Profil empati multibudaya pada mahasiswa program Magister studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Pendidikan Indonesia



Andre Julius(1*), Sari Nurlatifah(2), Alfaiz Alfaiz(3), Aisha Nadya(4),

(1) Universitas Ma'soem
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Ma'soem
(4) Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil empati multibudaya pada mahasiswa pascasarjana program studi bimbingan dan konseling di Universitas Pendidikan Indonesia, melibatkan 24 responden mahasiswa semester 1 program magister program studi bimbingan dan konseling di Universitas Pendidikan Indonesia tahun ajaran 2021-2022. empati adalah prasyarat untuk keefektifan proses konseling secara keseluruhan sehingga riset ini penting dilakukan apalagi empati multibudaya sangat sesuai dengan kondisi kebhinekanaan di Indonesia, tidak jarang variabilitas budaya menjadi isu dalam keefektifan proses konseling karena konseli-konselor membawa budaya yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif kuantitatif, menggunakan Skala Empati Budaya (SEB) dengan sampel 24 mahasiswa diambil secara purposive sampling. Temuan riset yang dianalisis melalui analisis deskriptif menunjukan bahwa profil empati multibudaya mahasiswa pascasarjana program studi bimbingan dan konseling berada pada tingkat sangat tinggi berada pada angka diatas 4, sejalan dengan asumsi penelitian bahwa mahasiswa pascasarjana telah menyelesaikan studi dan setidaknya sudah memiliki pemahaman pada proses konseling yang penuh empatik dan menghormati keragaman budaya konseli


Keywords


Empati, Multibudaya, Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Alfaiz, A., Hidayah, N., Hambali, I. M., & Radjah, C. (2019a). Human Agency as a Self-Cognition of Human Autonomous Learning: A Synthesized Practical of Agentic Approach. Journal of Social Studies Education Research, 10(4), 370-391. https://jsser.org/index.php/jsser/article/view/1370.

Alfaiz., Hidayat, H., Yandri, H., Sari, ATL., Sendayu, FS., Suarja, S., & Arjoni. (2021). Identification of Perceived Self-Efficacy to Predict Student’s Awareness in Career Readiness. Islamic Guidance and Counseling Journal. 4(1). https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.933

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action. Englewood Cliffs, NJ, 1986(23-28). Google Scholar

Budiman, N. (2016). Modul Bimbingan dan Konseling Multibudaya (Bahan Ajar Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Multibudaya). Bandung: Departmen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.

Creswell. (2008). Educational Research; Planning, Conductiong, and Evaluating

Quantitative and Qualitative Research. USA: Pearson Education, Inc

Cameron, C.D., Scheffer, J.A., Hadjiandreou, E., Hutcherson, C.A., Ferguson, A.M., Inzlicht, M. (2019). Empathy Is Hard Work: People Choose to Avoid Empathy Because of Its Cognitive Costs. Journal of Experimental Psychology: General. DOI: http://dx.doi.org/10.1037/xge0000595

Fahriza, I., Karima, Y, Rayaginansih, F & Julius, A. (2021). Guidance and Counseling Program (Focusing on Personal-Social) to Improve Student Resilience of Class X Students of Vocational School. Quanta Journal. 5(2). DOI: 10.22460/q.v2i1p21-30.642

Garcia, J., Bardhoshi, G., Siblo, M., Steen S., & Haase, E. (2013). Enchancing Multicultural Empathy in the Classroom and Beyond: A Proposed Model for Training Beginner Counselors. VISITAS. [Online]

Gustini, N. (2017). Empati Kultural pada Mahasiswa. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling. 1 (1), hlm. 17-34

Hastiani., Ramli, M., Saputra, R., Alfaiz., Suarja, S., Mulyani, RR., & Aulia, R. (2020). Saprahan as Indigenous Value to Maintain Self-Identity of Adolescents in Pontianak Region. Acta Counseling and Humanities. 1(1).

Hogan, M. (2013). Four Skills of Cultural Diversity Competence. Fourth Edition. Brook & Cole

Julius, A., Fahriza, I., & Wulandari, P. (2020). Digital Literacy as a School Counselor Competence in the Development of Media in Guidance Service. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. 5(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/10106

Furqon. (2009). Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Malikiosi L.M. (2008). The Multicultural Dimention of Empathy. Psychology: The Journal of The Hellenic Psychologicak, 15 (1), hlm.1-15

Marjo, K. (2015). Kondisi Empati Dasar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Se-DKI Jakarta. Psiko Edukasi, 13 (2). http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1560

Meichenbaum, D. (1979). Cognitive-Behavior Modification; An Integrative Approach. Springer Science+Business Media.

Peraturan Menteri Pendidikkan Nasional Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Permadi, H. S., Justitia, D., & Marjo, H. K. (2015). Profil Empati Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas di DKI Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/2123/1662

Sharf, R. (2012). Theories of Psychotherapy and Counseling. 5th Edition. Brooks/Cole. Belmont USA.

Supriatna, M. (2009). Bimbingan dan Konseling Lintas Budaya (Materi PLPG Sertifikasi Guru). Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Yuzarion, Y., Alfaiz, A., Kardo, R., & Dahen, L.D. (2017). Condition of perceived self-efficacy as a predictive of student readiness in college tasks. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 105–112. DOI: https://doi.org/10.26539/1221




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.611048

Article Metrics

Abstract Views : 336 | PDF Views : 228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andre Julius, Sari Nurlatifah, Alfaiz Alfaiz, Aisha Nadya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.