Kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau dari Pola Asuh dan Kepedulian Orang Tua



Trice Dorce Sayuri(1), Yansen Alberth Reba(2*), Andika Ari Saputra(3),

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih, Jayapura
(3) Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan pola asuh dan kepedulian orang tua terhadap kedisplinan belajar siswa kelas VIII F dan G di SMP negeri 5 kota jayapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument yang berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, sampel penelitian ini sebanyak 52 siswa yang ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael.dengan taraf kesalahan 5% selanjutnya teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan variabel pola asuh orang tua diperoleh nilai sebesar +0.752 (X1) dengan sig 0.030 < 0,05. Variabel kepedulian orang tua mendapatkan nilai +0.473 (X2) dengan sig 0,015 < 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian terdapat hubungan yang positif dan signifikan pola asuh dan kepedulian orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII F dan G di SMP Negeri 5 kota Jayapura.

Keywords


pola asuh, kepedulian orang tua, kedisiplin belajar.

References


Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70–84.

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunarsa, I. M. D., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2018). Pengaruh Strategi Sq4R Berbantuan Satua Bali Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(1).

Hera, L. (2016). Analisis Fungsi Kelompok dalam Penerapan Pertanian Padi Organik di Kelompok Tani Banda Langik Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Padang. Universitas Andalas.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745–751.

Murti, A., Purwandari, E., & Manis, W. (2018). Hubungan Pola Asuh Otoriter Terhadap Kedisiplinan Menghafal Al-Qur’an. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Panuntun, S. (2013). Pengaruh Kepedulian Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(1), 37074.

Safitri, A., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3132–3144.

Setiawati, A. T., & Hidayat, Y. (2020). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 137–151.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.

Yuliati, T., & Martuti, N. K. T. (2014). Efektivitas penerapan metode field trip untuk meningkatkan hasil belajar dan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 178–186.




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.32663

Article Metrics

Abstract Views : 451 | PDF Views : 324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Trice Dorce Sayuri, Yansen Alberth Reba, Andika Ari Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats