Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Mediator Pada Mahasiswa



Nurhalijah Nasution(1*), Salamiah Sari Dewi(2), Nefi Darmayanti(3),

(1) Magister Psikologi, Universitas Medan Area
(2) Magister Psikologi, Universitas Medan Area
(3) Departemen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi sering menghadapi tekanan akademik yang tinggi, baik dari tuntutan akademik, ekspektasi pribadi, maupun lingkungan sosial, yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan psikologis mereka. Jika kesejahteraan psikologis terganggu, mahasiswa berisiko mengalami stres berlebihan, kecemasan, bahkan burnout, yang dapat menghambat proses penyelesaian skripsi. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mendukung kesejahteraan psikologis mahasiswa, seperti dukungan sosial dan efikasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh dukungan social terhadap kesejahteraan psikologis dengan efikasi diri sebagai variable mediator pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Metode mengumpulkan data melalui  skala dukungan sosial, kesejahteraan psikologis, efikasi diri. Respon dalam penelitian ini berjumlah 280 mahasiswa, diperoleh melalui Teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Teknik Structural Equation  Sampling (SEM) menggunakan dengan SmartPLS. Hasil menunjukkan efikasi diri memiliki pengaruh signifikan dan kuat terhadap kesejahteraan psikologis. Sama halnya dengan dukungan sosial yang berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri. Selain itu, efikasi diri juga berperan sebagai mediator dalam hubungan antara dukungan sosial dan kesejahteraan psikologis, artinya efek mediasi ini berfungsi dan efektif. 

Keywords


Dukungan Sosial; Kesejahteraan Psikologis; Efikasi Diri; Mediator

Full Text:

PDF

References


Agustianisa, R., Susanto, W., & Rohmawati, D. (2022). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kecemasan pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi. Ilmiah Komunikasi Makna, 10. https://doi.org/DOI:http:dx.doi.org/10.30659/jikm.10.2.130-137

Bolger, N., Zuckerman, A., & Kessler, R. C. (2000). Invisible support and adjustment to stress. Journal of Personality and Social Psychology, 79(6), 953–961. https://doi.org/10.1037/0022-3514.79.6.953

Brailovskaia, J., Rohmann, E., Bierhoff, H. W., Schillack, H., & Margraf, J. (2019). The relationship between daily stress, social support and Facebook Addiction Disorder. Psychiatry Research, 276, 167–174. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.05.014

Buddhiprabha D D Pathirana, Shabbeer Ahmed, Veena N, & Shailaja Shastri. (2016). Stress and Academic Performance. International Journal of Indian Psychology, 3(3). https://doi.org/10.25215/0303.068

Chou, W. P., Wang, P. W., Chen, S. L., Chang, Y. P., Wu, C. F., Lu, W. H., & Yen, C. F. (2020). Voluntary reduction of social interaction during the covid‐19 pandemic in taiwan: Related factors and association with perceived social support. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(21), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph17218039

Deviana, M., & Khadijah, K. (2023). Kesejahteraan Psikologis (Psychological well -being) remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. https://doi.org/Kesejahteraan Psikologis (Psychological well -being) remaja

Fajri, N., Syahputra, Y., Karisma, S. P., & Ifdil, I. (2023). Navigating Academic Challenges: Self-Regulated Learning Analysis of Academic Procrastination Students. Konselor, 12(2), 65–73. https://doi.org/10.24036/0202312244-0-86

Ifdil, I., Lela, L., Syahputra, Y., Fitria, L., Zola, N., Fadli, R. P., Barseli, M., Putri, Y. E., & Amalianita, B. (2022). Academic Stress Among Male and Female Students After the Covid-19 Pandemic. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 7(3).

Ifdil, I., Syahputra, Y., Fadli, R. P., Zola, N., Putri, Y. E., Amalianita, B., Rangka, I. B., Suranta, K., Zatrahadi, M. F., Sugara, G. S., Situmorang, D. D. B., & Fitria, L. (2022). The depression anxiety stress scales (DASS-21): an Indonesian validation measure of the depression anxiety stress. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 5(4), 205–215. https://doi.org/10.23916/0020200536840

Jaya, K., Dewi, E., & Nurdin, M. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(3), 461–480. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i3.1508

Kötter, T., Wagner, J., Brüheim, L., & Voltmer, E. (2017). Perceived Medical School stress of undergraduate medical students predicts academic performance: an observational study. BMC Medical Education, 17(1), 256. https://doi.org/10.1186/s12909-017-1091-0

Lin, N. (1986). Conceptualizing social support. Social Support, Life Events, and Depression, 17–30.

