Penggunaan teknologi di era pandemi Covid-19: A systematic literatur review



Julhadi Julhadi(1*), Herdi Herdi(2),

(1) Universitas Negeri Jakarta ( UNJ )
(2) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi di era sekarang ini menjadi salah satu faktor berkembangnya kehidupan. Seperti halnya sekarang ini ketika pandemi melanda dunia, teknologi menjadi nyawa bagi kehidupan manusia baik di bidang pendidikan, usaha, perdagangan, bisnis dan lain-lain. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana perkembangan teknologi pada era pandemi ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem literatur review (SLR). Sumber literatur didapat dari database Google Scholar dalam jurnal di Indonesia. Subjek dari penelitian ini adalah jurnal-jurnal yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil dari penelitian ini antara lain: teknologi dapat membantu keberlangsungan kehidupan manusia di era sekarang ini yaitu era pandemi dengan memaksimalkan media sosial di segala aspek baik pendidikan, perdagangan, usaha, bisnis mapun yang lain-lain. Namun masih ada kekurangannya yaitu keterbatasan jaringan yang ada di masing-masing daerah sehingga tidak media sosial tidak dapat berfungsi. Dari segi bidang usaha baik itu pedagang ataupun yang lain media sosial sangat membantu sekali pada zaman sekarang ini, banyak media yang dapat digunakan untuk untuk menunjang keberhasilan usaha mereka. Namun ada beberapa kekurangananya yaitu kekurangan keterampilan masyarakat dalam mengefesienkan fungsi media sosial sehingga tidak dapat menggunakan menggunakan media sosial dengan sebaik-baik mungkin.

Keywords


Teknologi, Pandemi, Covid-19

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Astini. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu Stkip Agama Hindu Amlapura Vol. 11(2).

Atsani. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam Vol 1(1).

Diana, V.(2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang.

Dwi C dkk. (2020). Maha Guru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Trunojoyo Madura.

Handika, M., & Marjo, H., K. (2022). Etika Pelaksanaan Konseling Berbasis Online dengan Pemanfaatan Media dan Teknologi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.Vol. 9(1).

Komalasari. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 7 (1).

Latip. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 1. (2).

Lestari. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2. (2).

Putri dkk. (2021). Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal ICT : Information Communication & Technology Vol 20 (1).54.

Reba, Y., A. & Pristanti, N., A. (2021). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Daxlam Bimbingan Dan Konseling. Banjaran: CV Eureka Media Aksara.

Rosmadi. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4. (1).

Setiawan, M. Andi. (2016). Peranan Teknologi Informasi Dalam Bimbingan Dan Konseling. Bitnet Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol.1. (1).

Sihotang. (2020). Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol 1,(2), 64-66.

Sumarwiyah & Zamroni, Edris. (2006). Pemanfaatan Tekonologi Informasi (TI) Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Sebagai Representasi Berkembangnya Budaya Profesional Konselor Dalam Melayani Siswa. Jurnal: Prodi Bimbingan Konseling FKIP Uniska Muhammad Arsyad Al-Banjari. 2.(1).

Tirtayasa. (2021). Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dimoderasi Teknologi pada masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Vol. 22.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.611003

Article Metrics

Abstract Views : 2416 | PDF Views : 867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Julhadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.