Teknik Konseling Solat Bahagia untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Mahasiswa



Cici Yulia(1*), Nuraini Nuraini(2), sofwan Adiputra(3),

(1) universitas muhammadiyah.prof.dr. hamka
(2) 
(3) Universitas Muhammadiyah Pringsewu
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas teknik konseling shalat bahagia untuk meningkatkan penerimaan diri (self awareness) klien. Penelitian ini membahas tentang cara Teknik T2Q (tawakal, tuma’ninah, dan Qonaah) di dalam Teknik konseling yang diberikan langsung kepada klien yang sedang memiliki permasalahan terhadap penerimaan dirinya. Metode pelaksanaan terapi shalat Bahagia yang di gunakan adalah SUBHAN TURUT HADIR di MASJID Untuk AKSI SOSIAL yang di adaptasi dari therapi solat Bahagia Prof. Ali Aziz. Adapun teknik pengambilan sampel yang dalam penelitian ini yakni purposive samping yakni pengambilan sampel yang didasarkan oleh suatu alasan tertentu. Peneliti menggunakan metode penelitian Eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-wilcoxon dan Kolmogorov smirnov.

Keywords


Teknik konseling Solat Bahagia, Self Awarness.

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Aziz, A. (2018). 60 Menit Terapi Shalat Bahagia. PT. Duta Aksara Mulia.

Inayah, A., P. R. (2013). No Title. Bimbingan Dan Konseling Islam" Efektivitas Terapi Shalat Bahagia Untuk Mengurangi Problem Yang Tidak Kunjung Selesai, 3, 50–61.

Kafwari, (2018). Nilai Pendidikan dalam Shalat Fardu. Jakarta: Rineka Cipta

Sujiyono, (2019). Pengelolaan Pelaksanaan Sholat Fardu melalui Pendekatan Metode Resitasi pada Pembelajaran PAI. Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi, D. K. (2003). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Syafira, A. R. (2020). Konstruksi Makna Self Acceptance (Studi Fenomenologi mengenai Konstruksi Makna Self Acceptance dalam Membentuk Kepercayaan Diri melalui Insecure Bagi Mahasiswa di. (Online) Universitas Komputer Indonesia.

Ullrich, A. (2009). The relationship of elementary teachers’ years of teaching experience, perceptions of occupational stress, self-acceptance, and challenging student behavior to burnout symptoms in the United States and Germany. Journal The University of North Carolina at Charlotte.

Yusuf, A. . (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.611102

Article Metrics

Abstract Views : 625 | PDF Views : 276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cici Yulia, Nuraini, sofwan adi putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.