Program Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Perencanaan Karir Siswa



Dena Madisa(1*), Mamat Supriatna(2), Ipah Saripah(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan program bimbingan yang efektif untuk mengembangkan perencanaan karir siswa SMK. Sedangkan tujuan khusus dari diadakan penelitian, yaitu untuk menghasilkan fakta empirik tentang (1) gambaran perencanaan karir siswa SMK; (2) rumusan hipotetik program bimbingan untuk mengembangkan perencanaan karir siswa SMK yang layak menurut pakar dan praktisi; dan (3) efektivitas program bimbingan karir untuk mengembangkan perencanaan karir siswa SMK. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode kuasi eksperimen, dan desain penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan (1) profil perencanaan karir siswa berada pada kategori mampu, baik dilihat secara umum, per aspek, maupun per indikator; (2) rumusan hipotetik program bimbingan pengembangan perencanaan karir siswa SMK dinilai layak sebagai suatu kerangka kerja; dan (3) program bimbingan karir efektif untuk mengembangkan perencanaan karir siswa SMK, baik secara umum, per aspek, maupun per indikator.


Keywords


Perencanaan Karir; Program Bimbingan Karir; Efektif

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Aisah, S., Mugiarso, H., & Anni, C. T. (2018). Internal Locus of Control dan Dukungan Keluarga terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Majenang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 22-29.

Amin, Z. N., Wibowo, M. E., & Nusantoro, E. (2014). Perbandingan orientasi karir siswa keturunan Jawa dengan siswa keturunan Tionghoa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(3).

Anisah, L. (2015). Model Layanan Informasi Karir dengan Teknik Field Trip untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMK di Kabupaten Demak. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 1-10.

Apriyanti, D.W. (2019). Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Ardini, F.M. (2017). Efektivitas Bimbingan Karir dengan Strategi Permainan Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. Psikopedagogia, 3(2).

Badan Pusat Statistik. (2020). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 4,99 Persen. [Online]. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1672/februari-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-99-persen.html

Bangkit, J. R., Fitriana, S., & Widiharto, C. A. (2019). Mind Mapping untuk Pengembangan Perencanaan Karir. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 27-34.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (Edisi Keempat). Boston United States of America: Pearson Education.

Dillard, J. M. (1985). Life Long Career Planning. Colombus Ohio: A Bell & Howell Company.

Fatmayanti, A. (2015). Pengembangan Media Blog sebagai Sarana Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 163-169.

Fathonah, N. (2019). Penggunaan Metode Genogram untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 2(2), 279-288.

Gibson, R. L. & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling (Edisi Ketujuh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hurlock, E. (2002). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Husniah, W.O. (2013). Program Bimbingan Karir melalui Pemanfaatan Media Weblog untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Issacton, L.E. (1986.) Carrer Information in Counseling and Carrer Development (Edisi Keempat). Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Mencermati Kembali, Anomali Angka Pengangguran SMK di Indonesia. [Online]. Diakses dari https://smk.kemdikbud.go.id/konten/4770/mencermati-kembali-anomali-angka-pengangguran-smk-di-indonesia

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.

Naqiyah, N. (2013). Konseling Kelompok Mengatasi Tindak Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan. Malang: Bayumedia.

Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Sari, K. & Istiqoma, V. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier melalui Bimbingan Karir Media Mind Mapping. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 20-29.

Siswanto, B. T. (2012). Model Penyenggaraan Work-Based Learning pada Pendidikan Vokasi Diploma III Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).

Solihatun, S., Fitriyanti, E., & Folastri, S. (2022). Analisis Rasch: Kemampuan Komunikasi Remaja Ditinjau dari Gender. Psychocentrum Review, 4(1), 33-43.

Suherman, U. (2007). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bekasi: Madani Production.

Sumintono, B. & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

Tartilan, A., Aspin., & Rudin, A. (2017). Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Karir terhadap Perencanaan Karir Siswa SMA Negeri 1 Lawa. Jurnal Bening, 1(2), 133-144.

Winkel, W. S. & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Zaroh, S. (2017). Bimbingan Karir dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Zunker, V. G. (2006). Career Counseling a Holistic Aproach (Edisi Ketujuh). Belmont: Brooks and Cole.




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.431192

Article Metrics

Abstract Views : 1991 | PDF Views : 1427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Dena Madisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats