Kejenuhan Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Self Efficacy dan Regulasi Emosi



Nindya Ayu Pristanti(1*), Rizki Ananda Syafitri(2), Yansen Alberth Reba(3),

(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan mengenai perkembangan individu yang masih sering di bahas ialah mengenai perkembangan kognitif manusia. Salah satu aktifitas yang melibatkan kognitif manusia ialah belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi self efficacy dan regulasi emosi terhadap kejenuhan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional dengan populasi sebanyak 153 orang  mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FIP UNIMED yang terdaftar pada Agustus-Desember 2021 dan sampel penelitian sebanyak 111 orang siswa dan ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Alat ukur pada penelitian ini berupa instrumen self efficacy, instrument regulasi emosi dan instrumen kejenuhan belajar dengan menggunakan skala model Likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa semakin tinggi self efficacy pada diri mahasiswa akan mampu mengurangi kejenuhan belajar, selain itu rendahnya regulasi emosi negatif pada diri mahasiswa akan mampu mengatasi kejenuhan belajar pada mahasiswa.  


Keywords


Self Efficacy, Regulasi Emosi, dan Kejenuhan Belajar

References


Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aldi, A. H. (2020). Kontribusi antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial terhadap presentasi diri pada peserta duta FKIP ULM tahun 2018. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 3(2).132-138.

Andriansyah, H., & Sahrah, A. (2014). Hubungan bullying dengan burnout pada karyawan. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(2).

Anggraini, L. N. O., & Desiningrum, D. R. (2020). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Intensi Agresivitas Verbal Instrumental Pada Suku Batak Di Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara Universitas Diponegoro. Empati, 7(3), 1103-1111.

Apriningrum, R. E., & Utami, L. H. (2021). The Role of Spiritual well-being and Self-efficacy on Kindergarten Teachers Burnout. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 18(1), 218–227. https://doi.org/10.18860/psikoislamika.v18i1.11562

Arsono, R. P., Pascasarjana, P., Widyagama, U., Suci, R. P., Pascasarjana, P., Widyagama, U., Mas, N., Pascasarjana, P., & Widyagama, U. (2021). Analisis self efficacy terhadap burnout yang dimediasi organizational citizenship behaviour. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 1–11.

Chunming, W. M., Harrison, R., MacIntyre, R., Travaglia, J., & Balasooriya, C. (2017). Burnout in medical students: A systematic review of experiences in Chinese medical schools. BMC Medical Education, 17(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12909-017-1064-3

Damaianti, V. S. (2021). Strategi Regulasi Diri dalam Peningkatan Motivasi Membaca. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 52. https://doi.org/10.33603/dj.v8i1.4613

Dyrbye, L. N., Satele, D., & West, C. P. (2021). Association of Characteristics of the Learning Environment and US Medical Student Burnout, Empathy, and Career Regret. JAMA Network Open, 1–13. https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2021.19110

Geoffrion, R., Lee, T., & Singer, J. (2013). Validating a self-confidence scale for surgical trainees. Journal of Obstetrics and Gynaecology Canada, 35(4), 355-361.

Gross,JJ. & Thompson, R.A. (2007).Emotion regulatin: conceptual foundation .Dalam James J. Gross (as editor)., handbook of emotion regulation, h.3-24. Newyork: the guilford press.

Hanina, P., Faiz, A., & Dewi, Y. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Putri Hanina 1 , Aiman Faiz 2 , Dewi Yuningsih3. Jurnal Basicedu, 5(5), 3791–3798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402

Lauster, Peter. (2006). Tes kepribadian. (D. H. Gulo, Ed). Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mafirja, S., Mafirja, F. I. S., & Ibda, F. (2018). Efektivitas konseling kelompok dalam menigkatkan kepercayaam diri siswa di MAN Darussalam Aceh besar. Intelektualita, 4(1), 111-122.

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2015). It's time to take action on burnout. Burnout Research, 1(2), iv-v.

Nuz’amidhan, R. L., Supriatna, E., & Pahlevi, R. (2020). Studi Deskriptif Terhadap Regulasi Emosi Pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 2 Pakisjaya. Fokus, 3(4), 140–150.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7

Putrie, C. A. R. (2021). Pengaruh Regulasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Ips. Research and Development Journal of Education, 7(1), 136. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8105

Rahayu, F. S., Fikriyah, Dianasari, & Nishfa, R. M. (2022). Kejenuhan Belajar Daring Pada Mahasiswa Prodi PGSD Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 326–332.

Santrock .J.W. (2013). Perkembangan remaja. edisi keenam. (S. B. Adelar, Ed). Jakarta: Erlangga.

Sedyawati. (2021). Hubungan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 861–866. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p861-866

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386

Tang, L., Zhang, F., Yin, R., & Fan, Z. (2021). Effect of Interventions on Learning Burnout: A Systematic Review and Meta-Analysis. Frontiers in Psychology, 12(February), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.645662

Vienlentia, R. (2021). Peran Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Anak Dalam Belajar. Satya-Sastraharing, 5(2), 35–46.

Vitasari, I. (2016). Kejenuhan Belajar Ditinjau dari Kesepian dan Kontrol Diri Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling. 5(7). 60-75.

Widari, N. K., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Behavioral Dengan Teknik Relaksasi Untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Kelas X MIA 2 SMA Negeri 2 Singaraja atau orang lain . Keletihan ini. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Yolandita, S. D., & Fauziah, N. (2021). Hubungan Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(3), 234–241. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i3.23078

Yolantia, C., Artika*, W., Nurmaliah, C., Rahmatan, H., & Muhibbuddin, M. (2021). Penerapan Modul Problem Based Learning terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 631–641. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.21250

Zhang, J. Y., Shu, T., Xiang, M., & Feng, Z. C. (2021). Learning Burnout: Evaluating the Role of Social Support in Medical Students. Frontiers in Psychology, 12(February), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.625506




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.41884

Article Metrics

Abstract Views : 1441 | PDF Views : 909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Nindya Ayu Pristanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats