Tingkat Sikap Disiplin Peserta Didik Pada Masa Pandemi Ditinjau Dari Jenis Kelamin



Misnawati Misnawati(1*), Nandang Rusmana(2), Eka Sakti Yudha(3),

(1) Universitan Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya sikap disiplin siswa selama pelaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemic covid 19. Berbagai fenomena dan dinamika setelah delapan belas bulan melaksanakan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terjadi rasa bosan untuk belajar, ancaman putus sekolah, ancaman lose learning, terganggunya kondisi psikologis pada peserta didik sehingga berpengaruh pada rendahnya sikap disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat sikap disiplin peserta didik dan menguji apakah terdapat perbedaan antara sikap disiplin peserta didik laki-laki dan perempuan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 87 peserta didik laki-laki dan 110 peserta didik perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen sikap disiplin. Analisis data menggunakan analisis deskriftip dan uji t independen samples menggunakan aplikasi JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat sikap disiplin berada pada kategori sangat tinggi dan terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap disiplin peserta didik laki-laki-laki dan perempuan.

Keywords


Disiplin, Jenis Kelamain, Sekolah Dasar, Covid 19.

References


Amalia, D. Irna, Aviani, Y. I. (2018). Hubungan antara grit dan prestasi akademik pada mahasiswa bidikmisi. Jurnal Riset Psikologi.

Bond, T., Yan, Z., & Heene, M. (2015). Applying the Rasch model: Fundamental measurement in the human sciences. Routledge.

Dian, N. K. (2013). Perbedaan Sikap Disiplin Berlalu Lintas Ditinjau Dari Kelamin Dari Jenis Kelamin. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Evanny Edlye Widjaja. (2017). Korelasi Antara Grit dan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XII IPA di SMA Santa Maria 1 Kota Cirebon. Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Maranatha.

Fitaloka, N., Akbar, D. S., & Hadian, R. (2020). Hubungan Perilaku Prososial dengan Grit (Kegigihan ) pada Volunteer Yayasan Pemuda Peduli di Kota Bandung. Prosiding Psikologi.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung.

Julian, F., Espinach, X., Alcalà, M., & Delgado-Aguilar, M. (2016). Creativity As Educational Methodology In Project Design Disciplines. https://doi.org/10.21125/iceri.2016.0855

Kemendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018. In Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik di sekolah. Remaja Rosdakarya.

KPAI. (2020). Laporan Survei Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Sistem Penilaian Jarak Jauh berbasis Pengaduan KPAI.

Lickona, T. (2012). Character Matter. Bumi Aksara.

Moemsasiati, I. (2001). Sikap Karyawan Terhadap Seks Bebas Ditinjau dari Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin. Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.

Nafi’atul Badi’ah. (2021). Peran Grit pada Subjective Well-Being Siswa Madrasah Aliyah di Pesantren. Indonesian Psychological Research. https://doi.org/10.29080/ipr.v3i1.398

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.

Pratiwi, F., Hidayah, A. N., Khairani, N., & Jannah, S. N. (2018). Pendidikan Anak Menurut Zakiah Daradjat. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i1.4505

Sari, R. P., Andayani, T. R., & Masykur, A. M. (2010). Pengungkapan diri mahasiswa tahun pertama universitas diponegoro ditinjau dari jenis kelamin dan harga diri. Jurnal Psikologi Undip, 3(2), 126672.

Septania, S., & Khairani, K. (2019). Pengaruh GRIT dan Gender dalam Pegambilan Keputusan Karir Mahasiswa. TAJDID : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Ushuluddin. https://doi.org/10.15548/tajdid.v22i1.279

Sudijono, A. (2021). Pengantar statistik pendidikan.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi model Rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial (edisi revisi). Trim Komunikata Publishing House.

Wahidah, F. R., & Royanto, L. R. M. (2019a). Peran Kegigihan dalam Hubungan Growth Mindset dan School Well-Being Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Psikologi TALENTA. https://doi.org/10.26858/talenta.v4i2.7618

Wahidah, F. R., & Royanto, L. R. M. (2019b). Peran Kegigihan dalam Hubungan Growth Mindset dan School Well-Being Sekolah Menengah. Jurnal Psikologi TALENTA. https://doi.org/10.26858/talenta.v4i2.7618

WHO. (2020). Mental Health and Psychosocial Considerations During COVID-19 Outbreak. In World Health Organization (Issue January).




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.41926

Article Metrics

Abstract Views : 353 | PDF Views : 239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Misnawati Misnawati, Nandang Rusmana, Eka Sakti Yudha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats