Hubungan antara konsep diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik di SMA Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan



Aldy Rahmat Rosyadi(1*), Najlatun Naqiyah(2), Retno Hariastuti Tri Hariastuti(3),

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


arah dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji korelasi dari konsep diri dengan prokrastinasi akademik, efikasi diri dengan prokrastinasi akademik serta konsep diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini menggunakan korelasi product moment. Subjek dari penelitian ini adalah para peserta didik di SMA Kecamatan Babat Lamongan yang dimana dilakukan dengan cara memberikan instrumen angket, sehingga kemudian di analisis menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan menggunakan uji korelasi momen produk. Dari penelitiannya diperoleh korelasi secara signifikan, Adanya korelasi secara bersamaan, variabel bebasnya konsep diri dan efikasi diri dengan variabel terikatnya prokrastinasi akademik dengan nilai korelasi 1. Apabila melihat nilai korelasinya, maka berada diantara 0,80 – 1,000 yang menyatakan jika korelasi keduanya terikat sangat kuat, berarti semakin baiknya konsep diri dan efikasi diri yang ada di diri siswa maka prokrastinasinya pun dapat dikendalikan.

Keywords


Prokrastinasi Akademik, Konsep Diri, Efikasi Diri.

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. UMM Press.

Apriani, P., Rahman, I. K., & Hamdani, I. (2018). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Atmasari. (2009). Studi Deskriptif Mengenai Konsep Diri Akademik dan Perencanaan Karier Pada Remaja Yang Memiliki Orang Tua Sebagai Tenaga Kerja Indonesia. UNAIR.

Damri, Engkizar, & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-efficacy dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Edukasi, 3(1), 74-75.https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415

Erdianto, A. A., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8).

Fraenkel, J., Wallen, N. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Higher Education.

Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2016). Hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa SMP negeri di kota malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 60-67. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p060

Oktaningrum, A. dan F. H. S. (2019). Efikasi Diri Akademik dan Resiliansi pada Siswa Berasrama di Magelang. Gadjah Mada Journal of Psychology, 4 (2), 127. https://doi.org/10.22146/gamajop.46359

Ramadhani, E., Sadiyah, H., Putri, R. D., & Pohan, R. A. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 45- 51.https://doi.org/10.37064/consilium.v7i1.6448

Ranny, R., AM, R. A., Rianti, E., Amelia, S. H., Novita, M. N. N., & Lestarina, E. (2017). Konsep Diri Remaja dan Peranan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 40-47.

Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stress Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3 (2).

Samaedah, S. (2016). Hubungan Harga Diri dan Konsep Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas III Sekolah Ma'had Al-Muhammadiyah Thailand Selatan. In Skripsi. UINMA.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Kencana.

Sari, D. N. (2013). Hubungan antara stres terhadap guru dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 1 (2), 6.https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i1.3575

Triyono, T., & Khairi, A. M. (2019). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA (Dampak Psikologis dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam). ). JURNAL AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, 19(2), 57-74




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621050

Article Metrics

Abstract Views : 277 | PDF Views : 207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aldy Rahmat Rosyadi, Najlatun Naqiyah, Retno Tri Hariastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.