Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Mencegah Aksi Kenakalan Remaja



Tresna Suhartoni(1*), Syifa Jauhar Nafisah(2), Nada Fristy Yusri(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kenakalan remaja merupakan masalah sosial yang menjadi perhatian masyarakat, mencakup berbagai tindakan, seperti berkendara tanpa menggunakan SIM, kebiasaan berkelahi, saling ejek (bullying), corat-coret di sekolah, melakukan pemerasan, mencuri, membantah guru, tidak pernah mengerjakan tugas sekolah, bolos sekolah, bahkan yang menghawatirkan adalah minum-minuman keras, penyalahgunaan narkoba, geng motor dan seks bebas. Masa remaja umumnya dimulai sekitar usia 13 tahun, dan berakhir sekitar usia 21 tahun. Sosialisasi ini bertujuan agar peserta didik mengetahui tentang kenakalan remaja dan cara mencegahnya. Mitra dalam pelaksanaan sosialisasi ini adalah SMP Bina Pangudi Luhur Jakarta Timur.  Sosialisai ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan menggunakan media infocus projector pada saat sosialisasi dan membagikan kuesioner pre-test sebelum sosialisasi dan kuesioner post-test setelah selesai sosialisasi tentang kenakalan remaja, serta kuesioner tingkat kepuasan peserta pengabdian kepada masyarakat. Hasil yng di dapatkan setelah kegiatan sosialisasi adalah bertambahnya pengetahuan peserta didik SMP Bina Pangudi Luhur Jakarta Timur tentang bentuk-bentuk kenakalan remaja dan cara mencegah, serta mengatasinya.


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Pres.

Feldam S Robert. (2012). Pengantar Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika

Kartini, Kartono. (2002). Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarwirini. (2011). Kenakalan Anak (Juvenile Deliquency): Kausalitas dan Upaya Penanggulangannya. Perspektif, Volume XVI No. 4 Tahun 2011 Edisi September. Surabaya: Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Suardi, S., Megawati, M., & Kanji, H. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Penyimpangan Peserta Didik di Mts Muhammadiyah Tallo). Jurnal Etika Demokrasi Prodi PPKn Unismuh Makassar.

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. Jurnal Etika Demokrasi Prodi PPKn Unismuh Makassar.

Sunoto. (2003). Mengenal Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Hanindita Grahawidya.

Surwono, W. Sarlito. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta Rajawali Pers.

Willis, Sofyan S. (2005). Remaja dan Masalahnya, Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Seperti Narkoba, Free Sex dan Pemecahannya. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v4i1.4345

Article Metrics

Abstract Views : 122 | PDF Views : 74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kapas indexed by:



 


 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter