Hubungan keharmonisan keluarga dengan interaksi sosial pada mahasiswa



Azizah Nurul Isnaini(1*), Titik Haryati(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Menciptakan keharmonisan keluarga menjadi salah satu hal terpenting bagi anggota, pada orangtua maupun anak, keluarga harmonis dapat memberikan suasana keluarga menjadi damai dan tentram bagi anggota keluarga. Salah satu hal penting keharmonisan keluarga dapat membentuk kepribadian pada anak yang lebih percaya diri, kasih sayang dengan teman sebaya serta dapat berinterkasi sosial dengan individu lain. Kajian berikut dilakukan sebagai akibat dari rendahnya tingkat interaksi sosial yang ditimbulkan oleh salah satu komponen yaitu lingkungan keluarga dalam bersosialisasi dan interaksi sosial rendah yang disebabkan karena kurang percaya diri, kurang aktif dalam bersosialisasi, lebih senang menyendiri yang disebabkan oleh ketidakharmonisan keluarga, pada lingkungan kampus mahasiswa perlu membentuk sebuah interaksi yang baik untuk meningkatkan keaktifan dalam lingkungan sosial di kampus seperti mengikuti organisasi, aktif berdiskusi dan bersosialisasi, serta membangun hubungan kerja sama yang baik, hal tersebut tercipta jika individu berada pada keluarga yang membangun keharmonisan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara keharmonisan keluarga dan interaksi sosial pada mahasiswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan Simpel Random Sampling. Pada uji normalitas, peneliti menggunakan metode Kolmogorov-smirnov menghasilkan nilai signifikansi 0,200>0,05 dari hasil tersebut dinyatakan normal sedangkan uji liniearitas menunjukan hasil deviation form linearity 0,322>0,05 dapat disimpulkan bahwa data yang telah diuji bersifat liniear.

Keywords


Guidance and Counseling and Education

Full Text:

PDF

References


BPS. (2019). “Output Tabel Dinamis.” Badan Pusat Statstik 2012.

Husaini, Ahmat, Sri Lestari, and Purwanti. (2019). “Studi Kasus Tentang Siswa Yang Kesulitan Bersosialisasi Dengan Teman Sebaya.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(3):1–8.

Maifiroh, Dini. (2016). “HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI DENGAN PEMILIHAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS VII SMP N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2015/2016.” Universitas PGRI Yogyakarta.

Mawarni. (2017). HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 3 KOTA JAMBI. Universitas Jambi, 0–16. Ni’imah, Nailin. 2018. “PENGARUH KEHARMONISAN DALAM KELUARGA TERHADAP KESEHATAN MENTAL ANAK DI DESA BRAJA SAKTI KECAMATAN WAY JEPARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR.”

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rifai, Abubakar. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka Press.

Sarwono, Sarlito W. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali.

Septianingrum, Hesti. (2014). “Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Interaksi Sosial Teman Sebaya Di SMA Negeri 2 Tambun Selatan.” Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Syamsu. (2012). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zhan, Q., & Wang, Q. (2021). The Development of the College Students’ Experience of Family Harmony Questionnaire (CSEFHQ). Frontiers in Psychology, 12(April), 1– 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.658430




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621143

Article Metrics

Abstract Views : 441 | PDF Views : 328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Azizah Nurul Isnaini, Titik Haryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.