Penggunaan konseling kelompok solution-focused brief therapy untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas X SMA
Dewinta Ayu Pratiwi(1*), Cindy Asli Pravesti(2),
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian dilakukan sesuai kondisi di lapangan, jika didapati siswa memiliki resiliensi akademik rendah. Tujuan penelitiannya agar memahami penggunaan konseling kelompok solution-focused brief therapy dalam peningkatan resiliensi akademik siswa. Penelitian termasuk pendekatan kuantitatif dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan yakni menggunakan angket resiliensi akademik. Pemilihan sampel dilaksanakan menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 10 murid, terdiri atas 5 murid kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 5 murid kelas X IPA 2 sebagai kelompok kontrol, memiliki tingkat resiliensi akademik rendah. Analisis data melalui uji Mann-Whitney dibantu SPSS for Windows 26,0. Hasil uji Mann-Whitney menyatakan bahwa Asymp Sig.(2-tailed) nilai 0,009 lebih kecil dari ≤ 0,05. Dengan artian ada pembeda dari hasil resiliensi akademik siswa pada pre test dan post test. Kata Kunci: Konseling Singkat Berfokus Solusi, Resiliens
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Boatman, M. (2014). Accademically Resilient Miniority Doctoral Students Who Experienced Proverty and Parental Substance Abuse. http:/scholarworks.waldenu.edu/dissertations.
Bobey, M. (2014). Resilience: The Ability to Bounce Back from Adversity. American of Pediatric. http://www.Crhahealth.ab.ca/clin/womwn 102
Capuzzi, D., & Stauffer, M. D. (2016). Counseling and Psychotherapy: Theories and Interventions. John Wiley & Sons.
Cassidy, S. (2016). Resilience Building in Students: the Role of Academic Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 6, 1-14.
Erford, B.T. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hendriani, W. (2016). Resiliensi Akademik Mahasiswa Doktoral. Laporan Penelitian. Surabaya: Universitas Airlangga.
Irwan & Indraddin. (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Mappiare, A. (2016). Kamus Istilah Konseling dan Terapi. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Nugroho, A. H., Puspita, D. A., & Mulawarman, M. (2018). Penerapan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(1), 93-99. https://dx.doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p93-99
Palmer, S. (2011). Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pravesti, C. A. (2015). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621032
Article Metrics
Abstract Views : 408 | PDF Views : 242Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dewinta Ayu Pratiwi, Cindy Asli Pravesti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |