Kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau dari Pola Asuh dan Kepedulian Orang Tua
Trice Dorce Sayuri(1), Yansen Alberth Reba(2*), Andika Ari Saputra(3),
(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura
(3) Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70–84.
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122.
Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunarsa, I. M. D., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2018). Pengaruh Strategi Sq4R Berbantuan Satua Bali Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(1).
Hera, L. (2016). Analisis Fungsi Kelompok dalam Penerapan Pertanian Padi Organik di Kelompok Tani Banda Langik Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Padang. Universitas Andalas.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745–751.
Murti, A., Purwandari, E., & Manis, W. (2018). Hubungan Pola Asuh Otoriter Terhadap Kedisiplinan Menghafal Al-Qur’an. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Panuntun, S. (2013). Pengaruh Kepedulian Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(1), 37074.
Safitri, A., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3132–3144.
Setiawati, A. T., & Hidayat, Y. (2020). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 137–151.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.
Yuliati, T., & Martuti, N. K. T. (2014). Efektivitas penerapan metode field trip untuk meningkatkan hasil belajar dan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 178–186.
DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.32663
Article Metrics
Abstract Views : 451 | PDF Views : 324Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Trice Dorce Sayuri, Yansen Alberth Reba, Andika Ari Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |