Nilai-Nilai Pedagogik Pada Pendidikan Profesi Konselor dalam Upaya Membangun Dinamika BMB3 (Berpikir, Merasa, Bersikap, Bertindak, Bertanggungjawab)



Devi Ratnasari(1), Syska Purnama Sari(2*), Agus Taufiq(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan membahas dan mengkaji nilai-nilai pedagogik pada pendidikan profesi konselor (PPK) dalam upaya membangun dinamika berpikir, merasa, bersikap, bertindak, dan bertanggungjawab (BMB3). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam tulisan ini yaitu kualitatif dengan metode studi literatur. Literatur yang digunakan meliputi buku, artikel jurnal, dan dokumen lainnya yang dapat memberikan kontribusi pembahasan. Simpulan yang dirumuskan pada tulisan ini yaitu nilai-nilai pedagogik pada Pendidikan Profesi Konselor (PPK) dalam upaya membangun dinamika BMB3 meliputi nilai altruisme, nilai penguasaan keterampilan konseling, nilai kebersamaan, dan nilai kesopanan. Hasil penulisan artikel ini berimplikasi pada; (1) Pengembangan konsep dan kajian nilai-nilai pedagogik pada pendidikan profesi konselor (PPK) dalam upaya membangun BMB3, (2) Pengembangan strategi pembelajaran kreatif (yang dirumuskan penulis) dalam menanamkan nilai-nilai pedagogik pada pendidikan profesi konselor dalam rangka membangun dinamika BMB3 melalui penghadiran role model dan pelibatan kearifan lokal.

Keywords


Nilai-Nilai Pedagogik. Pendidikan Profesi Konselor, Dinamika BMB3

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20.

Anidar, J. (2016). Model Pengembangan Karakter-Cerdas Mahasiswa Melalui Infusi dalam Pembelajaran Psikologi Belajar Di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN IB Padang. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 2(1), 13–29.

Azizah, N. (2019). Efektivitas Teknik Reinforcement dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ferdiansa, G., & Karneli, Y. (2021). Konseling Individu Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 847–853.

Kumala, M., Nurlaili, I. R., & Dewi, N. K. (2017). Urgensi peran konselor dalam mengatasi masalah-masalah sosial anak. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 159–169.

Prayitno. (2009). Wawasan profesional konseling. Padang: UNP Press

Prayitno. (2018). Konseling Profesional yang Berhasil. Depok: Rajawali Press

Prayitno, P., Afdal, A., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil: Dasar dan Profil.

Purwanti, W., Firman, F., & Sano, A. (2013). Hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat siswa untuk mengikuti konseling perorangan. Konselor, 2(1).

Ratnasari, D., & Karneli, Y. (2020). Penggunaan Kombinasi Teknik †œReframing†dan †œSelf Reward†dalam Konseling Perorangan (Studi kasus pada klien dengan nenek penderita Alzheimer). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 62–70.

Sari, A. K., & Prayitno, Y. K. (2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling Di Sekolah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(1), 36–49.

Syukur, Y., & ZAHRI, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IRDH Book Publisher.

Van Helen, J., Marjohan, M., & Alizamar, A. (2019). Bimbingan Kelompok Pola BMB3 untuk Peningkatan Pengendalian Diri Korban Bencana dalam Mengatasi PTSD. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 57–62.

Wardhani, N. S., Farida, E., & Yudha, E. S. (2019). Profil kompetensi pedagogik dan profesional guru bimbingan dan konseling SMA di Kota Bandung. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 147–154.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.611007

Article Metrics

Abstract Views : 464 | PDF Views : 753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Devi Ratnasari, Syska Purnama Sari & Agus Taufiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.