Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran E-Leraning terhadap Minat Belajar Mahasiswa



Natasia Chris Cahyani Girsang(1), Habel Saud(2), Yansen Alberth Reba(3*),

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini aitu untuk menganalisis persepsi  mahasiswa tentang pembelajaran E-Learning terhadap minat belajar pada mahasiswa program studi bimbingan konseling di Universitas Cenderawasih. Penelitian ini menggunakan asosiatif kuantitatif. Populasi penelitian ini mahasiswa BK 2016-2020 di universitas cenderawasih. Penentuan ukuran sampel diambil menurut tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dengan jumal sampel 89 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan metode Non-Probability Sampling dengan teknik Accidental Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi pembelajaran oniline terhadap minat belajar pada mahasiswa, dimana p (sig) = 0,000<0,05. Adapun koefisien determinan (r2) dari hubungan antara variabel bebas X dengan variabel terikat Y adalah sebesar r2 = 0,362. Hal ini menunjukan bahwa variabel persepsi pembelajaran online berkontribusi terhadap minat belajar pada mahasiswa sebesar 36,2%. Hasil persepsi tentang pembelajaran e-learning sebesar 64.02% dari yang diharapkan dan minat belajar sebesar 68.05%.

Keywords


pembelajaran e-learning, persepsi, minat belajar.

References


Fitra, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kuantitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. CV Jejak.

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menekan Penyebaran Covid-19. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847

Istikhomah H, Indarto A.S, D. P. S. (2014). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING STUDENTS PERCEPTION E-ELEARNING IN OBSTETRICS DEPARTEMENT Pendahuluan Salah satu contoh pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran adalah dengan electronic learning ( e-learning ). Saat ini pen. II, 107–114.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57

Meidawati, S. A. N. B. R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Mustarin, A., & Wiharto, M. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan program e-learning berbasis LMS pada Mata Kuliah Teknologi Budidaya Perikanan. Prosiding Hasil Penelitian Lembaga Penelirtian Unhas, 249–253. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8870

Niswara, R., Fita, M., & Untari, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 86.

Paramita, I. B. G., & Putra, I. G. G. P. A. (2020). New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa PandemiCovid-19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, EISSN 2614, ISSN 2527-9734. https://doi.org/10.36275/mws

Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus : Perguruan Tinggi di Kota Palembang ). Jurnal Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 3(2), 105.

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Siyoto, S., & Sodok, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sundari, F. S., & Sukmanasa, E. (2018). Analis Minat Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Berbasis E-Learning. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 1(01), 19–25. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v1i01.867

Syahputra, E. (2020). SnowballThrowing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Haura Publishing.

Udil, P. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Perkuliahan Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Schoology. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 79–91. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.3147

Wahyudi, S. T. (2017). Statistika Ekonomi: Konsep, Teori, dan Penerapan. UB Press.

Winkel, W. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikane. Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.32646

Article Metrics

Abstract Views : 803 | PDF Views : 428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Natasia Chris Cahyani Girsang, Habel Saud, Yansen Alberth Reba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats