Pengaruh Dukungan Sosial dan Self-Efficacy Terhadap Kreativitas Pada Guru Paud Di Kota Medan
Afriyanti Afriyanti(1*), Rusydah Fadilah(2), Siti Aisyah(3),
(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan self-efficacy terhadap terhadap kreativitas guru PAUD di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda dan koefisien determinasi melalui SPSS. Populasi penelitian berjumlah 1.377 guru TK di Kota Medan, dengan sampel sebanyak 310 orang yang ditentukan menggunakan rumus Yamane Dari data analisis regresi liner berganada menunjukkan nilai Y = 4,933 + 0, 034 + 0, 019 + e dapat dijelaskan bahwa Nilai koefisien variabel Dukungan Sosial menunjukkan sebesar 0, 034 (< 0,05) maka disimpulkan terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap Kreativitas artinya Hipotesis (H1) diterima. Nilai koefisien variabel self Efficacy menunjukkan sebesar 0, 019 (< 0,05) maka disimpulkan terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap Kreativitas artinya Hipotesis (H2) diterima. Serta Nilai konstanta sebesar 4,933 menunjukkan bahwa variabel Dukungan sosial dan Self Efficacy adanya pengaruh terhadap kreativitas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achmad, H. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Penerimaan Diri Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi (Studi Kuantitatif Mahasiswa Psikologi UIN Malang Angkatan 16). Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, i–89.
Adju, N. R., Alam, H. V., & Mendo, A. Y. (2022). Pengaruh Self Efficacy Dan Self Confidence Terhadap Kreativitas Pelaku Umkm Di Provinsi Gorontalo. Jambura, 5(2), 672–681.
Al Umairi, M. (2023). Kreativitas Guru Dalam Mengajar Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak TK At-Taufiq Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Amin, 1(1), 82–96.
Ariyanda, M. (2025). Dukungan Sosial dalam Kehidupan Remaja. 5(1), 61–69.
Dena Laksmi, P. P., Suniasih, N. W., & Ngurah Wiyasa, K. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas V Sd. Mimbar Ilmu, 23(1), 83–94. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16410
Faisyah, N. S., Syahputra, Y., Mulyadi, M., & Rahmat, C. P. (2025). The Silent Erosion: Investigating Body Shaming’s Influence on Student Self-Esteem and Its Counseling Implications at SMA PGRI Depok. Jurnal Keilmuan Pendidikan Dasar, 1(1), 13–22.
Fajar, Y. W. (2016). Strategi pengembangan kreativitas pendidikan anak usia dini dalam pembelajaran. 118–127.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini [Early Childhood Creativity Development]. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200.
Fitriani, F., & Rudin, A. (2020). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Efikasi Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.36709/bening.v4i2.12082
Khairunnisa, A., & Solihah, H. (2016). Pengaruh Kreativitas Pendidik Anak Usia Dini Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak Se-Kecamatan Rancabungur …. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 59–76.
Marddiyah, A. (2022). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia. In Skripsi.
Marini, R. (2024). Peran Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Berkualitas Di Kelas Anak Usia Dini. 1–23.
Mas Ian Rif’ati, E. . al. (2018). Konsep Dukungan Sosial. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7.
Muthmainah, M. (2022). Dukungan Sosial dan Resiliensi pada Anak di Wilayah Perbukitan Gunung Kidul Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 78–88. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.48875
Nurhidayah, S., & Citrasukmawati, A. (2022). Metode Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif Untuk Guru Paud Tkm Nu Muslimat 114 Muttabiul Huda. Abdimas Galuh, 4(2), 1051. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.8104
Oci, M. (2016). Kreativitas Belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.46495/sdjt.v4i2.26
Priantini, H., & Elisabeth, M. P. (2023). Dukungan Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kreativitas Pada Pengrajin Batik. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik (SNIKB) 2023, 1–10.
Putri, F. A. R., & Fakhruddiana, F. (2019). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25161
Rahmasari, Y., & Pendahuluan, A. (n.d.). hadap kreativitas siswa SMA Negeri 2 Sidoarjo melalui motivasi belajar atau adakah pengaruh langsung antara dukungan sosial terhadap kreativitas siswa SMA Negeri 2 Sidoarjo.
Sabilah, N. H., Syahputra, Y., & Mulyadi, M. (2025). The Impact of Self-Esteem on Narcissistic Behavior Among Instagram-Active Students. 1(3), 125–136.
Saepudin, A. (2018). Problematika Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.17509/cd.v4i1.10371
Zahara, R. A., & Meidina, Y. (2020). Dukungan Sosial Orang Tua degan Kreativitas Belajar pada Siswa di SMA Negei 3 Banda Aceh.
Zakiyyah, N., & Kuswanto. (2021). Urgensi Kreativitas Guru PAUD dalam Memfasilitasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1713.
DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.724110
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Afriyanti, Rusydah Fadilah, Siti aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |