Efektivitas Pelatihan Digital Marketing terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Adopsi Teknologi pada UMKM Desa Cigugur



Dadan Darmawan Muttaqien(1), Adi Muhamad Muhsidi(2*), Arief Surya Lesmana(3),

(1) Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
(2) Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
(3) Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
(*) Corresponding Author

Abstract


Transformasi digital telah membuka peluang besar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan teknologi pemasaran digital. Namun, rendahnya literasi digital menjadi hambatan utama bagi UMKM di wilayah pedesaan, termasuk di Desa Cigugur, Kabupaten Kuningan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan digital marketing terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan adopsi teknologi pemasaran digital bagi pelaku UMKM. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi teoritis, praktik langsung pembuatan akun bisnis digital, pendampingan teknis, serta evaluasi berbasis pre-test dan post-test menggunakan kuesioner terstruktur. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor pengetahuan peserta dari rata-rata 3,73 (pre-test) menjadi 5,53 (post-test), serta peningkatan sikap dan efikasi diri dari 3,13 menjadi 3,73. Tingkat adopsi teknologi digital mencapai 100% untuk WhatsApp Business dan Google Business Profile, sementara frekuensi pemasaran digital meningkat dari 3,2 kali/minggu menjadi 3,67 kali/minggu. Rata-rata kepuasan peserta terhadap pelatihan memperoleh skor 4,0 dari 5, yang menunjukkan bahwa desain pelatihan kontekstual dan berbasis praktik dinilai relevan serta bermanfaat. Pelatihan digital marketing efektif dalam meningkatkan literasi digital sekaligus mendorong transformasi pemasaran berbasis teknologi di kalangan pelaku UMKM.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, O., & Supriyanto, S. (2019). Literasi digital. Seminar Dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019, 117–126.

Astuti, E. D., & Rosita, R. (2024). Pentingnya transformasi digital UMKM dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(4), 119–134.

Aziezy, E., Pahlevi, A., Ramadhan, S., & Saputra, A. A. (2024). Revitalisasi Bisnis UMKM di Desa Waluyo Melalui Inovasi Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(3).

Janah, U. R. N., & Tampubolon, F. R. S. (2024). Peran usaha mikro, kecil, dan menengah dalam pertumbuhan ekonomi: Analisis kontribusi sektor umkm terhadap pendapatan nasional di indonesia. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(2), 739–746.

Muhsidi, A. M. (2024). Literasi Teknologi & Informasi. PT Arr Rad Pratama. https://books.google.co.id/books?id=H_FUEQAAQBAJ

Muhsidi, A. M., El-Hasan, Q., & Sumiah, A. (2025). Pelatihan Microsoft Office 2019 untuk Optimalisasi Tugas Administrasi Sekolah di PAUD Kober Mekar Asih. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 3(3).

Muhsidi, A. M., Mahfudin, A., & Bratasena, R. R. (2024). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Dengan Pendekatan Supply Chain Management Pada Cv. Sarana Medika. Digital Business and Entrepreneurship Journal, 2(2), 69–87.

Muttaqien, D. D., Muhsidi, A. M., Mahsyar, J. H., Watulandi, M., Kazmi, R. R., & Naufatti, A. (2025). Peningkatan Kompetensi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Desa Sukaraja melalui Program Pelatihan Terintegrasi. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 796–805. https://doi.org/10.53299/bajpm.v5i3.2533

Nuryatno, M., Mulyani, S. D., Nugraha, E. R., Jovanka, F., & Resi, E. E. (2025). Transformasi Digital–Strategi Umkm Untuk Berdaptasi Di Era Industri 4.0 Melalui Pelatihan Dan Pendampingan. Jurnal Abdikaryasakti, 5(1), 25–42.

Nuur Atthoriq, D., Andrian, A., Dwi Sulastri, F., Dwi Meilany, W., Kiswara Rahmantya, Y. E., & Muhamad Muhsidi, A. (2024). Strategi Pemasaran Melalui Inovasi Dan Kreasi Guna Meningkatkan Penjualan Pada Toko Bangunan Mandala. Digital Business and Entrepreneurship Journal, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.25134/digibe.v2i1.18

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Saba, U. U. (2024). Studi Dampak Ekonomi Digital terhadap Pertumbuhan Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, 2(02), 46–51.

We Are Social Indonesia. (2023, 26 Januari). The Changing World of Digital in 2023. Diakses tanggal [28 Agustus 2025], dari We Are Social: https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/the-changing-world-of-digital-in-2023-2/




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v4i1.4439

Article Metrics

Abstract Views : 88 | PDF Views : 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kapas indexed by:



 


 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter