Penggunaan konseling kelompok solution-focused brief therapy untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa kelas X SMA



Dewinta Ayu Pratiwi(1*), Cindy Asli Pravesti(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilakukan sesuai kondisi di lapangan, jika didapati siswa memiliki resiliensi akademik rendah. Tujuan penelitiannya agar memahami penggunaan konseling kelompok solution-focused brief therapy dalam peningkatan resiliensi akademik siswa. Penelitian termasuk pendekatan kuantitatif dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan yakni menggunakan angket resiliensi akademik. Pemilihan sampel dilaksanakan menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 10 murid, terdiri atas 5 murid kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 5 murid kelas X IPA 2 sebagai kelompok kontrol, memiliki tingkat resiliensi akademik rendah. Analisis data melalui uji Mann-Whitney dibantu SPSS for Windows 26,0. Hasil uji Mann-Whitney menyatakan bahwa Asymp Sig.(2-tailed) nilai 0,009 lebih kecil dari ≤ 0,05. Dengan artian ada pembeda dari hasil resiliensi akademik siswa pada pre test dan post test. Kata Kunci: Konseling Singkat Berfokus Solusi, Resiliens


Keywords


Konseling Singkat Berfokus Solusi, Resiliensi

Full Text:

PDF

References


Boatman, M. (2014). Accademically Resilient Miniority Doctoral Students Who Experienced Proverty and Parental Substance Abuse. http:/scholarworks.waldenu.edu/dissertations.

Bobey, M. (2014). Resilience: The Ability to Bounce Back from Adversity. American of Pediatric. http://www.Crhahealth.ab.ca/clin/womwn 102

Capuzzi, D., & Stauffer, M. D. (2016). Counseling and Psychotherapy: Theories and Interventions. John Wiley & Sons.

Cassidy, S. (2016). Resilience Building in Students: the Role of Academic Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 6, 1-14.

Erford, B.T. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendriani, W. (2016). Resiliensi Akademik Mahasiswa Doktoral. Laporan Penelitian. Surabaya: Universitas Airlangga.

Irwan & Indraddin. (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mappiare, A. (2016). Kamus Istilah Konseling dan Terapi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Nugroho, A. H., Puspita, D. A., & Mulawarman, M. (2018). Penerapan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(1), 93-99. https://dx.doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p93-99

Palmer, S. (2011). Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pravesti, C. A. (2015). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.621032

Article Metrics

Abstract Views : 375 | PDF Views : 217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dewinta Ayu Pratiwi, Cindy Asli Pravesti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.