Analisis Burnout Akademik Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring : Analisis Pemodelan RASCH
Siti Aminah(1*),
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat burnout akademik mahasiswa saat pembelajaran daring. Jenis penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 73 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen the copenhagen burnout inverntory student version dan dianalisis menggunakan analisis model RASCH. Nilai Alpha Cronbach yang mengukur interaksi antar item dan person adalah 0,90. Hasil ini menunjukkan bahwa data yang dimiliki sesuai dengan persyaratan pada pemodelan Rasch, sehingga instrument ini layak (reliabel) untuk digunakan. Pembelajaran daring yang dipersiapkan dengan baik dan menggunakan metode yang bervariatif dapat mencegah mahasiswa mengalami burnout akademik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html
Bakar, A. Y. A., & Ahmad, N. (2020). Counseling and Guidance Services for Special Education Pupils: An Analysis of Research Literatures. https://doi.org/10.32698/GCS-04256
Christiana, E. (2020). Burnout akademik selama pandemi covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan, 8–15.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Lee, M. Y., Lee, M. K., Lee, M. J., & Lee, S. M. (2020). Academic Burnout Profiles and Motivation Styles Among Korean High School Students. Japanese Psychological Research, 62(3), 184–195. https://doi.org/10.1111/jpr.12251
Madigan, D. J., & Curran, T. (2021). Does Burnout Affect Academic Achievement? A Meta-Analysis of over 100,000 Students. Educational Psychology Review, 33(2), 387–405. https://doi.org/10.1007/s10648-020-09533-1
Norez, D. (2017). Academic Burnout In College Students: The Impact of Personality Characteristics and Academic Term on Burnout. FHSU Scholars Repository. https://scholars.fhsu.edu/theses
Oyoo, S., Mwaura, P., Kinai, T., & Mutua, J. (2020). Academic Burnout and Academic Achievement among Secondary School Students in Kenya. Education Research International, 2020. https://doi.org/10.1155/2020/5347828
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. Biodik, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Salgado, S., & Au-Yong-oliveira, M. (2021). Student burnout: A case study about a portuguese public university. Education Sciences, 11(1), 1–35. https://doi.org/10.3390/educsci11010031
Sun, P. C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y. Y., & Yeh, D. (2008). What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers and Education, 50(4), 1183–1202. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2006.11.007
Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). Mind wandering and education: From the classroom to online learning. Frontiers in Psychology, 4(AUG), 1–7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495
Yazid, H., & Neviyarni. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap psikologis siswa terdampak social distancing akibat covid-19. Jurnal Al- Mau’izhoh, Vol. 2. No(1), 207–213.
DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.421099
Article Metrics
Abstract Views : 480 | PDF Views : 370Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Siti Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Psychocentrum Review is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |