Efektifitas Konseling Kelompok Teknik Self Talk Untuk Meregulasi Emosi Remaja SMPN 46 Surabaya



syavira Agustina Widyanti(1*), NAJLATUN NAQIYAH(2),

(1) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
(2) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
(*) Corresponding Author

Abstract


Regulasi emosi merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai seluruh individu, khususnya usia remaja. Pada fase remaja, kemampuan kognitif individu masih dalam tahap perkembangan. Tanpa memiliki kemampuan meregulasi emosi remaja cenderung meledak-ledak dan bersifat agresif ketika menyalurkan emosi negatifnya. Hal tersebut mengakibatkan terhambatnya tugas perkembangan yang dilalui oleh remaja. Salah satu layanan konseling yang dapat digunakan untuk meregulasi emosi remaja adalah teknik self talk. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok teknik self talk untuk meregulasi emosi remaja. Jenis penelitian dalam artikel ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen.  Jenis rancangan yang diterapkan dalam penelitian yaitu pre-experimental design adalah pretest posttes one - group design. Subjek  penelitian merupakan siswa SMP Negeri 46 Surabaya. Setelah dilakukan analisis data, terjadi  peningkatan yang signifikan dari hasil pre-test sebelum pemberian treatment  terhadap hasil post-test setelah diberikannya treatment.  Yang menandakan bahwa terjadi peningkatan keterampilan regulasi emosi remaja setelah mendapatkan perlakuan.

Keywords


self talk; regulasi emosi; konseling kelompok

Full Text:

PDF

References


Annisa, A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Konsep Diri (Penelitian Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Magelang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Astuti, Y. W., Dewi, N. K., & Sumarwoto, V. D. (2018). Pengaruh Peer Group Support Dan Resillience Terhadap Kemampuan Coping Adaptif Siswa Sma. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 27-36.

Ayu Septina, R. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Talk Dan Self Instruction Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas Viii Smp Mutual Kota Magelang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Corey, G. (2022). Theory & Practice Of Counseling & Psychotherapy.

Corey, M. S., Corey, G., & Corey, C. (2016). Groups: Process And Practice.

Cengage Learning. Edmawati, M. D. (2021). Keefektifan Konseling Kelompok Berbasis Kearifan Lokal Tembang Macapat Sinom Untuk Meningkatkan Resiliensi Generasi Milenial. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 143-156.

Estefan, G., & Wijaya, Y. D. (2014). Gambaran Proses Regulasi Emosi Pada Pelaku Self Injury. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(01), 126410.

Gross, J. J., & Thompson, R. A. (2006). Emotion Regulation: Conceptual Foundations. Handbook Of Emotion Regulation.

Hidayatullah, R. M., & Al Aluf, F. N. (2021). Efektivitas Self-Talk Terhadap Pengelolaan Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Covid-19. Psycomedia: Jurnal Psikologi, 1(1), 38- 48.

Laura E. Berk. (2018). [Laura_E._Berk]_Development_Through_The_Lifespan.

Neff, K. D., & Mcgehee, P. (2010). Self-Compassion And Psychological Resilience Among Adolescents And Young Adults. Self And Identity, 9(3), 225–240.

Nisak, C. (2019). Konseling Islam Melalui Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Dalam Regulasi Emosi Pada Santri Madrasah Aliyah Bilingual Di Krian Sidoarjo. Uin Sunan Ampel Surabaya.

Nisfiannoor, M., & Kartika, Y. (2004). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dan Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 2(2), 160-178.

Pearlman, M. Y., Schwalbe, K. D., & Cloitre, M. (2010). Grief In Childhood: Fundamentals Of Treatment In Clinical Practice. American Psychological Association.

Prayitno, P., Afdal, A., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok Yang Berhasil: Dasar Dan Profil.

Purwakania, A. B. (2016). Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia Dari Prakelahiran Hingga Pascakematian. Raja Grafindo Persada.

Putri Limaran Sari. (2017). Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Kepemimpinan Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 11 Semarang.

Reivich, K., & Shatté, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Essential Skills For Overcoming Life’s Inevitable Obstacles. Broadway Books.

Roemer, K. L. G. L. (2008). Multidimensional Assessment Of Emotion Regulation And Dysregulation: Development, Factor Structure, And Initial Validation Of The Difficulties In Emotion Regulation Scale. J Psychopathol Behav Assess, 30, 315.

Santrock, J. W. (2007). Remaja Edisi Kesebelas, Jilid I. Terj. Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.

Sari, S. P., Indasari, M., & Surtiyoni, E. (2020). Konseling Kelompok Singkat Berorientasi Solusi Menggunakan Media Boneka Untuk Mengurangi Agresivitas Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 147-159.

Sugara, G. S. (2013). Terapi Self-Hypnosis Seni Pemogram Ulang Pikiran Bawah Sadar. Jakarata: Pt Indeks.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sumini, S., Saputra, W. N. E., & Suardiman, S. P. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi Untuk Mengembangkan Konsep Diri Akademik Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 97-108.

Syahadat, Y. M. (2013). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Pada Anak. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 19–36.

Wibowo, M. E. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Zorrilla, E. P., Luborsky, L., Mckay, J. R., Rosenthal, R., Houldin, A., Tax, A., Mccorkle, R., Seligman, D. A., & Schmidt, K. (2001). The Relationship Of Depression And Stressors To Immunological Assays: A Meta-Analytic Review. Brain, Behavior, And Immunity, 15(3), 199–226.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.711063

Article Metrics

Abstract Views : 781 | PDF Views : 560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 syavira Agustina Widyanti, NAJLATUN NAQIYAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.