Penggunaan media IT (informasi dan teknologi) dalam meningkatkan antusias siswa untuk mengikuti bimbingan klasikal



Iin Inawati(1*), Supardi Supardi(2),

(1) Unindra
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Layanan bimbingan klasikal adalah salah satu pelayanan dasar konselor untuk melakukan kontak langsung dengan peserta didik dikelas. Pada bimbingan klasikal ini menggunakan berbagai macam alat bantu seperti media cetak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Penggunaan Media IT (Informasi dan Teknologi) Dalam Meningkatkan Antusias Siswa Untuk Mengikuti Bimbingan Klasikal. Hasil akhir penelitian ini yaitu peneliti sudah menemukan hasil yang positif. Hal ini terbukti dengan adanya tanggapan dan antusias siswa terhadap metode yang di aplikasikan dalam mengikuti langkah-langkah dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal. Hasil siklus kedua, pada siswa kelas tepat sasaran. Hal ini di tunjukkan adanya peningkatan antusias siswa dalam mengikuti layanan bimbingan konseling pada siklus 2 ini pun terbilang cukup tinggi. Maka hasil akhir penelitian ini, yaitu Penggunaan media IT (Informasi dan Teknologi) dalam Layanan bimbingan klasikal Untuk Meningkatkan Antusias siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal Kelas X KPU telah tepat sasaran dan berhasil dilaksanakan.


Keywords


Penggunaan Media IT (Information And Teknologi), Meningkatkan Antusias Siswa Untuk Mengikuti Bimbingan Klasikal.

Full Text:

PDF

References


Abi,Nur. (2016).Dapat di lihat di http: ://weleri001.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-itadalah.html.

Abdul gani, ruslan. (2000). Diagnostik kesulitan belajar, remedial, dan. Bimbingan konseling: tidak diterbitkan.

Amti, Erman. (1992). Bimbingan dan konseling. Jakarta : dep.dik.bud: p.t. proyek pembinaan pendidikan.

Atmi, Ermina., & Prayitno. (1994). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdikbud

Azwar, Saiffudin. (1999). Metode Penelitian. Celeban Timur: Pustaka Pelajar

---------. (2013) Skala Pengukuran Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Dirjen diknas, bimbingan dan konseling. (2004): jakarta.

Djumhur i., & moh. Surya. 1975. Bimbingan dan penyuluhan di sekolah.

Eka, S. (2013). Dapat dilihat di laman http://manfaat-it.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-itdalam-dunia-pendidikan.html. di akses pada juni 2013

Gunarsa, S. (1983). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta : Gunung

Mulia, N. M. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya : Unesa University press

Nazir, M. (1983). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Pendidikan

Puspitasari, D. (2007) efektivitas layanan Layanan Bimbingan Klasikal dalam mengatasi Kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Banyubiru Kabupaten Semarang.Program Studi Bimbingan dan Konseling, Salatiga: FKIP – UKSW

Romlah, Tatiek. (2001). Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sumadi, S. (1988). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rajawali

Rosediana. (2016). Dapat dilihat di laman : http://www.rosediana.net/2016/11/15-tandakalau-siswa-menaruh-minat-dan-antusias-pada-pelajaran-kita/.

Winkel, WS. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621111

Article Metrics

Abstract Views : 226 | PDF Views : 167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Iin Inawati, Supardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.