Nilai-Nilai Pedagogik Pada Pendidikan Profesi Konselor dalam Upaya Membangun Dinamika BMB3 (Berpikir, Merasa, Bersikap, Bertindak, Bertanggungjawab)
Devi Ratnasari(1), Syska Purnama Sari(2*), Agus Taufiq(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesia)References
Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20.
Anidar, J. (2016). Model Pengembangan Karakter-Cerdas Mahasiswa Melalui Infusi dalam Pembelajaran Psikologi Belajar Di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN IB Padang. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 2(1), 13–29.
Azizah, N. (2019). Efektivitas Teknik Reinforcement dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ferdiansa, G., & Karneli, Y. (2021). Konseling Individu Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 847–853.
Kumala, M., Nurlaili, I. R., & Dewi, N. K. (2017). Urgensi peran konselor dalam mengatasi masalah-masalah sosial anak. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 159–169.
Prayitno. (2009). Wawasan profesional konseling. Padang: UNP Press
Prayitno. (2018). Konseling Profesional yang Berhasil. Depok: Rajawali Press
Prayitno, P., Afdal, A., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil: Dasar dan Profil.
Purwanti, W., Firman, F., & Sano, A. (2013). Hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat siswa untuk mengikuti konseling perorangan. Konselor, 2(1).
Ratnasari, D., & Karneli, Y. (2020). Penggunaan Kombinasi Teknik †œReframing†dan †œSelf Reward†dalam Konseling Perorangan (Studi kasus pada klien dengan nenek penderita Alzheimer). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 62–70.
Sari, A. K., & Prayitno, Y. K. (2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling Di Sekolah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(1), 36–49.
Syukur, Y., & ZAHRI, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IRDH Book Publisher.
Van Helen, J., Marjohan, M., & Alizamar, A. (2019). Bimbingan Kelompok Pola BMB3 untuk Peningkatan Pengendalian Diri Korban Bencana dalam Mengatasi PTSD. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 57–62.
Wardhani, N. S., Farida, E., & Yudha, E. S. (2019). Profil kompetensi pedagogik dan profesional guru bimbingan dan konseling SMA di Kota Bandung. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 147–154.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.611007
Article Metrics
Abstract Views : 658 | PDF Views : 935Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Devi Ratnasari, Syska Purnama Sari & Agus Taufiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |