Analisis Rasch: Kemampuan Komunikasi Remaja Ditinjau dari Gender



Solihatun Solihatun(1), Evi Fitriyanti(2), Sisca Folastri(3*),

(1) (SCOPUS ID: 57207963168) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kemampuan komunikasi remaja binaan rumah literasi berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah remaja binaan rumah literasi yang berjumlah 46 remaja yang terdiri dari remaja perempuan berjumlah 34 orang dan laki-aki sebanyak 12 orang. Adapun instrumen yang digunakan adalah instrumen kemampuan komunikasi sebanyak 39 item. Data dianalisis menggunakan pemodelan Rasch dengan program Winstep 4.0. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan komunikasi remaja laki-laki binaan rumah literasi lebih bagus dibanding kemampuan komunikasi remaja perempuan. Implikasi penelitian ini adalah perlunya untuk menumbuhkembangkan dan peningkatan kemampuan komunikasi remaja binaan rumah literasi. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi data awal untuk menentukan jenis layanan, untuk memecahkan masalah komunikasi, dan membuat program bimbingan dan konseling sesuai dengan kebutuhan remaja binaan rumah literasi

Keywords


Komunikasi, Remaja, Rasch model

References


Alagumalai, S., Curtis, D. D., & Hungi, N. (2005). a Pplied Rasch Measurement : a Book of Exemplars Education in the Asia-Pacific Region : Issues , Concerns and Prospects. Netherlands: Springer.

Ali, M., & Asrori, M. (2004). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik.

Bandura, A., 1977, Social learning Theory, New Jersey: Prentice Hall Inc.

Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the Rasch Model, Fundamentals Measurement in the Human Science (3rd edition). New York: Routledge.

Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dinihari, Y., A’ini, Z. F., & Solihatun, S. (2019). Pemberdayaan Kader Posyandu Melalui Penerapan Metode Konseling Gizi Dan Komunikasi Efektif Pada Kader Posyandu Kelurhan Pademangan Barat Jakarta Utara. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39–45.

DiStefano, C., Greer, F. W., Kamphaus, R. W., & Brown, W. H. (2014). Using rasch rating scale methodology to examine a behavioral screener for preschoolers at risk. Journal of Early Intervention, 36 (3), 192-211.

Folastri, S., Rangka, I. B., & Ifdil, I. (2018). Student’s Self-concept Profile Based on Gender: a Rasch Analysis.

Gray, John. 1997. Men Are From mars, Women Are From Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hartley, Peter. 1999. Interpersonal Communication; Second Edition. London, Routledge.

Heider, F., 1958. The Psychology of Interpersonal Relations. New York: John Wilwy & Sons, Inc.

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Kencana.

Jalil, A. (2018). Gender Dalam Persfektif Budaya Dan Bahasa. AL-MAIYYAH: Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(2), 278-300.

Kesumadewi, E. S. (2018). Perbedaan Model Komunikasi Kepala Sekolah Menurut Persepsi Siswa Ditinjau dari Perspektif Gender. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Jakarta, 9(2), 75-84.

Krech, D., Crutchfield, R, S., & Ballachey, E.L., 1962, Individual in Society: Mc Graw-Hill Inc.

Leistari, E. (2015). Perilaku komunikasi remaja santri di pondok pesantren al-falah.

Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan diri dalam peningkatan keterampilan komunikasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 1-20.

Mulyana, D. (2000). Pengantar ilmu komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Melalui Metode Presentasi Dan Role Playing Miss Universe ASEAN (Studi Kasus Materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9(02), 23-30.

Purba, B., Banjarnahor, A. R., Kurniullah, A. Z., Handiman, U. T., Setiawan, Y. B., Hastuti, P., ... & Jamaludin, J. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yayasan Kita Menulis.

Purnamaningsih, E. H. (2003). Kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi interpersonal pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 30(2), 67-71.

R. J. Wirth, C. R. Houts, and L. S. Deal, “Rasch Modeling with Small Samples : A Review of the Literature have recently advocated for an early-stage quantitative analysis , using a small additional sample , during the scale items which may not appear problematic from qualitative results 2 ) Avoid,” Vector Psychometrics Group. ISPOR, p. 2, 2016.

Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Sari, H. (2017). Peningkatan Konsep Diri Mahasiswa melalui Komunikasi Interpersonal Pembimbing Akademik. NUKHBATUL'ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 3(1), 34-41.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. Aplikasi Pemodelan Rasch untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Cimahi, Indonesia: Trim Komunikata Publishing House, 2014.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Bandung: Trim Komunikata.

Syahputra, Y., Sandjaja, S. S., Afdal, A., & Ardi, Z. (2019). Development aninventory of homosexuality and transgender exposure (IHTE): A Rasch analysis. Konselor, 8(4), 120–133.

T. G. Bond and C. M. Fox, Applying the Rasch model : fundamental measurement in the human sciences, Third. New York, USA: Routledge, 2015.

Tannen, deborah. 1991. You Just Don’t Understand: Women and Men in Conversation. New York: Ballantine Books.

Widya, K. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja Panti Asuhan Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 3(2), 50-56.




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.41900

Article Metrics

Abstract Views : 472 | PDF Views : 648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Solihatun Solihatun, Evi Fitriyanti, Sisca Folastri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats