Pengembangan Instrumen Eksplorasi Karir Remaja Menggunakan Analisis RASCH Model



Bagus Julian Hikmy(1*), Mamat Supriatna(2), Eka Sakti Yudha(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Eksplorasi karir merupakan aktivitas mencari informasi terkait pekerjaan. Untuk mengertahui gambaran  tingkat pemahaman eksplorasi karir siswa dapat diketahui dengan menggunakan instrumen. Akan tetapi, belum ada instrumen eksplorasi karir yang khusus dikembangkan untuk remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrument eksplorasi karir remaja dengan menggunakan analisis model RASCH. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 172 orang. Analisis data menggunakan RASCH model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 79 item pernyataan yang dikembangkan, item yang memenuhi standar pengukuran berjumlah 36 pernyataan. Sedangkan, hasil reabilitas item berada dalam kategori baik, reliabliitas person berada dalam kategori baik dan nilai cronbach’s alpha juga berada kategori sangat baik. Dengan kata lain, instrumen skala eksplorasi karir remaja memenuhi syarat pengukuran dan dapat digunakan untuk mengukur eksplorasi karir remaja.


Keywords


Eksplorasi Karir, Remaja, Validasi Instrumen, Model Rasch

References


Agustia, N. A. E., & Rosada, U. D. (2021). Pengembangan Media Permainan Uno Stacko Dalam Bimbingan Karir Tentang Pemahaman Eksplorasi Karir. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 5(2), 141–156.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. Psikopedagogia, 3(2), 58–68.

Bond, T., Yan, Z., & Heene, M. (2015). Applying the Rasch model: Fundamental Measurement in the human sciences. Routledge.

Clark, R. S., & Plano Clark, V. L. (2019). Grit within the context of career success: A mixed methods study. International Journal of Applied Positive Psychology, 4(3), 91–111.

Curry, J. R., & Amy Milsom, D. (2017). Career and college readiness counseling in P-12 schools. Springer Publishing Company.

Fikriyani, D. N., & Herdi, H. (2021). Perencanaan program bimbingan karir dalam meningkatkan eksplorasi karir siswa. Jurnal edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1–14.

Gross-Spector, M., & Cinamon, R. G. (2018). Assessing adults’ career exploration: Development and validation of the vocational and maternal identity exploration scales. Journal of Career Development, 45(1), 19–33.

Haibo, Y., Xiaoyu, G., Xiaoming, Z., & Zhijin, H. (2018). Career adaptability with or without career identity: how career adaptability leads to organizational success and individual career success? Journal of Career Assessment, 26(4), 717–731.

Komalasari, G., & Wahyuni, E. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Lent, R. W., & Brown, S. D. (2013). Understanding and facilitating career development in the 21st century. Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work, 2, 1–26.

Lim, Y., & Lee, O. (2019). Social Cognitive Factors as Mediators Between Gender Role Personality and Career Exploration. Journal of Career Development, 1–13. https://doi.org/10.1177/0894845319852754

Palimbong, J., Mujasam, M., & Allo, A. Y. T. (2018). Item Analysis Using Rasch Model in Semester Final Exam Evaluation Study Subject in Physics Class X TKJ SMK Negeri 2 Manokwari. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 1(1), 43–51.

Pustika, D., Astuti, I., & Suratman, D. (2019). Pengembangan media layanan informasi karir berbasis google classroom di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(12).

Rochani, Yoga W, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Career Profession Card Untuk Meningkatkan Wawasan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 9, 8–13.

Sharf, R. S. (2015). Theories of psychotherapy & counseling: Concepts and cases. Cengage Learning.

Srianturi, Y., & Supriatna, M. (2020). Analysis of Career Maturity on High School Students. 2nd International Seminar on Guidance and Counseling 2019 (ISGC 2019), 128–134.

Stumpf, S. A., Colarelli, S. M., & Hartman, K. (1983). Development of the career exploration survey (CES). Journal of Vocational Behavior, 22(2), 191–226.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi model Rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial (edisi revisi).Trim Komunikata Publishing House.

Super, D. E., & Hall, D. T. (1978). Career development: Exploration and planning. Annual Review of Psychology.

Supriatna, M., Nurihsan, J., & Budiman, N. (2021). Konsepsi dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling Karier di Sekolah (E. S. Yudha, Ed.; 1st ed.). Bintang Warli Artika.




DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.421142

Article Metrics

Abstract Views : 1024 | PDF Views : 781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Bagus Julian Hikmy, Mamat Supriatna, Eka Sakti Yudha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats