Pengembangan Panduan Konseling Restrukturisasi Kognitif dengan Relaksasi Murattal Al-Qur’an untuk Mereduksi Kecemasan Akademik Mahasiswa



Julianne Kamelia Riza(1*),

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Urwatul Wutsqo Jombang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan konseling bagi konselor perguruan tinggi dalam membantu mereduksi kecemasan akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan dari Borg dan Gall yang terbagi menjadi tiga tahap; mengidentifikasi kebutuhan, menyusun prototipe produk, dan validasi ahli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan akademik dan lembar penilaian ahli yang dianalisis dengan menggunakan keandalan inter rater dari Aiken. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa panduan konseling ini memiliki nilai indeks validitas = 0.812037 yang termasuk kategori tinggi, atau dengan kata lain modul panduan konseling kelompok dengan Restrukturisasi Kognitif dan Relaksasi Murattal Al-Qur’an untuk mereduksi kecemasan akademik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan sebagai instrumen dalam memberikan layanan konseling bagi mahasiswa yang mengalami kecemasan dalam menyelesaikan skripsi.


Keywords


Restrukturisasi Kognitif; Relaksasi; Murattal Al-Qur’an; Kecemasan Akademik

References


Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142.

Al-Galal, S. A., & Fakhri Taha Alshaikhli, I. (2017). Analyzing Brainwaves While Listening To Quranic Recitation Compared With Listening To Music Based on EEG Signals. International Journal on Perceptive and Cognitive Computing, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31436/ijpcc.v3i1.43

Aminullah, A., Ramli, M., & Hidayah, N. (2018). Teknik Restrukturisasi Kognitif dan Problem Based Coping Untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa: Studi Komparatif. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 139–150.

Anisanti, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Restrukturisasi Kognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Stres Akademik Siswa. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 89–94.

Apriatama, D., Romiaty, R., Al Idha, S., Anisah, W. N., & Maulida, R. (2022). Konseling Kelompok dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Harga Diri Santri. Jurnal Basicedu, 6(4), 6281–6288.

Beck, Aaron T., Davis, D. D., & Freeman, A. (2015). Cognitive therapy of personality disorders. Guilford Publications.

Budiyanti, D. E., & Raihana, P. A. (2022). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Corey, Gerarld. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Australia: Cengage Learning.

Cormier, L. S., Nurius, P., & Osborn, C. J. (2009). Interviewing and change strategies for helpers: Fundamental skills and cognitive behavioral interventions. Brooks/Cole, Cengage Learning.

Dede, E. V. B., Mola, S. A. S., & Nabuasa, Y. Y. (2022). Implementasi Hamilton Anxiety Rating Scale untuk Mendiagnosis Tingkat Kecemasan pada Mmahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi. J-ICON: Jurnal Komputer Dan Informatika, 10(1), 55–64.

Desnahayati, F. Y., Aulya, Y., & Widowati, R. (2021). Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Dan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Bersalin Multipara Kala I Fase Aktif. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Kesehatan Politeknik Medica Farma Husada Mataram, 7(2), 207–216.

Diasti, K. S., & Mbato, C. L. (2020). Exploring Undergraduate Studentsâ€TM Motivation-regulation Strategies in Thesis Writing. Language Circle: Journal of Language and Literature, 14(2), 176–183.

Dobson, D., & Dobson, K. S. (2018). Evidence-based practice of cognitive-behavioral therapy. Guilford publications.

Dwihandini, L. A., Marhaeni, A. A. I. N., & Suarnajaya, I. W. (2013). The Analysis of the Factors Affecting Undergraduate Students’ Difficulties in Writing Thesis in the English Department of Mahasaraswati University. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2.

Edison, E., Anuar, A. B., Nesta, A. A., & Pradini, W. (2023). Analisis Faktor Penyebab Stres Akademik Dengan Teknik Rekstrukturisasi Kognitif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5070–5084.

Fajri, N., Syahputra, Y., Karisma, S. P., & Ifdil, I. (2023). Navigating Academic Challenges: Self-Regulated Learning Analysis of Academic Procrastination Students. KONSELOR, 12(2), 65-73.

Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Konseling Kognitif-Behavioral: Suatu Pendekatan Berbantuan E-Counseling IKIP Siliwangi Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Performa Akademik. QUANTA, 5(3), 87–94.

Fatsah, H., Ashrafiany, N. A., & Basalama, N. (2020). The Students’ Writing Difficulties in Writing an Essay Based on Cognitive Process. Lingua, 16(1), 61–69.

Fauzia, U. (2022). Hubungan Self Efficacy dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Skripsi di Tengah Pandemi Covid-19. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 6(2), 147–156.

Fitriani, Y., & Alsa, A. (2015a). Relaksasi autogenik untuk meningkatkan regulasi emosi pada siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 1(3), 149–162.

Fitriani, Y., & Alsa, A. (2015b). Relaksasi autogenik untuk meningkatkan regulasi emosi pada siswa SMP. E-Jurnal Gama Jpp, 1(3), 149–162.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: An introduction (8. Utg.). AE Burvikovs, Red.) USA: Pearson.

Gangadharan, M. P., & Madani, M. A. H. (2018). Effectiveness of progressive muscle relaxation techniques on depression, anxiety and stress among undergraduate nursing students. Int J Health Sci Res, 8(2), 155–163.

Hidayat. (2023). Depresi karena Skripsi, Mahasiswa di Jambi Gantung Diri. Merdeka.Com.

Ifdil, I., Lela, L., Syahputra, Y., Fitria, L., Zola, N., Fadli, R. P., ... & Amalianita, B. (2022). Academic Stress Among Male and Female Students After the Covid-19 Pandemic. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 7(3).

Jacobs, E. E., Schimmel, C. J., Masson, R. L., & Harvill, R. L. (2016). Group counseling: Strategies and skills. United States of America: Brooks/Cole Cengage Learning.

Jannah, K., Suranata, K., & Suarni, N. K. (2019). Keefektifan konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan endurance siswa. Psychocentrum Review, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.30998/pcr.1279

Karjono, J. C. S. (2020). Coherence in Thesis Proposal Writings of Undergraduate Students. JELLT (Journal of English Language and Language Teaching), 4(1), 17–30.

Karneli, Y., Ardimen, A., & Netrawati, N. (2019). Keefektifan konseling modifikasi kognitif perilaku untuk menurunkan stres akademik siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 42–47.

Khesht-Masjedi, M. F., Shokrgozar, S., Abdollahi, E., Habibi, B., Asghari, T., Ofoghi, R. S., & Pazhooman, S. (2019). The relationship between gender, age, anxiety, depression, and academic achievement among teenagers. Journal of Family Medicine and Primary Care, 8(3), 799.

Kognitif, T. R., & Diri, H. (2017). Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas VIII Di MTs N 2 Bandar Lampung Rika Damayanti, Puti Ami Nurjannah. 03(2), 219–232.

Lakuana, N., & Anisa, N. (2022). Analysis Of Students’ Words Mistake In Skripsi Examination. Babasal English Education Journal, 3(1), 8–17.

Lestari, D. M. (2020). An Analysis of Students’ Difficulties in Writing Undergraduate Thesis at English Education Program of Muhammadiyah University of Bengkulu. Journal of English Education and Applied Linguistics, 9(1), 17–29.

Liu, C., Wang, L., Qi, R., Wang, W., Jia, S., Shang, D., … Yan, S. (2019). Prevalence and associated factors of depression and anxiety among doctoral students: The mediating effect of mentoring relationships on the association between research self-efficacy and depression/anxiety. Psychology Research and Behavior Management, 195–208.

Luzanil, S. T., & Menaldi, A. (2022). Efektivitas terapi kelompok kognitif perilaku untuk menangani kecemasan akademik pada mahasiswa rantau. Jurnal Psikologi Ulayat, 9(1), 94–115.

Maharani, F. A., Dewi, E. I., & Kurniyawan, E. H. (2022). The correlation of peer social support with anxiety levels of students working on undergraduate thesis at the faculty of nursing, University of Jember. Nursing and Health Science Journal (NHSJ), 2(1), 56–62.

Majdi, M. Z. Z., & Mulyana, S. (2023). Hubungan antara Kecemasan dan Kecanduan Internet dengan Insomnia pada Mahasiswa Yang Sedang Skripsi. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 53–64.

Makhmudah, A. N. L., Wibowo, M. E., & Awalya, A. (2019). Cognitive Behavior Group Counseling with Cognitive Restructuring and Problem Solving Techniques to Reduce Anxiety. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(2), 174–181.

Manansingh, S., Tatum, S. L., & Morote, E.-S. (2019). Effects of relaxation techniques on nursing students’ academic stress and test anxiety. Journal of Nursing Education, 58(9), 534–537.

Manuardi, A. R. (2018). Pengaruh Strategi Restrukturisasi Kognitif terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang.

Mirawdali, S., Morrissey, H., & Ball, P. (2018). Academic anxiety and its effects on academic performance.

Mulyana, A., Nurdin, F. S., & Nurfatwa, D. (2022). Prokrastinasi Akademik, Emotion Focused Coping, dan Kecemasan pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 68–78.

Nayef, E. G., & Wahab, M. N. A. (2018). The effect of recitation Quran on the human emotions. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(2), 50–70.

Ningsih, F. (2016). Efektifitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 7 Tahun Ke-5, 50–59.

Nurlela, N., & Jannati, Z. (2019). Relaxation Technique within Group Counseling to Reduce Student’s Anxiety on Facing Exam. Islamic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 33–39.

Nurmalasari, Y., Yustiana, Y. R., & Ilfiandra, I. (2016). Efektivitas restrukturisasi kognitif dalam menangani stres akademik siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Ompusunggu, M. M. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu dan Kecenderungan Kecemasan Terhadap Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 241–251.

Ottens, A. J. (1991). Coping with academic anxiety. The Rosen Publishing Group.

Ponterotto, J. G., Fuertes, J. N., & Chen, E. C. (2000). Models of multicultural counseling. John Wiley & Sons, Inc.

Rahman, M. E., Saiful Islam, M., Mamun, M. A., Moonajilin, M. S., & Yi, S. (2022). Prevalence and factors associated with suicidal ideation among university students in Bangladesh. Archives of Suicide Research, 26(2), 975–984.

Rahmawati, F. N. (2021). Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan Tingkat Stres Akademik. PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(2), 220–229.

Rahmawati, W. K. (2016). Efektivitas teknik restrukturisasi kognitif untuk menangani stres akademik siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 2(1), 15–21.

Razafindrasata, S., Razafimahefa, J., Rakotoanadahy, L., Ravelosaona, F., Rajaonarison, L., Raharimaminjatovosoa, D., & Tehindrazanarivelo, A. (2019). Causes and outcome of non-traumatic spinal cord diseases at the neurology unit of Befelatanana hospital, Antananarivo, Madagascar. Journal of the Neurological Sciences, 405(2019), 88. https://doi.org/10.1016/j.jns.2019.10.935

Rout, U. R., & Rout, J. K. (2002). Occupational stress. Stress Management for Primary Health Care Professionals, 25–39.

Saleem, S., & Saleem, T. (2021). Efficacy of music and quranic verses in reducing cortisol level: A stress biomarker in medical undergraduates. Current Psychology, 1–6.

Saraswati, N., Dwidiyanti, M., Santoso, A., & Wijayanti, D. Y. (2021). Hubungan efikasi diri dengan kecemasan menyusun skripsi pada mahasiswa keperawatan. Holistic Nursing and Health Science, 4(1), 1–7.

Sari, D. R., & Asiva, Z. (2019). Pengaruh murottal Alquran Surat Al-Fatihah untuk menurunkan tingkat insomnia pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 23–36.

Sari, W. L., & Fakhruddiana, F. (2019). Internal Locus of Control, Social Support and Academic Procrastination among Students in Completing the Thesis. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 363–368.

Septian, M. R., & Manuardi, A. R. (2021). Konseling Dengan Strategi Restrukturisasi Kognitif: Pengaruhnya Terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. QUANTA, 5(2), 46–55.

Situmorang, D. D. B. (2017). Mahasiswa Mengalami Academic Anxiety Terhadap Skripsi? Berikan Konseling Cognitive Behavior Therapy Dengan Musik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 31–42.

Situngkir, R. D., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kecemasan dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area Angkatan 2015 & 2016. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 1968–1980.

Sue, D. W., & Sue, D. W. (1981). Critical incidents in cross-cultural counseling. Counseling the Culturally Different, 259–291.

Sutrisno, I. T. (2018). Pengaruh Spiritual Caring Dengan Murottal Terhadap Stres, Cemas, Dan Depresi Pada Pasien Kanker Serviks Stadium IIIB Yang Menjalani Kemoterapi di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Universitas Airlangga.

Suyono, S., Triyono, T., & Handarini, D. M. (2016). Keefektifan teknik relaksasi untuk menurunkan stres akademik siswa SMA. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(2), 115–120.

Syafri, F. A., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., & Yuliarsih, F. (2021). Self Modeling Mengatasi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Dosen Pembimbing. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 108–114.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.

Tumiran, M. A., Mohamad, S. P., Saat, R. M., Mohd Yusoff, M. Y. Z., Abdul Rahman, N. N., & Hasan Adli, D. S. (2013). Addressing sleep disorder of autistic children with Qur’anic sound therapy. Health, 05(08), 73–79. https://doi.org/10.4236/health.2013.58a2011

Ugwuanyi, C. S., Okeke, C. I., & Ageda, T. A. (2020). Motivation and self-efficacy as predictors of learners’ academic achievement. Journal of Sociology and Social Anthropology, 11(3–4), 215–222.

Utami, S. W., & Islam, K. B. K. (2017). Pengaruh Teknik Restrukturisasi Kognitif Berbasis Muhasabah dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII Boarding School SMP ITt Abu Bakar Yogyakarta. Tesis) Diajukan kepada Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14–18.

Wathelet, M., Duhem, S., Vaiva, G., Baubet, T., Habran, E., Veerapa, E., … Grandgenèvre, P. (2020). Factors associated with mental health disorders among university students in France confined during the COVID-19 pandemic. JAMA Network Open, 3(10), e2025591–e2025591.

Weda, S., & Sakti, A. E. F. (2018). The relationship between study anxiety and academic performance among English students. XLinguage" European Scientific Language Journal", 11(2), 718–727.

Yi, Q.-F., Yan, J., Zhang, C.-J., Yang, G.-L., Huang, H., & Yang, Y. (2022). The experience of anxiety among Chinese undergraduate nursing students in the later period of their internships: Findings from a qualitative study. BMC Nursing, 21(1), 1–10.

Yusuf, M. (2016). Konseling Multikultural Sebuah Paradigma Baru untuk Abad Baru. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 1–13.

Zeidner, M. (2014). Anxiety in education. In International handbook of emotions in education (pp. 275–298). Routledge.




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.612292

Article Metrics

Abstract Views : 79 | PDF Views : 36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Julianne Kamelia Riza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats