universitas Medan Area.

Pigay, M., & Reba, Y. A. (2021). Hubungan antara gaya mengajar guru dan efikasi diri dengan kedisiplinan siswa SMA di Kota Jayapura. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621185

Article Metrics

Abstract Views : 514 | PDF Views : 1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salsabila Pertiwi, Eko Darminto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.