Perkembangan Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Era Pandemi Covid-19



Julhadi Julhadi(1*), Herdi Herdi(2),

(1) Universitas Negeri Jakarta ( UNJ )
(2) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi yang melanda dunia telah mengejutkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk Indonesia sendiri. Setiap negara perlu lebih kreatif dan aktif dalam kehidupan sosial, pendidikan, bisnis, komunikasi, informasi, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis evolusi pembinaan dan konsultasi manajemen di era pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem literatur review (SLR). Sumber literatur didapat dari database Google Scholar. Temuan penelitian ini antara lain: Perkembangan pendidikan di bidang konseling dan pendampingan sudah mulai berkembang dengan penerapan konseling online (konseling berbasis dunia maya). Kelebihan dari Cyber counseling adalah pengoperasian website sangat mudah dan sederhana, tidak perlu registrasi untuk melakukan video call, dapat digunakan untuk video call ke luar negeri (tidak dibatasi jarak), kualitas suara yang bagus dan video visual, Anda dapat merekam serta proses konsultasi dan melewati email yang dikirim secara otomatis. Kekurangannya memerlukan keahlian khusus untuk melakukan analisis data, membutuhkan koneksi internet yang baik, dan membutuhkan perhatian orang tua

 


Keywords


Perkembangan, Manajemen Bimbingan dan Konseling, Pandemi

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Adib, Hamdan. (2021). Problematika Penggunaan Gadget dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 (Dampak dan Solusi bagi Kesehatan Siswa). Asatiza: Jurnal Pendidikan. Vol 2.

Amri, M, dkk (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 2.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 7.

Herliandry, L. D., dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 2.

Kartadinata, S. (2007). Teori Bimbingan Konseling. Jurnal: Seri Landasan dan Teori Bimbingan Konseling.

Khoerunnisa, N, dkk (2022). Manajemen Bimbingan dan Konseling Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Kurniawan, N. (2020). Pendidikan Profesionalitas Konselor selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 di Berbagai Setting.

Mayangsari, M. A, (2021), Implementasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi.

Maria, I., & Novianti, R. (2020). Efek Penggunaan Gadget pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education Vol 3.

Mufidah, E. F., & Atikah, J. F. (2020). Layanan Bimbingan Dan Konseling Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal: Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2020.

Mufidah, E. F, (2021), Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Konselor Sebaya dalam Keterbatasan Waktu Konselor Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Era Pandemi Covid 19. Vol 4.

Murniasih, S, (2021). Bimbingan Teman Sebaya Dalam Layanan Bimbingan Konseling Untuk Memotivasi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berbasis Whatsapp Grup. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol 5.

Najwa, (2021). Pola Asuh Orangtua dalam Mengantisipasi Dampak Penggunaan Gadget di Masa Pandemi Covid-19. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol 5.

Nursalim, M. (2021). Penguatan Inovasi Layanan Bk Saat Dan Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling.

Putra ap. (2020). Inovasi layanan bimbingan dan konseling di pada pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik).

Putri, R., dkk (2021). Identifikasi Hambatan Belajar Mahasiswa Universitas Sriwijaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran Vol 7.

Sari, S. P. dkk (2020). Penerapan Prinsip Pendidikan Dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling Di Era Kenormalan Baru. Jurnal WKM Ilmu Kependidikan Vol 5.

Wardani, A & Ayriza , Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5.

Warkintin & Mulyadi, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan

Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015).. Manajemen Bimbingan Dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang Vol 1.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.611025

Article Metrics

Abstract Views : 441 | PDF Views : 295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jul Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.