Lubis, I. S., Munthe, S., & Syahputra, Y. (2022). Perbedaan Kecemasan Menulis Siswa Berdasarkan Pengalaman Menulis. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 76–83. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12284

Maspupah, R., Violina, S. S., Diva, V. V., & Rahman, S. (2021). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI DAN SCHOOL WELL BEING PADA PELAJAR DI INDONESIA. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 2(2), 18–25.

Metts, A. V., Roy-Byrne, P., Stein, M. B., Sherbourne, C. D., Bystritsky, A., & Craske, M. G. (2024). Reciprocal and Indirect Effects Among Intervention, Perceived Social Support, and Anxiety Sensitivity Within a Randomized Controlled Trial for Anxiety Disorders. Behavior Therapy, 55(1), 80–92. https://doi.org/10.1016/j.beth.2023.05.008

Moreton, J., Kelly, C. S., & Sandstrom, G. M. (2023). Social support from weak ties: Insight from the literature on minimal social interactions. Social and Personality Psychology Compass, 17(3), e12729. https://doi.org/10.1111/spc3.12729

Nahrycha, Ridwan, A., & Maulina. (2023). Self-efficacy Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Keperawatan Students Self-efficacy in Preparation of Undergraduate Thesis At the Faculty Of Nursing Syiah Kuala University. JIM Fkep, VII(4), 142–147.

Nuraini, A., & Nawangsih, E. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Menyelesaikan Skripsi terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas Islam Bandung. Conference Series: Psychology Science, 2(2), 311–318.

Okolie, U. C., Nwajiuba, C. A., Binuomote, M. O., Ehiobuche, C., Igu, N. C. N., & Ajoke, O. S. (2020). Career training with mentoring programs in higher education: Facilitating career development and employability of graduates. Education and Training, 62(3), 214–234. https://doi.org/10.1108/ET-04-2019-0071

Prayogi, F., & Moenindyah Handarini, D. (2017). Hubungan self efficacy, optimism, social support dan psychological well-being peserta didik smk. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1995), 508–515.

Purwaningsih, I. E., Sugiarto, R., & Budiarto, S. (2023). Kesejahteraan psikologis dalam hubungannya dengan kecemasan dan dukungan sosial. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.30738/sosio.v9i1.13427

Raisa, A. E. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 537–542.

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719.

Sa’diyah, K., & Amiruddin. (2020). Pentingnya Psychological Well Being di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kariman, 8(02), 221–232. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.149

Syahputra, Y., Hafni, M., Solihatun, S., Istiana, I., Rahmat, C. P., Karisma, S. P., & Erwinda, L. (2024). Confirmatory Factor Analysis of the DASS-18 Scale for Assessment of Depression, Anxiety, and Stress Symptoms. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(1), 17–25.

Syarifuddin, S., Susanti, S., & Syahputra, Y. (2022). Kontribusi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan dalam Setting Pendidikan. Journal of Learning and Instructional Studies, 2(1), 38–45. https://www.jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/20%0Ahttps://www.jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/download/20/28

Syifa, F., Santoso, D. B., & Hambali, I. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Pada Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi. In Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan (Vol. 1, Issue 5). repository.um.ac.id. https://doi.org/10.17977/um065v1i52021p346-355

Taniguchi, E., & Thompson, C. M. (2021). Mental illness self-disclosure among college students: a pre-requisite of social support or a booster of social support benefits? Journal of Mental Health, 30(3), 323–332. https://doi.org/10.1080/09638237.2021.1922626

Wardani, A. F., & Syah, M. E. (2022). Gambaran Self Efficacy Mahasiswa Angkatan Pertama dalam Proses Penyusunan Skripsi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(4), 671. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8628

Widiantoro, D., Nugroho, S., & Arief, Y. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Dosen Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.649




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.713889

Article Metrics

Abstract Views : 336 | PDF Views : 287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Nurhalijah Nasution, Salamiah Sari Dewi, Nefi Darmayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats