Penggunaan media IT (informasi dan teknologi) dalam meningkatkan antusias siswa untuk mengikuti bimbingan klasikal
Iin Inawati(1*), Supardi Supardi(2),
(1) Unindra
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Layanan bimbingan klasikal adalah salah satu pelayanan dasar konselor untuk melakukan kontak langsung dengan peserta didik dikelas. Pada bimbingan klasikal ini menggunakan berbagai macam alat bantu seperti media cetak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Penggunaan Media IT (Informasi dan Teknologi) Dalam Meningkatkan Antusias Siswa Untuk Mengikuti Bimbingan Klasikal. Hasil akhir penelitian ini yaitu peneliti sudah menemukan hasil yang positif. Hal ini terbukti dengan adanya tanggapan dan antusias siswa terhadap metode yang di aplikasikan dalam mengikuti langkah-langkah dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal. Hasil siklus kedua, pada siswa kelas tepat sasaran. Hal ini di tunjukkan adanya peningkatan antusias siswa dalam mengikuti layanan bimbingan konseling pada siklus 2 ini pun terbilang cukup tinggi. Maka hasil akhir penelitian ini, yaitu Penggunaan media IT (Informasi dan Teknologi) dalam Layanan bimbingan klasikal Untuk Meningkatkan Antusias siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal Kelas X KPU telah tepat sasaran dan berhasil dilaksanakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi,Nur. (2016).Dapat di lihat di http: ://weleri001.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-itadalah.html.
Abdul gani, ruslan. (2000). Diagnostik kesulitan belajar, remedial, dan. Bimbingan konseling: tidak diterbitkan.
Amti, Erman. (1992). Bimbingan dan konseling. Jakarta : dep.dik.bud: p.t. proyek pembinaan pendidikan.
Atmi, Ermina., & Prayitno. (1994). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdikbud
Azwar, Saiffudin. (1999). Metode Penelitian. Celeban Timur: Pustaka Pelajar
---------. (2013) Skala Pengukuran Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Dirjen diknas, bimbingan dan konseling. (2004): jakarta.
Djumhur i., & moh. Surya. 1975. Bimbingan dan penyuluhan di sekolah.
Eka, S. (2013). Dapat dilihat di laman http://manfaat-it.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-itdalam-dunia-pendidikan.html. di akses pada juni 2013
Gunarsa, S. (1983). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta : Gunung
Mulia, N. M. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya : Unesa University press
Nazir, M. (1983). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Pendidikan
Puspitasari, D. (2007) efektivitas layanan Layanan Bimbingan Klasikal dalam mengatasi Kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Banyubiru Kabupaten Semarang.Program Studi Bimbingan dan Konseling, Salatiga: FKIP – UKSW
Romlah, Tatiek. (2001). Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling. Malang: Universitas Negeri Malang
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sumadi, S. (1988). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rajawali
Rosediana. (2016). Dapat dilihat di laman : http://www.rosediana.net/2016/11/15-tandakalau-siswa-menaruh-minat-dan-antusias-pada-pelajaran-kita/.
Winkel, WS. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621111
Article Metrics
Abstract Views : 234 | PDF Views : 173Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Iin Inawati, Supardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |