Efektivitas Pelatihan Self Acceptance Pada Guru Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka di Kecamatan Medan Baru
Anggraini Sahrani(1*), Sari Dewi Salamiah(2), Hardjo Suryani(3),
(1) Fakultas Magister Psikologi, Universitas Medan Area
(2) Fakultas Magister Psikologi, Universitas Medan Area
(3) Fakultas Magister Psikologi, Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author
Abstract
Perubahan kurikulum saat ini begitu pesat, hal ini mengakibatkan banyaknya dampak positif maupun negatif yang bermunculan terkait self acceptance pada guru yang mengalami kebingungan dan kesulitan yang menyebabkan mudahnya putus asa, bosan, jenuh dan lelah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pelatihan self acceptance pada guru dalam menghadapi perubahan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilaksanakan di TK Swasta Al-Muttaqien sebanyak 30 guru, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Metode penelitian ini adalah Eksperiemen, jenis penelitian adalah Quasi-experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design (pretest-posttest control group design). Variabel yang di teliti adalah self acceptance. hasil uji normalitas dari Post-Test Kelas Kontrol menunjukkan Nilai signifikansi KolmogorovSmirnov 0,054 > 0,05, dan nilai signifikansi Shapiro-Wilk 0,018 > 0,05, menunjukkan data distribusi tidak normal. Dari hasil analisis menggunakan Mann-Whitney Test kelas Post-test Eksperimen menunjukan Mean Rank 21,93 sedangkan kelas posttest Kontrol dimana mean rank sebesar 9.07 artinya ada perbedaan yang signitifan, Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,001. Karena nilai 0,001 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alif Hidayatul Lail, Tasmin, & Yuli Darwati. (2022). Penerimaan Diri Remaja Dengan Orang Tua Tunggal. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 1(2), 75–87. https://doi.org/10.30762/happiness.v1i2.330
Alimuddin. (2024). Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Griya Cendikia, 9(1), 114–121. https://doi.org/10.47637/griyacendikia.v9i1.1094
Ayu., Rahmawati., Selawati., Rahayu, T. S., & Farida, N. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP IT Insan Harapan Karawang Tahun Ajaran 2022–2023. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 4(1), 63–71.
Barida, M., & Widyastuti, D. A. (2019). Acceptance and Commitment Therapy (ACT) to Improve Educators Self-Acceptance of Children with Special Needs. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(2), 117–124. https://doi.org/10.24042/kons.v6i2.4701
Bingöl, T. Y., & Batık, M. V. (2018). Unconditional Self-Acceptance and Perfectionistic Cognitions as Predictors of Psychological Well-Being. Journal of Education and Training Studies, 7(1), 67. https://doi.org/10.11114/jets.v7i1.3712
Dewi, S., Purnama Pertiwi, R., Ulin Ni, A., Rahmawati, D., Nurul Huda, U., & Timur, O. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Stitaf, 04(01), 41–50.
Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka di sekolah penggerak (Studi kasus pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar). Jurnal Pahlawan, 18(2), 18–22. https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/
Handayani. (2020). Bab Iii Metode Penelitian. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Khoirurrijal, Fadriati, D. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1). https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa
Kusumaningrum, A. I., Dewi, E. M. P., & Nurdin, M. N. H. (2021). Efektivitas Pelatihan Penerimaan Diri Dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Psk Di Ppskw Mattiro Deceng. Motiva: Jurnal Psikologi, 4(1), 1. https://doi.org/10.31293/mv.v4i1.5400
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rosyid, D. A. (2023). Pelatihan Self Acceptance Dalam Menumbuhkan Sikap Optimisme Pada Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iib Kota …. 2(2), 87–96. https://doi.org/10.35719/p
Sa’adah, N. L., & Ariana, A. D. (2022). Hubungan antara Menonton Film Kekerasan dengan Agresivitas pada Remaja Awal. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 31–36. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.31954
Septiyani, I., & Sukartono. (2023). Teachers’Challenges in Implementing an Independent Learning Curriculum in Science and Social Studies for Primary Iv Students. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(3), 463–474. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/5118
Tsaqifa, F., & Fitriani, A. (2023). Relationship Between Intensity of Listening to The Song Diri by Tulus and Self-Acceptance in The Solo Tulus Friends Community. Jurnal Seni Musik, 12(2), 217–223. https://doi.org/10.15294/jsm.v12i2.71591
Ulan, A., Idris, I., & Alwi, N. M. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Membantu Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. 12(Nomor 1), 120–133.
Uraningsari, F., & Djalali, M. A. (2016). Penerimaan Diri, Dukungan Sosial dan Kebahagiaan Pada Lanjut Usia. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(01). https://doi.org/10.30996/persona.v5i01.738
DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.713801
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SAHRANI ANGGRAINI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |