Supervisi Bimbingan dan Konseling dalam Peningkatan Pengembangan Profesional Konselor



Rhahima Zakia(1*), Maqomam Mahmuda(2), Dasril Dasril(3),

(1) UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar
(2) UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar
(3) UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagai tenaga profesional yang memegang peranan penting dalam pembinaan peserta didik, konselor sekolah dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai dan terus meningkatkan mutu profesionalitasnya agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Supervisi yang tepat sasaran dan efektif merupakan salah satu faktor penting yang dapat mendukung peningkatan kompetensi tersebut, berperan sebagai proses pembinaan yang mendorong konselor untuk mengembangkan keterampilan, memperbaiki metode kerja, serta menambah pengetahuannya dalam memberikan layanan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi bimbingan dan konseling terhadap pengembangan profesi konselor di Sumatera Barat. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 113 guru bimbingan dan konseling/konselor yang tersebar di sekolah-sekolah di Sumatera Barat sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui dua instrumen angket, yaitu angket supervisi bimbingan dan konseling dengan reliabilitas butir sebesar 0,91 dan angket pengembangan profesi konselor dengan reliabilitas butir sebesar 0,92, yang selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linier untuk melihat pengaruh supervisi terhadap pengembangan profesionalitas konselor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi yang efektif dapat meningkatkan pengembangan profesi konselor dalam layanan bimbingan dan konseling.

Keywords


Bimbingan dan Konseling Supervisi; Pengembangan Profesi Konselor; Konselor

Full Text:

PDF

References


Ardika, I. P. G. (2010). Kontribusi Supervisi Bimbingan Konseling, Iklim Kerja Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pembimbing Pada Sma Negeri Di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1636–1873. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=258399&val=7027&title=Kontribusi Supervisi Bimbingan Konseling, Iklim Kerja Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pembimbing Pada Sma Negeri Di Kabupaten Badung

Bernard, J., & Goodyear, R. (2019). Fundamentals of clinical supervision (6th ed.). Pearson.

Borders, L. D. A., Glosoff, H. L., Welfare, L. E., Hays, D. G., DeKruyf, L., Fernando, D. M., & Page, B. (2014). Best Practices in Clinical Supervision: Evolution of a Counseling Specialty. Clinical Supervisor, 33(1), 26–44. https://doi.org/10.1080/07325223.2014.905225

Burnham, J., Fye, H., Jackson, C. M., Ocampo, M., & Clark, L. (2024). A 20-Year Review of School Counselor Roles: Discrepancies Between Actual Practice and Existing Models. Journal of Counselor Preparation and Supervision, 18(2), 1–18. https://doi.org/10.70013/z4hl7wy9

Chandler, J. W., Burnham, J. J., Kiper Riechel, M. E., Dahir, C. A., Oliver, Da. F., Davis, A. P., & Bledsoe, K. G. (2018). Assessing the Counseling and Non-Counseling Roles of school counselors. Journal of School Counseling, 16(7), 1–25.

Corey. (2013). Clinical Supervision in the Helping Professions. In Wiley (Vol. 53). John Wiley & Sons.

Educational, C. for A. of C. and R., & Programs. (2016). 2016 standards for accreditation. http://www.cacrep.org/wp-content/uploads/2018/05/2016-Standards-with-Glossary-5.3.2018.pdf

Gibson, E. M., Certion, C. B., & Aldridge, L. D. (2022). The ASCA national model. Foundations of School Counseling: Innovation in Professional Practice, 57–72. https://doi.org/10.1891/9780826187536.0004

Haynes, R., Corey, G., & Moulton, P. (2003). Supervision in the helping professions a practical approach. In Australian Social Work (Vol. 56, Issue 2). Brooks/Cole. https://doi.org/10.1046/j.0312-407x.2003.00069.x

Hendrix, C. C., Fournier, D. G., & Briggs, K. (2001). Impact of co-therapy teams on client outcomes and therapist training in marriage and family therapy. Contemporary Family Therapy, 23(1), 63–82. https://doi.org/10.1023/A:1007824216363

Jordan, K. (2018). Trauma-informed counseling supervision: something every counselor should know about. Asia Pacific Journal of Counselling and Psychotherapy, 9(2), 127–142. https://doi.org/10.1080/21507686.2018.1450274

Kagan, N., Schauble, P., Resnikoff, A., Danish, S. J., & Krathwohl, D. R. (1969). Interpersonal process recall. Journal of Nervous and Mental Disease, 148(4), 365–374. https://doi.org/10.1097/00005053-196904000-00004

Kozachuk, L. A., & Conley, A. H. (2021). Development-oriented situational supervision: a leadership approach to supervision in counselor education. Journal of Counselor Leadership and Advocacy, 8(1), 44–55. https://doi.org/10.1080/2326716X.2020.1835586

Kurniati, D., Hartini, H., & Ristianti, D. H. (2023). Hubungan antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Bimbingan Konseling dengan Kinerja Guru Pembimbing SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong. Universitas Negeri Semarang.

Latif, A. (2010). Praktik dan Prospek Penyelenggaraan Pelayanan Konseling Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Padang Panjang”. Tesis. Universitas Negeri Padang.

McLain, G. E. (2021). Induction Experiences of Novice School Counselors in Small School Districts. The University of Texas at San Antonio.

Mugi Lestari, Mungin eddy Wibowo, S. (2013). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. In Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application (Vol. 2, Issue 4). Universitas Negeri Semarang.

Na, G., & Lee, D. (2022). An Immigrant School Counselor as Multicultural and Social Justice Advocate for Immigrant Students: A Case Study Approach. Journal of Asia Pacific Counseling, 12(1), 133–153. https://doi.org/10.18401/2022.12.1.8

Rosra, M., Mayasari, S., & Rahmayanthi, R. (2013). Kinerja Konselor Sekolah dalam Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling pada Konselor Sekolah se-Kabupaten Lampung Tengah Tahun Akademik 2012/2013. J Conserv Dent. 2013, 16(4), 2013. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23956527/

Sandjaja, S. S., Syahputra, Y., & Hariyani, H. (2020). Contribution of Guidance and Counseling Supervision Toward Counselor Performance: Study in Sumatera Utara. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 43. https://doi.org/10.30598/jbkt.v4i1.938

Saputry, S. R., Nirwana, H., & Marjohan, M. (2018). The Contribution of Perceptions about the Tasks toward the Performance of School Counselor. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 2(3), 95–100. https://doi.org/10.24036/4.32127

Schmidt, E. A., Ybañez-Llorente, K., & Lamb, B. C. (2013). Enhancing supervision in the addictions field: Introducing the supervisor evaluation of the professional and ethical competence of substance abuse counselors. Alcoholism Treatment Quarterly, 31(1), 78–94. https://doi.org/10.1080/07347324.2013.746624

Srimulyani, M. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP/RPLBK Dengan Pendekatan Saintifik/Pendekatan BK Melalui Metode Workshop di Sekolah Binaan Kota Malang Tahun 2017. Prosiding SENASGABUD, 1(1), 95–106.

Stoltenberg, C. D., & McNeill, B. W. (2010). IDM supervision: The integrative developmental model of supervision (3rd ed.). Routledge.

Um, B., & Bardhoshi, G. (2024). Organizational resources, burnout, and work engagement of school counselors: The mediating effect of professional identity. Journal of Counseling and Development. https://doi.org/10.1002/jcad.12538

Widianingrum, T., Rosra, M., & ... (2013). Analisis Kinerja Profesionalisme Konselor Di Sma Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013. … Bimbingan Konseling), 2(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/2074




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.631365

Article Metrics

Abstract Views : 27 | PDF Views : 4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Shabrina Audinia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats